Cara Mengurutkan Pecahan dari Kecil ke Besar

Mengenal Pecahan Kelas 2 SD

Sebelum kita mengulas tentang Cara Mengurutkan Pecahan dari Kecil ke Besar  sebagaimana tertulis pada judul, teman teman perlu merefresh kembali tentang pengertian pecahan. Jadi Pecahan adalah

bagian dari keseluruhan yang berukuran sama berasal. Bilangan pecahan merupakan bilangan yang disajikan a/b dibaca a per b. Di mana a dan b adalah bilangan bulat serta b tidak sama dengan 0 (nol). Bilangan a sebagai pembilang dan bilangan b sebagai penyebut

Nah pada post ini sobat chemistricks akan belajar tentang cara mengurutkan pecahan dari kecil ke besar.

Cara mengurutkan pecahan tentu saja berbeda dengan cara ketika sobat mengurutkan bilangan cacah, seperti 1, 2, 3, dan seterusnya. Jika mengurutkan bilangan cacah dari kecil ke besar dapat langsung diketahui urutannya, maka tidak demikian dengan pecahan.

Sebagai contoh, sobat tentu tidak kesulitan ketika mengurutkan bilangan cacah, misalnya mengurutkan yang terkecil sampai yang terbesar dari bilangan 27, 15, 48, 3, dan 85, Kita bisa langsung menjawabnya menjadi 3, 15, 27, 48, dan 85.

Namun tidak demikian dengan pecahan, contoh soal misalnya kita diminta mengurutkan bilangan 2/5, 3/7, dan 4/8 tentu sobat membutuhkan waktu tidak bisa langsung menjawab tanpa menghitungnya terlebih dahulu.

Cara Mengurutkan Pecahan dari Kecil ke Besar

Chemistricks akan menunjukkan kepada kalian tentang cara untuk mengurutkan pecahan. Sobat Chemistricks bisa melakukan dengan dua cara, yaitu menyamakan penyebut dan menyamakan pembilang.

Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Menyamakan Penyebut

Cara pertama adalah dengan menyamakan penyebutkan. Pada soal di atas, kita diminta mengurutkan 2/5, 4/8, dan 3/7 dari yang terkecil ke terbesar.

Sobat perhatikan penyebut dari ketiga pecahan tersebut berbeda. Maka. langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyamakan penyebutnya terlebih dahulu.

Caranya dengan menentukan faktor persekutuan dari angka 5, 8, dan 7 yang menjadi bilangan penyebutnya.

Dari perhitungan diperoleh angka 280 sebagai faktor persekutuan dari ketiga penyebut.

Lalu akan kita temukan,

2/5 = 112/280

4/8 = 140/280

3/7 = 120/280

Ketika penyebutnya sudah disamakan, langkah berikutnya adalah mengurutkannya dari pembilang terkecil ke yang terbesar.

Jadi urutan pecahan dari yang paling kecil ke besar adalah 2/5, 3/7, dan 4/8.

2. Menyamakan Pembilang

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan menyamakan pembilangnya. Misalnya kita diminta untuk mengurutkan pecahan 2/4, 3/7, dan 8/15 dari kecil ke besar.

Langkah pertama adalah tentukan KPK dari 2, 3, dan 8 adalah 24.

Berdasarkan perhitungan diperoleh sebagai berikut:

2/4 = 24/48

3/7 = 24/56

8/15 = 24/45

Ketika pembilangnya sudah disamakan maka langkah berikutnya adalah menentukan penyebutnya yang besar adalah yang memiliki jumlah yang kecil.

Jadi urutannya adalah 3/7, 2/4, dan 8/15.

Akhir Kata

Itulah dua cara untuk mengurutkan pecahan dari kecil ke besar yang dapat chemistricks tunjukkan kepada kalian, semoga bermanfaat bagi kalian dalam menyelesaikansoal-soal pecahan lainnya, ya! Selamat belajar!

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Cara Mengurutkan Pecahan dari Kecil ke Besar"