Simbol Cuaca dan Iklim yang Perlu Diketahui

simbol cuaca

Simbol cuaca kelas 3 SD. Hai Sobat Chemistricks, apa kabar semuanya? Pada post kali ini chemistricks kembali mengulas materi untuk kelas 3 SD. Kita akan mempelajari tentang simbol cuaca dan iklim. Materi ini diperuntukkan untuk kelas 3 SD tema 5, membahas tentang empat jenis cuaca yang ada di Indonesia.

Apa pengertian cuaca?

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menyebutkan bahwa cuaca adalah keadaan udara pada suatu tempat tertentu dengan jangka waktu terbatas. Dalam arti yang lain cuaca merupakan suatu keadaan udara di wilayah tertentu. Jadi cuaca yang terjadi pada satu tempat tertentu bisa jadi berbeda dengan tempat lainnya, baik keadaan cuacanya, durasi waktu yang berbeda-beda pula.

Beberapa tempat bahkan bisa mengalami suatu cuaca dalam jangka waktu yang lama atau hanya hitungan jam. Nah, cuaca ini bisa terjadi karena adanya perubahan pada unsur pembentuknya.

Ada beberapa unsur pembentuk cuaca yang saling berkaitan antar satu sama lainnya. Yang paling berpengaruh yaitu sinar matahari yang juga merupakan pusat tata surya. Berdasarkan posisi matahari, suhu setiap tempat akan berubah dan memberikan pengaruh besar pada perubahan cuaca. Unsur lainnya yaitu angin, kondisi awan, kelembapan udara, hingga curah hujan. Di Indonesia keseluruhan unsur diatas memberikan pengaruh cukup besar pada perubahan cuaca.

Simbol Cuaca

Setiap informasi perkiraan cuaca, biasanya ditandai dengan simbol khusus. Pun demikian dengan iklim di suatu daerah, dituliskan dengan simbol tertentu. Simbol cuaca dan iklim menampilkan gambar yang cukup mudah untuk dipahami bahkan oleh orang awam sekalipun. Misalnya simbol cuaca cerah berawan, digambarkan dengan simbol awan dengan simbol matahari tepat di belakangnya. Atau misalnya hujan petir biasanya diwakili dengan simbol awan dan rintik hujan disertai dengan simbol kilatan listrik.

Selain itu, adapula simbol cuaca dan iklim lainnya yang perlu diketahui. Manfaat mengetahui simbol-simbol ini, memudahkan kita memahami informasi terkait cuaca dan iklim dengan baik. Tanpa perlu membaca deskripsi tulisan perkiraan cuaca secara detail, kita telah bisa menangkap informasi yang disajikan. Chemistricks merangkum simbol cuaca dan iklim beserta artinya untuk kalian.

  1. Cuaca cerah: biasanya disimbolkan dengan awan dan matahari yang berada di belakangnya, atau biasanya disebut juga dengan kondisi cerah berawan.
  2. Cuaca panas: biasanya disimbolkan dengan matahari bersinar dengan warna kuning cerah tidak disertai dengan awan. Gambar ini menunjukkan bahwa di daerah tersebut mengalami kondisi cuaca yang terik atau panas.
  3. Cuaca berawan: Biasanya disimbolkan dengan awan berwarna putih yang menggerombol. Daerah yang mengalami cuaca berawan biasanya tidak terlalu panas, cahaya matahari terang namun tidak terlihat karena tertutup dengan awan.
  4. Cuaca mendung: Biasanya disimbolkan dengan awan berwarna abu-abu kehitaman yang menggerombol. Ini bisa menjadi tanda bahwa sebentar lagi akan turun hujan di daerah tersebut. Cuaca mendung juga biasanya disertai dengan tiupan angin yang cukup kencang.
  5. Cuaca hujan: Biasanya disimbolkan dengan awan hitam bergerombol dan rintik hujan yang jatuh di bawahnya. Biasanya simbol ini disertai dengan keterangan hujan ringan atau hujan lebat untuk memperjelas informasi perkiraan cuaca yang terjadi di suatu daerah.
  6. Cuaca hujan petir: Biasanya disimbolkan dengan awan hitam bergerombol dengan rintik hujan dan kilatan petir seperti simbol listrik. Biasanya hujan petir cenderung terjadi ketika suatu daerah mengalami hujan lebat. Kondisi ini perlu diwaspadai, terutama ketika Anda beraktivitas di luar ruangan.
  7. Cuaca bersalju: Biasanya disimbolkan dengan awan putih bergerombol dan bulir salju yang turun di bawahnya. Cuaca ini sangat jarang terjadi di Indonesia, karena Indonesia beriklim tropis dan hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Biasanya cuaca ini terjadi di negara dengan empat musim seperti eropa dan beberapa negara di asia.
contoh simbol cuaca
contoh simbol cuaca

Akhir kata

Demikianlah ulasan chemistricks tentang Simbol Cuaca dan Iklim yang Perlu Diketahui. Semoga bermanfaat untuk kalian ya teman teman.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Simbol Cuaca dan Iklim yang Perlu Diketahui"