Apa yang dimaksud Teknologi Pangan Kelas 3 SD?

teknologi pangan
Teknologi pangan adalah kelas 3 SD. Hai sobat chemistricks, jumpa lagi dengan materi pelajaran SD. Kali ini chemistricks akan menyajikan untuk kalian tentang pengertian teknologi pangan beserta penjelasannya. Materi ini masuk pembahasan tema 7 kelas 3 SD ya.

Teman-teman, terdapat beragai jenis makanan yang harus diolah melalui proses tertentu untuk bisa dikonsumsi. Nah, pada materi kelas 3 SD Tema 7, chemistricks mencoba menjelaskan kepada kalian tentang pengertian teknologi pangan yang digunakan untuk mengolah makanan. Teknologi pangan ini menentukan berbagai jenis makanan yang dikonsumsi manusia.

Terdapat berbagai banyak jenis makanan yang bisa dikonsumsi manusia yang berasal dari tumbuhan atau hewan.

Setiap makanan tersebut musti diolah supaya tetap aman untuk dikonsumsi oleh manusia. Manusia membutuhkannya untuk mendapatkan berbagai kandungan sehat.

Untuk mengolahnya menjadi bahan makanan, dibutuhkan sebuah teknologi khusus yang disebut teknologi pangan. Lalu, apa yang dimaksud dengan teknologi pangan?

Teknologi Pangan

Teknologi pangan diartikan sebagai sebuah ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan bahan pangan khususnya sesudah panen.

Dengan melakukan pengolahan yang tepat, maka dihasilkan makanan yang diolah menjadi beraneka macam/menjadi makanan baru.

Melalui teknologi tersebut, dihasilkan jenis makanan baru yang lebih awet dan tahan lebih lama.

Jadi ilmu teknologi pangan dapat berupa pemrosesan, pengemasan, penyimpanan, pengawetan, dan lain sebagainya.

Dengan demikian ilmu tekonologi pangan terkandung berbagai manfaat untuk manusia.

Berikut ini dipaparkan beberapa manfaat dari adanya teknologi pangan.

Manfaat Teknologi Pangan

1. Mencukupi Kebutuhan Pangan

Manusia senantiasa membutuhkan makanan untuk bisa bertahan hidup. Alam menyediakan berbagai kebutuhan bahan makanan bagi makhluk di bumi khususnya manusia. Namun alam memproduksi makanan memiliki keterbatasan, yaitu bahan makanan itu dapat membusuk jika tidak dikonsumsi dalam beberapa hari.

Adanya teknologi pangan memungkinkan manusia mengolah bahan makanan supaya bertahan lebih lama dan mencukupi kebutuhan banyak orang dalam jangan waktu yang lama.

2. Mendistribusikan Makanan

Teknologi pangan juga memungkinkan  manusia mendistribusikan berbagai makanan ke seluruh wilayah. Sebab – sebagaimana diulas dalam penjelasan nomor 1 – bahan makanan menjadi lebih awet. sehingga memungkinkan untuk dikirim dan didistribusikan ke berbagai wilayah yang tidak tersedia bahan makanan. sebagai contoh, wilayah yang tidak bisa ditanami padi, bisa ikut mengonsumsi nasi melalui teknologi pangan tadi. Contoh lainnya misalnya wilayah yang tidak dapat ditanami sayuran hijau tertentu, bisa ikut mengonsumsi makanan sehat tersebut. Hal itu dilakukan dengan cara mengawetkan makanan agar bisa bertahan tetap segar dalam waktu lama.

3. Menghilangkan Kuman dari Makanan

Ilmu dari teknologi pangan memungkinkan manusia untuk mengolah bahan makan menjadi lebih higienis. Sebab teknologi pangan juga berfungsi menghilangkan semua kuman. Oleh sebab itu kuman atau mikroba tidak akan berkembang biak lebih banyak dan bisa menyebabkan penyakit muncul. Proses itu bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan pemanasan.

4. Meningkatkan Nutrisi Makanan

Selanjutnya, teknologi pangan juga mampu meningkatkan nutrisi dalam makanan. Sebab, sebuah bahan pangan bisa diolah hingga memiliki nutrisi yang lebih banyak. Proses penambahan gizi pada makanan ini akan membantu mengatasi masalah kekurangan gizi pada beberapa wilayah tertentu. Sebagai contoh, penambahan kalsium dalam jus atau susu yang bisa membuatnya jadi lebih sehat untuk dikonsumsi.

Akhir Kata

Nah, demikianlah ulasan chemistricks tentang Teknologi pangan adalah kelas 3 SD yang dapat teman-teman pelajari melalui artikel ini. semoga ulasan tadi tentang pengertian teknologi pangan dan manfaat yang bisa diperoleh manusia bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Sampai jumpa di artikel chemistricks berikutnya.


Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Apa yang dimaksud Teknologi Pangan Kelas 3 SD?"