Ciri-ciri Cerita Fiksi Kelas 4 SD tema 8

Ciri-ciri Cerita Fiksi Kelas 4 SD tema 8

Hai sobat chemistricks, apa kabar semuanya? kali ini kita akan membahas materi kelas 4 SD tema 8 tentang cici-ciri cerita fiksi. Sobat chemistricks pernahkah kamu membaca cerpen, fabel, atau dongeng?

Ketiganya dapat disebut dengan cerita fiksi yang  kita pelajari pada pelajaran tematik kelas 4 SD tema 8.

Mari kita membahas pengertian cerita fiksi, serta ciri-cirinya.

Ciri-ciri Cerita Fiksi Kelas 4 SD tema 8

Pengertian Cerita Fiksi

Cerita fiksi menurut KBBI, fiksi berarti rekaan; khayalan; tidak berdasarkan kenyataan.

Sehingga dapat disimpulkan cerita fiksi adalah cerita yang dibuat oleh pengarang berdasarkan khayalan atau dunia rekaan pengarang, bukan kenyataan.

Cerita fiksi dapat mengambil bentuk seperti novel, cerpen, drama, atau film. Cerita fiksi dapat menceritakan kisah-kisah yang berbeda-beda, baik itu tentang tokoh-tokoh fiktif atau tokoh nyata yang dilebih-lebihkan atau diromantisir. Dalam cerita fiksi, pengarang dapat menciptakan karakter, tempat, dan kejadian yang tidak pernah terjadi dalam kehidupan nyata. Oleh karena itu, cerita fiksi sering disebut sebagai karya imajinasi atau karya fiksi.

Ciri-Ciri Cerita Fiksi

Setelah mengetahui pengertiannya, mari kita cari tahu tentang ciri-ciri cerita fiksi. Berikut penjelasan chemistricks tentang ciri-ciri cerita fiksi.

1. Dibuat berdasarkan cerita rekaan atau cerita nyata.

Pengarang membuat cerita fiksi biasanya terinspirasi dari peristiwa nyata, kemudian pengarang mengembangkan cerita tersebut dengan ditambah atau dikurangi oleh pengarang.

2. Bertujuan menghibur dan menceritakan suatu peristiwa.

Cerita fiksi ditulis pengarang untuk menghibur pembacanya dan menceritakan peristiwa yang dibuat oleh pengarang.

3. Memiliki alur cerita yang menarik.

Cerita fiksi memiliki ciri menceritakan suatu peristiwa dengan runtut dan kronologis. Sehingga memiliki alur cerita yang jelas, sehingga pembaca dapat menikmati ceritanya.

4. Bahasa komunikatif.

Cerita fiksi ditulis secara naratif dan komunikatif. Cerita fiksi menguraikan suatu rangkaian kejadian dengan cerita yang mudah dipahami.

5. Teks fiksi menggunakan bahasa tak baku dan menarik pembaca.

Berbeda dengan teks formal, cerita fiksi cenderung menggunakan bahasa yang tidak baku bertujuan agar pembaca dapat menikmati alur cerita dengan mudah dengan bahasa yang tidak kaku.

6. Cerita fiksi menekankan emosi dan perasaan pembaca.

Cerita yang dikemas dalam bahasa yang komunikatif dan tidak baku, memungkinkan penyajian cerita fiksi dengan istilah-istilah yang dapat menyentuh emosi dan perasaan pembaca. Sebab itu tidak jarang pembaca bisa menangis atau tersenyum saat membaca cerita fiksi.

Contoh Cerita Fiksi

Ada beberapa contoh cerita fiksi, antara lain cerpen, fabel, dan dongeng.

Cerpen (Cerita Pendek)

Cerpen atau cerita pendek adalah sebuah karya sastra fiksi yang panjangnya lebih pendek dibandingkan dengan novel. Cerpen biasanya hanya terdiri dari satu alur cerita dengan jumlah karakter yang lebih sedikit. Cerpen dapat memiliki berbagai jenis tema seperti romansa, misteri, atau fantasi, dan biasanya hanya memiliki satu atau dua konflik utama yang dipecahkan pada akhir cerita.

Fabel

Fabel adalah sebuah cerita pendek atau cerita yang diilustrasikan dengan binatang sebagai tokoh utamanya. Fabel biasanya memiliki pesan moral atau ajaran yang ingin disampaikan melalui kisah-kisah yang diambil dari kehidupan binatang. Meskipun fabel memiliki binatang sebagai tokoh utama, kisah tersebut bisa jadi merepresentasikan situasi manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Dongeng

Dongeng adalah sebuah cerita rakyat atau cerita populer yang dituturkan dari generasi ke generasi. Cerita ini biasanya memiliki tokoh-tokoh fiksi seperti peri, raksasa, dan binatang yang dapat berbicara. Dongeng biasanya memiliki pesan moral dan seringkali digunakan untuk mengajarkan nilai-nilai positif kepada anak-anak. Cerita ini sering kali fantasi dan terkadang memiliki unsur magis atau keajaiban.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan chemistricks tentnag Ciri-ciri Cerita Fiksi Kelas 4 SD tema 8, semoga memberikan manfaat buat kalian dan selamat belajar.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk " Ciri-ciri Cerita Fiksi Kelas 4 SD tema 8"