5 cara mentransfer file dari satu komputer ke komputer lain

 5 cara mentransfer file dari satu komputer ke komputer lain

Berikut cara mentransfer data dari satu PC ke PC lainnya.

Ketika Anda membeli komputer baru, tentu Anda ingin mentransfer sebagian besar file yang ada dari yang lama. Apakah anda ingin mengambil semua data Anda atau hanya yang penting, ada beberapa cara cepat dan sederhana untuk mentransfer file dari PC ke PC.

Bergantung pada apa yang anda kerjakan, beberapa metode lebih baik daripada yang lain. Sebagai aturan praktis, menggunakan koneksi fisik yang kuat (seperti menukar hard drive atau mentransfer melalui LAN) lebih cepat daripada solusi cepat dan mudah (seperti memindahkan file melalui Wi-Fi atau menggunakan drive USB).

Berikut cara mentransfer data dari satu PC ke PC lainnya.

1. Menggunakan media penyimpanan eksternal

Jelas, ini adalah cara kebanyakan orang melakukannya. Tempelkan USB flash drive ke satu komputer dan salin datanya. Tempelkan drive yang sama ke komputer lain, lalu tempel datanya. Sederhana. Atau Anda dapat menggunakan hard drive eksternal jika Anda memiliki lebih banyak data daripada yang dapat ditampung pada flash drive.

Jika kedua komputer memiliki port USB 3.0, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam flash drive berkecepatan tinggi. Bila Anda memiliki banyak data untuk bergerak, kecepatan menjadi penting!

Namun, ada cara yang lebih cepat untuk melakukan ini. Pertama, periksa apakah komputer tempat Anda ingin memindahkan data memiliki port eSATA atau slot SATA yang tersedia. Jika ya, lepaskan hard drive dari komputer asli dan sambungkan ke komputer baru. Setelah selesai, itu akan muncul sebagai drive lain pada PC target. Anda kemudian dapat mentransfer data melalui SATA, yang jauh lebih cepat daripada USB.

2. Berbagi melalui LAN atau Wi-Fi

Untuk komputer yang berdekatan satu sama lain, ada dua cara utama untuk berbagi file dan folder. Yang pertama adalah mengatur jaringan area lokal (LAN), sehingga Anda dapat menggunakan satu PC untuk menelusuri hard drive yang lain. Yang kedua adalah menggunakan perangkat lunak untuk mentransfer file melalui Wi-Fi.

Berbagi drive jaringan

Semua sistem operasi utama memiliki opsi bawaan untuk mengatur jaringan rumah. Ini memungkinkan perangkat pada router yang sama (terhubung melalui Ethernet atau Wi-Fi) saling mengenali secara permanen. Jadi, ketika Anda mentransfer file antar komputer, Anda tidak perlu mengatur koneksi baru setiap kali—selalu aktif, selama kedua komputer menyala.

Proses ini juga bekerja dengan Windows-ke-Windows dan Mac-ke-Mac. Jika Anda menggunakan Linux, sistem menu tergantung pada sistem operasi Anda. Tetapi begitu Anda berada di pengaturan jaringan, Anda akan menemukan itu mirip dengan cara Anda mengatur jaringan rumah di macOS.

Berbagi Dengan Perangkat Lunak

Jika kedua komputer berada di jaringan Wi-Fi yang sama, Anda dapat mentransfer file dengan beberapa perangkat lunak sederhana. Ini adalah cara mudah untuk berbagi tanpa menyiapkan jaringan rumah dan sangat ideal untuk jaringan sementara. Ada beberapa aplikasi untuk berbagi file besar secara instan. Yang terbaik, menurut kami, adalah Kirim Ke mana saja.

Send Anywhere memiliki aplikasi untuk Windows, Mac, dan Linux. Bahkan memiliki aplikasi web dan ekstensi Chrome di Chrome OS. Kirim mana saja hanya bekerja, dan itu fantastis betapa sedikit pengaturan yang dibutuhkan.

Anda juga dapat mentransfer file dari satu komputer ke ponsel dan tablet. Dan hal terbaik tentang itu adalah hampir seluruhnya gratis. Ini tersedia untuk Windows, macOS, Linux, Android, iOS, dan Amazon Kindle.

3. Gunakan kabel Transfer

Untuk transfer komputer-ke-komputer, Anda memerlukan kabel penghubung USB atau kabel jaringan USB. Ini lebih cepat daripada menggunakan drive karena proses copy-and-paste terjadi secara bersamaan antara sistem yang terhubung. Saat menggunakan drive eksternal, pada dasarnya Anda mentransfer antara tiga drive—tetapi kabel menguranginya menjadi dua drive.

Windows ke Windows: jika Anda mentransfer file dari satu komputer Windows ke komputer lain, colokkan kabel USB ke kedua komputer. Tunggu hingga kedua komputer mengenali kabel dan mereka secara otomatis menginstal driver.

Setelah Anda menginstal driver kabel USB, Unduh dan instal perangkat lunak transfer data untuk kedua komputer. Setelah Siap, Luncurkan aplikasi transfer di kedua komputer, dan sekarang anda dapat mulai mentransfer file.

Mac ke Mac: Anda dapat menghubungkan dua komputer Mac melalui kabel Thunderbolt berpemilik. Setelah Anda melakukannya, kedua komputer harus mendeteksi satu sama lain, dan mentransfer file semudah menyeret dan menjatuhkannya di antara sistem.

Windows / Mac / Linux ke Windows / Mac / Linux: gunakan kabel Ethernet untuk membangun jaringan area lokal tanpa router. Pastikan itu adalah kabel Ethernet crossover (yaitu, pola warna di satu ujung tidak cocok dengan yang lain). Mengatur berbagi jaringan pada kedua komputer, dan anda baik untuk pergi untuk transfer file PC-ke-PC.

4. Hubungkan HDD atau SSD secara manual

Jika Anda mentransfer dari komputer lama ke yang baru, PC lama Anda mungkin tidak berfungsi lagi. Atau Anda mungkin ingin menginstal hard drive baru untuk menggantikan yang lama. Tapi bagaimana Anda mendapatkan data lama Anda?

Hard disk drive (HDD) dan beberapa Solid State Drive (SSD) menggunakan kabel SATA standar untuk terhubung ke motherboard. Jika Anda memiliki port SATA atau eSATA (SATA eksternal) cadangan, sambungkan hard drive lama anda di sana. Sistem operasi akan mengenalinya sebagai drive baru. Kemudian mulailah mentransfer. Ini adalah yang tercepat dari semua solusi.

Tidak seperti PC, menemukan port SATA cadangan di laptop itu sulit. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan solusi lain, seperti penutup eksternal atau stasiun dok USB, untuk mendapatkan data dari hard drive Anda. Either way sama mudahnya untuk mempelajari cara mentransfer file dari laptop ke laptop.

Anda juga mungkin ingin mengubah hard drive lama menjadi penyimpanan eksternal. Berinvestasi dalam casing eksternal untuk drive lama akan memungkinkan Anda menyalin semua data darinya, dan setelah itu, Anda dapat menggunakan drive lama sebagai penyimpanan eksternal portabel.

5. Gunakan penyimpanan Cloud atau Transfer Web

Opsi terakhir adalah menggunakan internet, cara terbaik untuk mentransfer file dari PC ke PC dalam hal kenyamanan. Karena semakin banyak pengguna sekarang menggunakan penyimpanan cloud untuk menyimpan file mereka, ini mungkin cara termudah untuk menyinkronkan file Anda antar komputer.

Namun, ini mungkin memakan waktu, dari beberapa menit hingga beberapa hari, tergantung pada kualitas koneksi internet anda.

Anda dapat memilih dari salah satu dari beberapa penyedia penyimpanan cloud seperti Dropbox, Google Drive, atau OneDrive. Masing-masing bekerja sebaik yang lain untuk menyelesaikan pekerjaan.

Driver Cloud adalah pilihan yang sangat baik karena ukuran file hampir tidak terbatas, selama Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup. Plus, Jika kedua komputer menyinkronkan folder secara lokal, maka saat satu mengunggah file, yang lain akan mengunduh secara bersamaan.

Jika kecepatan adalah apa yang Anda inginkan, meskipun, kemudian mencoba FilePizza. Apa yang membuatnya unik adalah bahwa itu adalah aplikasi peer-to-peer. Jadi saat satu komputer mengunggah file, yang lain segera mengunduhnya. Tidak ada yang menunggu di antara keduanya. Dan Anda tidak perlu berlangganan drive cloud yang sama. Semuanya ada di browser.

Penutup

Sebagai penutup, tergantung apapun pilihan anda, anda tinggal memilih salah satu cara tersebut di atas, semoga memudahkan anda dalam melakukan transfer file antar komputer.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk " 5 cara mentransfer file dari satu komputer ke komputer lain"