ARTI KATA DAYA TAHAN, TEKNOLOGI, PENGEMASAN DAN KEDAP UDARA

Arti kata daya tahan, teknologi, pengemasan, dan kedap udara tema 7 kelas 3 sd halaman 42

ARTI KATA DAYA TAHAN, TEKNOLOGI, PENGEMASAN DAN KEDAP UDARA


Hai sobat chemistricks, apa kabar semuanya? Kembali lagi dengan artikel pembahasan soal untuk sekolah dasar. Kali ini kita akan membahas soal kelas 3 sd pada tema 7 halaman 42, tentang arti kata daya tahan, teknologi, pengemasan, dan kedap udara. latihan soal ini dapat kita lihat pada pembelajaran 5 subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Untuk membahasnya, kita perlu mencermati dulu bacaan yang berjudul “Pengolahan Susu Sapi” kemudian carilah arti keempat kata tersebut menggunakan kamus! Kamu bisa minta bantuan pada orang tua atau gurumu.

Bacaan Pengolahan Susu Sapi

Pengolahan Susu Sapi

Susu merupakan hasil utama dari sapi perah. Susu sapi segar memiliki daya tahan sekitar 5 jam saja. Susu perlu diolah dengan baik supaya gizi dalam susu dapat dinikmati kapan saja.

Pengolahan susu sapi dapat dilakukan dengan teknologi pangan. Teknologi pangan penting untuk menghasilkan jenis makanan baru. Teknologi pangan juga menjaga agar makanan tetap awet.

Susu sapi dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan baru. Contohnya adalah yoghurt, keju, permen, mentega, hingga es krim. Hasil olahan susu sapi biasanya sangat disukai oleh anak-anak.

Dalam proses pengolahan susu, yang paling penting setelah hasilnya adalah cara mengemasnya. Pengemasan produk dapat menentukan daya tahan makanan tersebut. Daya tahan susu yang dikemas dengan plastik biasa akan berbeda dari susu yang dikemas dengan kardus kedap udara.


Ayo Berlatih

Setelah mencermati bacaan di atas, perhatikan kata-kata yang dicetak tebal. Carilah arti dari keempat kata tersebut menggunakan kamus. Untuk cara menggunakan kamus, kita bisa minta bantuan orang tua atau guru.

Jawaban:

Daya tahan artinya kemampuan bertahan terhadap segala pengaruh dari luar yang dapat merugikan (penyakit, serangan musuh, godaan, dan sebagainya).

Teknologi artinya metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan.

Pengemasan artinya proses, cara, perbuatan mengemasi.

Kedap udara artinya tidak mudah atau tidak dapat dimasuki atau ditembus oleh udara.

Penjelasan

Daya tahan: daya tahan dalam konteks susu sapi segar tersebut berarti bahwa susu sapi tersebut dapat bertahan dalam kondisi yang baik dan tidak rusak selama 5 hari setelah diproduksi atau diperah dari sapi. Dalam arti lain, susu sapi segar tersebut masih bisa dikonsumsi atau diproses menjadi produk susu lainnya selama 5 hari sejak tanggal produksi atau pemerahan. Dalam hal ini, daya tahan susu sapi selama 5 hari ini termasuk waktu yang singkat sehingga dibutuhkan teknologi pangan untuk pengolahannya.

Teknologi: Teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi merujuk pada penerapan berbagai teknik, metode, dan proses dalam produksi susu sapi dan produk susu yang aman, berkualitas tinggi, dan tahan lama. Tujuannya adalah untuk memastikan keselamatan makanan, memperpanjang umur simpan produk susu, serta meningkatkan kualitas, nutrisi, dan nilai jual produk susu.

Pengemasan: sudah cukup jelas

kedap udara: Kedap udara menjadi penting dalam pengemasan karena udara mengandung oksigen yang dapat mempengaruhi mutu produk yang dikemas. Oksigen dapat menyebabkan oksidasi pada produk, yang dapat menyebabkan perubahan warna, rasa, aroma, dan tekstur, serta dapat mempercepat kerusakan produk dan mengurangi umur simpannya. Selain itu, kedap udara juga dapat membantu mencegah kontaminasi mikroba pada produk yang dikemas. Mikroba seperti bakteri, jamur, atau virus dapat menginfeksi produk yang tidak terlindungi, dan dapat menyebabkan pembusukan atau penyakit pada konsumen yang mengonsumsi produk tersebut. Oleh karena itu, pengemasan yang kedap udara menjadi penting dalam mempertahankan kesegaran dan kualitas produk. Beberapa jenis kemasan yang dapat menawarkan kedap udara yang baik termasuk kemasan plastik, kemasan kaleng, kemasan vakum, dan kemasan aseptik.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan chemistricks tentang Arti kata daya tahan, teknologi, pengemasan, dan kedap udara tema 7 kelas 3 sd halaman 42, semoga membantu kalian memahami materi tersebut. selamat belajar!

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk " ARTI KATA DAYA TAHAN, TEKNOLOGI, PENGEMASAN DAN KEDAP UDARA"