Cara Mengurutkan Pecahan dari Besar ke Kecil dengan mencari KPK

Cara Mengurutkan Pecahan dari Besar ke Kecil dengan mencari KPK

Hai sobat chemistricks, pada post kali ini masih berkaitan dengan mengenal pecahan untuk kelas 2 SD. Sebelumnya chemistricks telah mengulas soal tentang mengurutkan pecahan dari besar ke kecil dengan dua metode, yaitu dengan menyamakan penyebutnya, dan menyamakan pembilangnya sebagaimana tertera pada link di bawah ini.

Cara Mengurutkan Pecahan dari Kecil ke Besar

Nah, chemistricks akan berbagi satu konsep utama dalam menentukan urutan pecahan dari besar ke kecil. Langsung saja kita pelajari ya sobat.

Pada soal pecahan matematika biasanya kita diminta untuk mengurutkan pecahan dari yang jumlahnya paling besar ke paling kecil. Contoh soalnya misalnya pecahan 3/4, 1/6, dan 2/3 kita diharuskan mengurutkan dari yang nilainya terbesar ke nilai terkecil.

sepintas tampak sulit bukan? Wajar saja, sebab ada pembilang yang lebih besar, tapi ada juga penyebutnya yang lebih besar dibandingkan yang lain. Jangan bingung sobat chemistricks, kita bisa bisa menentukan dan mengurutkan pecahan yang paling besar ke paling kecil dengan konsep menyamakan penyebut dengan menggunakan KPK. Bagaimana penjelasannya?

Samakan Penyebut dengan Menggunakan KPK

Langkah utama dalam mengurutkan tiga pecahan dalam soal tadi mulai yang terbesar ke terkecil ialah  dengan menyamakan penyebutnya menggunakan KPK. Sobat tahu kan, KPK adalah Kelipatan Persekutuan Kecil dari beberapa bilangan. Mari kita lihat ketiga pecahan tadi, diperoleh Penyebut ketiga pecahan itu adalah 4, 6, dan 3.

Berdasarkan tiga bilangan penyebut ini, dapat diperoleh KPK ketiganya bernilai 12.

Setelah penyebutnya diketahui, kita bisa langsung memulai menentukan nilai dari setiap pecahan.

Yaitu kita melakukan perkalian pecahan dengan nilai pecahan lain untuk menyamakan penyebut.

Penyelesaian Soal! Mulai Urutkan Bilangan dari yang Besar ke Kecil

Setelah mengetahui KPK nya, lalu cara mengurutkannya dengan melihat nilai pembilang dari pecahan yang penyebutnya sudah disamakan. Sehingga, kalau diurutkan dari yang terbesar, pecahan dengan penyebut yang sama adalah 9/12, 8/12, dan 2/12.

Setelah itu, kita ganti pecahan dengan nilai penyebut 12 itu ke nilai pecahan asli. Sehingga urutan yang didapatkan dari pecahan besar ke kecil adalah 3/4, lalu 2/3, dan terakhir adalah 1/6.

Akhir Kata

Nah, setelah mencoba menggunakan KPK tadi, ternyata mengurutkan pecahan dari yang besar ke kecil dapat dilakukan dengan mudah, ya sobat! mari terus berlatih dengan soal soal lainnya ya. Semoga bermanfaat.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Cara Mengurutkan Pecahan dari Besar ke Kecil dengan mencari KPK"