Materi Metamorfosis kelas 4 SD

Pengertian metamorfosis dan Contoh-Contoh Hewannya untuk kelas 4 SD. Hai sobat chemistricks, pada post kali ini chemistricks akan kembali mengulas materi untuk kalian kelas 4 SD, yaitu materi tentang metamorfosis. Apa itu metamorfosis? tentu kalian sudah tak sabar bukan untuk mendapatkan jawabannya. Simak artikel berikut ini untuk mencari tahu pula, contoh hewan-hewan yang melakukan metamorfosis.

Sobat chemistricks, pada artikel yang telah lalu, chemistricks sempat mengulas tentang daur hidup katak. Kalian bisa membacanya di link berikut ini Daur Hidup Katak Kelas 4 SD.

Jadi apa yang dimaksud dengan metamorfosis? Metamorfosis merupakan peralihan bentuk yang terjadi pada hewan. Adapun Kebalikan dari metamorfosis yaitu ametamorfosis, atau disebut juga hewan tanpa metamorfosis.

Serangga adalah contoh sempurna untuk membahas metamorfosis, sebagai contoh serangga yang mengalami metamorfosis adalah kupu-kupu.

Namun, hanya kupu-kupu saja jenis serangga yang mengalami metamorfosis? Tentu saja tidak. Chemistricks akan menunjukkan kepada kalian tentang metamorfosis mencakup pengertian, jenis, dan hewan yang mengalaminya. Yuk, simak ulasan berikut secara lengkap!

Pengertian Metamorfosis

Metamorfosis diartikan sebaga satu jenis daur hidup hewan, yang secara khusus merupakan perubahan bentuk atau peralihan bentuk yang terjadi pada serangga.

Meskipun metamorfosis merupakan bentuk daur hidup hewan, namun ternyata hanya serangga yang mengalami metamorfosis. Sementara itu hewan mamalia tidak mengalami proses metamorfosis, dikarenakan daur hidup yang dialaminya terjadi tanpa perubahan bentuk. Hal ini berarti pada hewan lain (selain serangga) mereka sejak lahir hingga dewasa, tidak mengalami perubahan bentuk. Hewan mamalia tidak mengalami perubahan  bentuk tubuh. Hanya saja perbedaannya hanya pada bertambahnya ukuran tubuh.

Sementara itu, serangga melewati fase tahapan daur hidup yang berubah bentuk, dari telur, larva, pupa, nimfa, hingga dewasa. INilah yang menyebabkan  daur hidup pada hewan mamalia tidak disebut dengan metamorfosis.

Jenis Metamorfosis

Terdapat dua jenis metamorfosis, yaitu

  • metamorfosis sempurna
  • dan metamorfosis tidak sempurna.

Metamorfosis sempurna

merupakan perubahan bentuk hewan sebelum dewasa dan sesudah dewasa yang memiliki bentuk yang sama sekali berbeda.

Bentuk hewan berubah ubah, mulai dari fase telur, larva, pupa (kepompong), lalu menjadi dewasa.

Metamorfosis tidak sempurna

Sedangkan metamorfosis tidak sempurna prosesnya dimulai dari telur, kemudian berubah menjadi nimfa, dan kemudian berubah menjadi hewan dewasa.

Pada penjelasan di atasm, nampak bahwa pada metamorfosis tidak sempurna, terdapat fase yang tidak terjadi yaitu tidak melewati fase larva dan pupa, sebagaimana pada metamorfosis sempurna.

Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis

1. Metamorfosis sempurna

Sebagaimana diulas pada penjelasan di atas, metamorfosis sempurna terjadi pada hewan serangga dimulai dari fase telur, larva, pupa, lalu hewan dewasa.

Berikut ini contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, diantaranya:

– Kupu-kupu

– Lalat

– Lebah

– Kumbang

– Ngengat

2. Metamorfosis tidak sempurna

Sementara itu, pada metamorfosis tidak sempurna tidak melewati fase larva dan pupa. Sebagai contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, antaral ain:

– Belalang

– Kecoak

– Capung

– Jangkrik

– Kepik

Penutup

Demikianlah ulasan chemistricks tentang Materi Metamorfosis kelas 4 SD, meliputi Pengertian metamorfosis dan Contoh-Contoh Hewannya untuk kelas 4 SD. Semoga membantu ya!

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Materi Metamorfosis kelas 4 SD"