5 cara untuk memeriksa apakah perangkat Android Anda diretas

 5 cara untuk memeriksa apakah perangkat Android Anda diretas

Gadgets, Tutorial	5 cara untuk memeriksa apakah perangkat Android Anda diretas, android, gadget, Gadgets

Handphone telah menjadi kebutuhan primer semua orang. Handphone sangat penting untuk menunjang aktivitas dan pekerjaan. Apa jadinya jika data-data penting yang ada didalamnya diretas? Bagaimana cara mendeteksinya? ulasan berikut mungkin membantu anda.

Jika ponsel Anda terasa aneh, Anda dapat menggunakan tips ini untuk memeriksa malware, aplikasi penipuan, dan masalah lain dengan perangkat Anda. Kami akan menjelaskan bagaimana membuat Anda tetap aman bergerak maju. Berikut cara mengetahui apakah ponsel Android Anda diretas.

1. Masa pakai baterai yang buruk atau penggunaan baterai yang ekstrem

Bahkan jika Anda tidak melihat tanda-tanda aktivitas mencurigakan yang jelas, sesuatu yang berbahaya masih dapat terjadi di balik layar. Salah satu cara terbaik untuk melihat apakah ponsel Anda telah diretas adalah dengan memeriksa penggunaan baterai Anda.

Jika ponsel Anda panas tanpa alasan, sesuatu bisa berjalan di latar belakang saat layar mati. Beberapa malware paling canggih masih dapat meninggalkan jejak di ponsel atau tablet Anda, jadi mulailah dengan memeriksa menu penggunaan baterai. Jika baterai Anda terus-menerus rendah, dan Anda menemukan diri Anda bertanya-tanya, ” apakah ponsel saya hacked?”kemudian lakukan pemeriksaan di bawah ini.

Buka Settings > Battery > Battery usage dan cari aplikasi yang tidak dikenal atau sesuatu yang tidak biasa.

Ini tidak terjadi terlalu sering karena sistem Google Play Protect di Android yang secara otomatis memperingatkan Anda tentang aplikasi yang terinfeksi malware yang ada. Pada contoh di atas, kita melihat penggunaan dan drainase baterai yang khas. Jika, dalam kasus Anda, aplikasi lain-lain menghabiskan sebagian besar baterai ponsel Anda, itu tidak baik.

Dalam skenario ini, Anda mungkin memiliki keylogger atau virus menyembunyikan namanya untuk mencegah ditemukan. Sebagai aturan umum, cari saja sesuatu yang luar biasa melelahkan.

Kita semua menggunakan ponsel kita secara berbeda, tetapi jika Anda melihat pengurasan baterai yang sangat parah, itu menjadi perhatian. Anda dapat me-reboot ponsel Anda, menutup paksa aplikasi yang dicurigai, atau, jika mungkin, menghapus instalan aplikasi sepenuhnya. Jika baterai Anda terkuras terlalu cepat, dan Anda bertanya-tanya, ” apakah ponsel saya diretas?”kemudian pasti melakukan pemeriksaan ini.

2. Periksa pemasangan aplikasi acak yang tidak diinginkan

Tanda lain dari malware atau peretasan telepon adalah jika Anda melihat aplikasi acak terpasang di ponsel Anda. Ini adalah aplikasi yang tidak Anda instal sendiri. Aplikasi atau situs berbahaya dapat menginstal program di ponsel Anda dan mengirim informasi sensitif kembali ke pihak ketiga.

Kadang-kadang, program ini tidak akan menggunakan banyak baterai, tetapi masih dapat menyebabkan kerusakan dan menguras data anda. Jika Anda menemukan program seperti itu, inilah cara menghilangkannya.

Arahkan ke Settings > Apps > All apps dan gulir daftar aplikasi di ponsel Anda. Temukan apa pun yang tidak Anda inginkan, ketuk, dan pilih Copot Pemasangan/uninstall.

Anda hanya harus menghapus aplikasi yang terlihat mencurigakan dan Anda tahu tidak penting. Jika Anda mulai mencopot pemasangan barang acak, Anda dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan dan merusak komponen vital ponsel Anda.

Ada banyak aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya oleh produsen atau operator telepon dan tidak berbahaya. Pastikan Anda berhati-hati sehubungan dengan apa yang Anda hapus.

3. Penggunaan Data Yang Sangat Tinggi

Banyak orang memiliki paket data tak terbatas, jadi mereka tidak melihat menu penggunaan Data di Pengaturan. Tetapi jika Android Anda bertingkah, dan Anda ingin memeriksa apakah ponsel Anda diretas, ini adalah cara mudah lain untuk memeriksa masalah.

Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk memeriksa penggunaan data ponsel Anda:

  • Arahkan ke Settings > Network and internet
  • Pilih SIM pilihan Anda.
  • Gulir ke bawah sedikit dan ketuk App data usage.

YouTube, Spotify, dan layanan streaming lainnya secara teratur menggunakan banyak data. Tetapi jika aplikasi lain menggunakan terlalu banyak, ada yang tidak beres. Tidak ada aplikasi acak yang harus menggunakan 5GB pada bulan tertentu, jadi cari sesuatu yang tidak pada tempatnya di sini.

Bila Anda menemukan sesuatu yang terlihat mencurigakan, uninstall setelah memastikan itu tidak penting untuk perangkat Anda.

4. Muncul Pop – up dan iklan

Pop-up datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, secara acak, dan dari semua jenis situs web. Kami telah belajar untuk berurusan dengan mereka, dan sebagian besar waktu, itu tidak lebih dari iklan yang mencakup konten.

Kadang-kadang meskipun, mereka dapat menjadi sakit kepala untuk Anda dan menyebabkan Anda kesulitan. Mengawasi keluar untuk aneh pop-up atau iklan yang terlihat lucu. Anda tidak boleh mengkliknya.

Google membuat beberapa perubahan dalam beberapa tahun terakhir untuk menghindari kejadian seperti ini, terutama di Google Chrome di Android, tetapi masih terjadi sesekali. Biasanya, itu akan membuat ponsel Anda bergetar saat pop-up muncul berulang kali. Terkadang, layar Anda bahkan akan berkedip.

Tapi itu benar-benar palsu; jangan tekan tombol Remove Virus Now. Tutup seluruh browser web Anda dan reboot ponsel cerdas Anda sebagai gantinya.

Jangan pernah mengirimkan informasi pribadi apa pun di bidang input yang tidak Anda kenal. Selain itu, Anda harus menghindari memasukkan detail kartu kredit atau kata sandi anda di situs web yang terlihat mencurigakan pada pandangan pertama.

5. Aplikasi bermasalah dan lemot

Tanda lain bahwa ponsel Android Anda mungkin diretas adalah jika terus mogok. Seringkali, ponsel Android akan mulai bertingkah aneh, seperti membuka aplikasi tanpa alasan, atau ponsel Anda akan lambat atau terus-menerus macet. Terkadang, masalah ini muncul karena virus.

Berikut adalah beberapa cara kerja untuk memperbaiki masalah mogok di Android:

  • Pindai perangkat Anda menggunakan Play Protect: pertama, coba pemindai Google Play Protect yang terpasang langsung ke Play Store. Buka Google Play dan ketuk gambar profil Anda di bagian atas halaman. Kemudian, buka Play Protect di tengah layar dan ketuk Pindai untuk mulai memindai ponsel dan aplikasi Anda.
  • Coba pemindai antivirus: ada lusinan pemindai antivirus di Google Play Store, tetapi kami sarankan untuk tetap menggunakan merek dan nama tepercaya. Cari merek terkenal yang Anda gunakan di komputer Anda, seperti Avast atau BitDefender. Alat-alat ini hebat dalam memindai perangkat Anda dengan cepat dan mudah untuk masalah.
  • update telepon Anda: jika Anda masih menggunakan versi Android yang lebih lama, aplikasi mungkin mogok karena versi Android yang tidak didukung. Untuk memperbaikinya, lihat cara memperbarui ponsel Android.

Mudah-mudahan, itu akan menyelesaikan aplikasi dan masalah Ponsel Mogok Karena malware. Jika anda masih berjuang dengan itu, anda dapat juga melakukan factory reset pada ponsel Android anda.

Melakukan Reset Data Pabrik jika diperlukan

Jika anda menghapus aplikasi, menjalankan perangkat lunak antivirus, dan masih mengalami masalah, upaya terakhir adalah dengan melakukan factory data reset.

Ingatlah bahwa proses ini menghapus semua yang ada di ponsel Anda, jadi pastikan sebelum melanjutkan. Anda juga dapat melihat beberapa FAQ tentang reset pabrik di ponsel Android untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Cadangkan foto, pesan teks, video, dan apa pun yang ingin Anda simpan, lalu lanjutkan ke reset pabrik ponsel Android Anda. Buka Settings > System > Reset options > Erase all data (factory reset).

Hanya gunakan ini ketika semua metode lain gagal bekerja untuk anda. Perhatikan bahwa pengaturan ulang pabrik ponsel Anda akan menghapus semuanya. Ponsel Anda akan boot seperti yang terjadi pada hari pertama Anda mendapatkannya. Jadi Anda harus mengatur semuanya lagi, tetapi lebih baik aman daripada menyesal.

Cara memeriksa apakah ponsel Anda diretas atau tidak

Peretas kreatif ketika target audiensnya besar. Karena metode peretasan tidak semuanya sama, menjadi sulit bagi seorang pemula untuk mengidentifikasi hal-hal seperti itu. Jadi, ini membuat Anda bertanya, ” bagaimana cara mengetahui apakah ponsel saya diretas atau tidak?”

Selain cara-cara yang disebutkan di atas, penurunan kinerja ponsel Anda secara bertahap, perubahan wallpaper secara otomatis, atau panggilan tidak dikenal oleh ponsel Anda dapat menjadi tanda bahwa ponsel Anda telah diretas.

Menjadi waspada dan hati-hati dapat mencegah Anda dari berurusan dengan potensi pelanggaran keamanan di tempat pertama. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan (atau cari) untuk menjaga diri Anda tetap aman:

  • Tetap diperbarui dan selalu instal pembaruan perangkat lunak terbaru.
  • Hanya dapatkan aplikasi dari sumber tepercaya.
  • Nonaktifkan atau hapus centang opsi Instal dari sumber tidak dikenal di Pengaturan.
  • Gunakan sidik jari, pemindaian wajah, kata sandi, atau PIN untuk keamanan layar kunci.

Selain peretasan Android, Anda harus tahu cara mengetahui apakah ponsel Anda disadap di Android.

Penutup

Tetap waspada untuk menjaga ponsel Anda aman. Caranya, canya instal aplikasi dari sumber tepercaya seperti Google Play Store, Amazon App Store, Samsung Galaxy apps, atau F-Droid. Situs web yang menawarkan apk Android (instal file) terkadang bukan teman Anda. Jangan menginstal file-file ini kecuali Anda tahu Anda dapat mempercayai sumbernya.

Kunci untuk menjaga keamanan ponsel cerdas Anda adalah dengan berhati-hati dan menggunakan akal sehat. Selain itu, Anda juga dapat menyampaikan informasi kepada teman-teman anda, yang sering bertanya kepada Anda, ” bagaimana cara mengetahui apakah ponsel saya diretas atau tidak?”

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk " 5 cara untuk memeriksa apakah perangkat Android Anda diretas"