Cara Mengenalkan Angka Pada Anak

 Cara Mengenalkan Angka Pada Anak

mengenalkan angka, menghitung pada anak, numerasi, Susan A. Miller Ed.D.

Cara terbaik untuk mengenalkan angka pada anak adalah melalui permainan yang menyenangkan. Susan A. Miller Ed.D., pakar pendidikan anak usia dini dan profesor di University of Pennsylvania, AS, menuturkan bahwa mengajarkan konsep pramatematika dapat menstimulasi anak untuk berpikir logis dan sistematis sejak dini, melalui pengamatan terhadap benda atau gambar di sekitarnya.

Berikut adalah beberapa cara seru untuk mengenalkan angka pada anak :

Gunakan benda-benda di sekitar untuk menghitung

Anda dapat menggunakan benda-benda di sekitar rumah atau di luar sebagai bahan untuk menghitung. Misalnya, Anda dapat meminta anak untuk menghitung jumlah buku di rak atau jumlah langkah saat berjalan-jalan.

Mainkan permainan yang melibatkan angka

Permainan seperti bingo, kartu flash, atau teka-teki angka dapat membantu anak-anak untuk belajar mengenali angka secara menyenangkan.

Gunakan lagu dan bernyanyi

Lagu-lagu anak-anak tentang angka bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk mengenalkan angka pada anak. Anda juga dapat membuat lagu sendiri yang terkait dengan kegiatan sehari-hari yang melibatkan angka.

Bermain Game Board

Permainan papan seperti Monopoli atau Permainan Keluarga yang melibatkan angka, dapat membantu anak-anak untuk memahami konsep angka secara interaktif.

Gunakan alat visual

Poster, kalkulator atau flashcard angka bisa membantu anak-anak mengenal angka dan mempercepat proses belajar mereka.

Jadikan menghitung sebagai kegiatan sehari-hari

Meminta anak untuk menghitung jumlah sendok saat makan, jumlah pakaian saat mencuci baju, atau jumlah mainan saat membersihkan rumah dapat membantu anak untuk mempraktikkan kemampuan menghitung mereka secara teratur.

Melukis Angka

Salah satu cara untuk membuat anak-anak berpikir tentang angka dengan cara yang kreatif adalah dengan mengajaknya melukis. Meskipun cara ini tidak akan membuat mereka memahami angka dalam bentuk yang teratur, tidak masalah. Mereka bisa melihatnya, menggambarnya, mewarnainya dengan warna-warna cerah, dan mengulang-ulang angkanya dengan lantang sambil bersenang-senang dengan melukis.

Dengan menggabungkan beberapa cara di atas, Anda dapat membantu anak-anak untuk mengenali angka secara menyenangkan dan kreatif. Ingatlah bahwa anak-anak belajar dengan cara yang berbeda, jadi perlu bersabar dan memberikan dukungan yang dibutuhkan.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk " Cara Mengenalkan Angka Pada Anak"