Daur Hidup Katak Kelas 4 SD

Kunci Jawaban Kelas 4 SD Tema 6, Perbedaan Daur Hidup Ayam dan Katak
penjelasan perbedaan antara daur hidup ayam dan daur hidup katak

Kunci Jawaban Kelas 4 SD Tema 6, Perbedaan Daur Hidup Ayam dan Katak

Hai Sobat Chemistricks, pada post kali ini chemistricks akan mengulas Kunci Jawaban Kelas 4 SD Tema 6, Perbedaan Daur Hidup Ayam dan Katak, meliputi pembahasan tentang fase tahapan kehidupan ayam serta bagaimana fase daur hidup seekor katak, serta membedakan perbedaan daur hidup antara keduanya.

Perlu sobat chemistricks ketahui, bahwa Ayam dan katak merupakan dua jenis hewan yang memiliki kesamaan, yaitu sama-sama mengalami daur hidup yang dimulai dari telur. Meski demikian, tetap memiliki perbedaan yaitu pada ukuran telurnya. Telur ayam memiliki ukuran yang lebih besar daripada telur katak. Selain berbeda ukuran telur, keduanya juga mempunyai tahapan daur hidup yang berbeda satu sama lain.

Chemistricks akan membahasnya untuk kalian sebagai jawaban materi soal tematik kelas 4 SD tema 6, tentang penjelasan perbedaan antara daur hidup ayam dan daur hidup katak.

Berikut ulasan chemistricks.

Perbedaan Daur Hidup Ayam dan Katak

1. Daur Hidup Ayam

Ayam betina dewasa yang telah dibuahi oleh ayam jantan akan menghasilkan telur. Telur tersebut nantinya tumbuh menjadi ayam kecil atau itik. Siklus hidup ayam merupakan sebuah siklus kehidupan tanpa metamorfosis dimana seekor anak ayam yang menetas tidak mengalami perubahan bentuk menjadi bentuk yang lain. Yang membedakan hanyalah soal ukuran ayam tersebut, dari ayam kecil atau sering disebut “anakan” menjadi ayam dewasa.

READ ALSO:  Makna Kata Desa, Pujaan, Handai, Taulan Dan Permai | Tema 5 Kelas 2 SD

Ayam tergolong hewan ovipar, yaitu hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Normalnya ayam mengerami telurnya selama 21 hari hingga menetas. Setelah menetas telur tersebut, anak ayam perlu suhu yang hangat agar tubuhnya tidak kedinginan. Hal ini dikarenakan anak ayam yang baru menetas tidak memiliki banyak bulu untuk melindungi tubuhnya. Barulah tiga hari kemudian, bulu-bulu dan fungsi tubuh anak ayam mulai bisa digunakan.

Pada masa-masa itu juga, sobat chemistricks juga bisa mengetahui jenis kelamin ayam dengan membedakan bulunya. Mulai hari itu, anak ayam akan terus mengalami pertumbuhan lambat laun akan menjadi ayam dewasa, sehingga dapat berkembang biak kembali bagi ayam betina.

2. Daur Hidup Katak

Sementara itu, daur hidup katak dapat dibagi menjadi empat tahap, yaitu :

  1. telur
  2. berudu
  3. katak muda
  4. dan katak dewasa.

Induk katak bertelur di kolam yang cukup air, kemudian telur tersebut biasanya akan mengapung dan menempel pada tumbuhan.

Telur katak umumnya akan dilapisi dengan lapisan yang mirip dengan jeli. Telur tersebut akan menetas beberapa hari kemudian.

Setelah telur katak menetas, maka fase katak mulai memasuki fase kedua yaitu berudu. Berudu berbentuk mirip dengan ikan yang berukuran kecil (namun bukan ikan).

Selama fase kehidupan keduanya, berudu akan berenang dan bernapas menggunakan insang, serta makan alga dan tumbuhan air.

Selang beberapa minggu, berudu akan bermetamorfosis ke fase ketiga yaitu mengalami perubahan berubah menjadi katak muda. Pada fase ini katak muda akan bernapas dengan paru-paru.

Katak muda ini memiliki bentuk seperti berudu namun memiliki dua kaki depan dan ekor yang memendek.

Ekor ini memiliki nutrisi yang cukup sehingga selama proses pemendekan ekor, katak muda tidak perlu mencari makan makan lantaran telah terpenuhi kebutuhan makanannya melalui ekor berudunya yang kaya akan nutrisi cadangan tersebut.

READ ALSO:  Materi Kelas 5 SD, Beberapa Macam Perkenaan Kaki saat Menendang Bola

Saat ekor katak muda sudah benar-benar menghilang, maka katak muda akan mengalami metamorfosis ke fase keempat, yaitu memasuki fase katak dewasa.

Katak dewasa memiliki tanggung jawab untuk mencari makan sendiri, umumnya mereka juga akan hidup di dua alam (amphibi) yaitu hidup di darat dan di air. Jadi mereka bisa mencari makanan dari darat, memiliki gigi, dan bernapas menggunakan paru-paru. Katak dewasa akan bertumbuh semakin besar kira-kira selama 2 sampai 4 tahun, hingga ia siap untuk berkembang biak, dan bertelur mengulang fase metamorfosis di atas.

Akhir kata

Demikianlah ulasan chemistricks tentang Daur Hidup Katak Kelas 4 SD, sekaligus sebagai Kunci Jawaban Kelas 4 SD Tema 6, Perbedaan Daur Hidup Ayam dan Katak. semoga membantu ya.