Ide Mengajar Dengan 8 Game Tanpa Ribet Instal: Inspirasi untuk Game Based Learning

game inspiratif

Halo, Bapak Ibu Guru! Pendayagunaan teknologi pada pembelajaran membuat pembelajaran menjadi menyenangkan. Tentu saja para guru harus terus beradaptasi dengan teknologi yang ada. Guru harus kreatif mengkombinasikan media pembelajaran. Karakter siswa di era digital juga mudah bosan jika pembelajaran hanya menggunakan bahan belajar yang text books. Salah satu contoh penerapan pembelajaran yang menyenangkan yaitu berbasis game (Game Based Learning).

Game Based Learning dapat diartikan sebagai metode pembelajaran dengan menggunakan game (permainan) yang bertujuan untuk membantu memudahkan proses pembelajaran, membuat pembelajaran menjadi menarik, bahkan bisa meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Hal ini sejalan dengan pendapat Maiga (2009:198), yang mengatakan bahwa bermain merupakan bagian penting dalam lingkungan belajar karena bisa meningkatkan pengalaman belajar yang mudah diingat, mempertinggi suasana hati dan membuat pembelajaran menjadi efektif.

GBL bisa diterapkan pada berbagai jenis mata pelajaran seperti bahasa Indonesia, Bahasa Inggris,matematika, IPA, dan IPS.

Pada postingan ini diulas tentang game yang dapat dijalankan pada perangkat desktop (laptop, tablet, ipad, atau komputer) maupun smartphone tanpa harus instal. Yuk, kita simak.

Minecraft

minecraft

Minecraft adalah game yang kaya akan nilai edukasi, karena memungkinkan anak untuk mengembangkan keterampilan kreativitas, kerja sama, dan pemecahan masalah. Dalam game ini, anak dapat membangun dunia virtual mereka sendiri, mengatur sumber daya, dan menjelajahi lingkungan yang berbeda.

Scrabble

Scrabble adalah game papan yang mengasah keterampilan kosakata, pemahaman bahasa, dan strategi. Dalam game ini, anak harus membentuk kata-kata dari huruf-huruf yang tersedia, dan memperoleh skor dari kata-kata yang berhasil mereka buat.

scrabble

Chess

Catur adalah game strategi yang mengasah keterampilan pemecahan masalah, perencanaan, dan konsentrasi. Dalam game ini, anak harus mengatur langkah-langkah mereka dengan cermat untuk mengalahkan lawan mereka.

Chess Games

Math Blaster

math blaster

Math Blaster adalah game matematika yang menyenangkan dan interaktif. Dalam game ini, anak harus menyelesaikan teka-teki matematika untuk memenangkan permainan. Game ini membantu anak untuk mengembangkan keterampilan matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Lego games

Lego game ini mengajarkan kreativitas dan pemecahan masalah melalui membangun dan merancang dengan kumpulan balok lego

lego games

Typing games

game ini mengajarkan keterampilan mengetik dan pengenalan huruf dan angka.

typing games

Setterra games

Seterra game ini mengajarkan geografi dan pengetahuan tentang negara, benua, dan dunia.

Science games

game ini mengajarkan konsep sains melalui percobaan virtual dan simulasi.

science games
Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Ide Mengajar Dengan 8 Game Tanpa Ribet Instal: Inspirasi untuk Game Based Learning"