Cara Supaya Anak Tidak Berlebihan Main Game Smartphone

agar anak tidak kecanduan game

Halo, Ayah dan Bunda! Memainkan game favorit memang menyenangkan bagi anak-anak maupun orang dewasa. Bermain game smartphone punya manfaat dari buat anak yaitu meningkatkan logika, kecepatan/ketangkasan, konsentrasi, juga meningkatkan kemampuan psikomotor. Namun, manfaat ini tidak akan menjadi berguna jika anak kecanduan memainkan game smartphone sampai lupa waktu dan merusak kesehatan.

Game online pada smartphone, dapat memungkinkan pemain terhubung dengan pemain lainnya melalui internet. Artinya anak Anda akan bertemu dengan banyak orang asing. Maka, Ayah Bunda harus memantau interaksi mereka dan jenis permainannya.  Jangan sampai anak bertemu dengan predator dunia maya.

Semakin banyak permainan bertema kekerasan, anak akan menjadi agresif. Permainan semacam itu menurut American Psychiatric Association mampu memicu sifat agresif anak sehingga bermasalah di sekolah.

Ayah Bunda jangan khawatir, karena ada beberapa pilihan game edukatif Android yang dirancang untuk memberikan hiburan sekaligus punya nilai edukasi sehingga belajar terasa tidak membosankan. Oleh karena itu, para orang tua dapat menjadikan game sebagai media belajar asalkan anak tidak berlebihan.

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah anak kebablasan main game:

Tetapkan aturan yang jelas dan konsisten

Tetapkan aturan tentang waktu bermain game, jenis game yang diizinkan, dan aktivitas lain yang harus diselesaikan sebelum bermain game. Aturan harus konsisten dan diterapkan dengan tegas.

Monitor waktu bermain game

Pastikan anak tidak kebablasan main game dengan memonitor waktu bermain. Gunakan timer atau alarm untuk membatasi waktu bermain anak dan pastikan mereka menghentikan aktivitas saat waktu telah habis.

Buat jadwal yang seimbang

Buat jadwal yang seimbang antara aktivitas akademik, sosial, dan rekreasi, termasuk bermain game. Anak harus mengalokasikan waktu yang cukup untuk semua aktivitas dan tidak terlalu banyak bermain game.

Pilih game yang sesuai

Pilih game yang sesuai dengan usia dan minat anak. Pastikan game tersebut tidak mengandung konten yang tidak pantas atau kekerasan yang berlebihan.

Mainkan game bersama

Mainkan game bersama dengan anak. Ini bukan hanya membantu mengawasi waktu bermain anak, tetapi juga memperkuat hubungan antara orang tua dan anak serta memberikan kesempatan untuk berinteraksi dan bermain bersama.

Libatkan anak dalam aktivitas lain

Ajak anak untuk terlibat dalam aktivitas lain seperti olahraga, seni, atau musik untuk mengurangi waktu yang dihabiskan untuk bermain game.

Penutup

Dengan menerapkan aturan dan strategi di atas, orang tua dapat membantu mencegah anak dari kecanduan bermain game dan mengembangkan keseimbangan dalam hidup mereka.

Referensi :

Helping My Child With Gaming Addiction

TIPS TO PREVENT GAMING ADDICTION IN YOUNG CHILDREN IN 2023

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Cara Supaya Anak Tidak Berlebihan Main Game Smartphone"