Pengertian Hak Kewajiban dan Tanggung Jawab

Pengertian Hak Kewajiban dan Tanggung Jawab kelas 5 SD

Sobat chemistricks, kita sebagai individu tentu saja memiliki hak, kewajiban, dan tanggung jawab. Masing-masing jelas memiliki hak kewajiban dan tanggung jawab yang berbeda-beda, tergantung peran yang dimiliki.

Meski begitu, hak, kewajiban dan tanggung jawab terkait satu dengan yang lain. Umumnya, sebelum menuntut hak dipenuhi, kita harus melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab terlebih dahulu.

Ketika kita telah menunaikan kewajiban dan tanggung jawab, kita berhak mendapatkan sesuatu yang telah menjadi hak kita/mendapatkan hak.

Chemistrick mengajak teman-teman untuk mengulas tentang pengertian kewajiban, hak, dan tanggung jawab yang terdapat pada buku tematik kelas 5 SD tema 4, Apakah teman-teman sudah menemukan jawabannya?

Kewajiban

Kewajiban merupakan tindakan yang wajib dilakukan dan dikerjakan seseorang. Setiap tindakan yang dilakukan tersebut merupakan bentuk dari penuh rasa tanggung jawaban secara baik hukum maupun moral. Kewajiban akan senantiasa melekat pada kehidupan seseorang sebagai bagian dari kegiatan sosial kemasyarakatan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kewajiban diartikan sebagai sesuatu yang diwajibkan atau harus dilaksanakan atau keharusan.

Ada beberapa pendapat ahli tentang pengertian kewajiban, antara lain:

1. John Salmond

Kewajiban diartikan sebagai suatu hal yang harus dikerjakan oleh seseorang dan jika tidak melakukan suatu hal tersebut, maka ia akan memperoleh sanksi.

2. Prof. R.M.T. Sukamto Notonagoro

Kewajiban merupakan suatu hal yang wajib dikerjakan oleh pihak tertentu dengan penuh rasa tanggung jawab; dengan prinsip yang bisa dituntut secara paksa oleh pihak yang berkepentingan.

3. Fredrick Pollock

Kewajiban merupakan tugas dan dalam pengertian hukum, kewajiban adalah suatu hal yang bisa mengikat antara dua orang atau lebih.

Contoh kewajiban dalam lingkungan sekitar

– Membantu pekerjaan orang tua.

– Menghormati kedua orang tua.

– Mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan rumah.

– Menjaga kebersihan sekolah.

– Mendengarkan penjelasan dari guru.

Hak

Hak merupakan peluang yang diberikan kepada setiap individu untuk mendapatkan, melakukan, serta memiliki sesuatu yang diinginkan. Hak harus dibarengi dengan kesadaran bahwa pemenuhan hak mereka dibatasi atas hak orang lain, sehingga perlu memahami pula tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hak merupan bentuk dari kewenangan, suatu kekuasaan yang memungkinkan individu untuk berbuat. Hak juga juga bisa diartikan kekuasaan yang mutlak berdasarkan dari sesuatu atau difungsikan untuk menuntut sesuatu.

Ada beberapa pendapat ahli tentang pengertian hak, antara lain:

1. Soerjono Soekanto

Hak dapat dibagimenjadi dua, yaitu hak relatif (hak searah dan hak absolut) dan atau hak yang memiliki arah jamak.

Hak relatif merupakan bentuk hak yang memang terbentuk dari perjanjian (hukum perikatan).

Hak absolut merupakan hak yang terdapat dalam sebuah hukum yang diatur oleh negara.

2. Prof. Dr. Notonegoro

Hak merupakan kemampuan individu untuk melakukan beberapa kegiatan, seperti menerima, melakukan, dan memiliki suatu hal yang semestinya diterima.

3. Prof. R.M.T. Sukamto Notonagoro

Hak merupakan sebuah wewenang dimana individu memiliki otoritas untuk menerima atau melakukan suatu hal yang diinginkannya.

Hak ini tidak boleh dan tidak bisa diberikan kepada inidividu lain sehingga tidak bisa dilakukan dan diterima oleh individu lainnya.

Contoh Hak dalam lingkungan sekitar

– Mendapat kasih sayang orang tua.

– Mendapat pendidikan dari orang tua.

– Mendapat perlindungan dari guru.

– Memperoleh penjelasan materi oleh guru.

Tanggung Jawab

Tanggung jawab merupakan kesadaran seseorang ketika melakukan suatu kegiatan dan tindakan, dan kesediaan menjalani risiko akibat perbuatan yang dilakukannya.

Tanggung jawab termasuk tingkah laku manusia yang sadar akan perbuatan dan kewajiban yang harus dilakukan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tanggung jawab diartikan sebagai kewajiban yang ditanggung seorang individu termasuk akibatnya.

Sikap tanggung jawab ini diwujudkan pada diri sendiri, keluarga, dan masyarakat. Sikap ini terbentuk seiring perkembangan seseorang.

Contoh tanggung jawab dalam lingkungan sekitar

– Seorang pelajar wajib belajar demi memenuhi kewajibannya.

– Mengerjakan piket rutin di kelas.

– Berani mengakui kesalahan yang diperbuat.

– Tidak menyontek jawaban teman.

Akhir Kata

Sobat chemistricks, demikianlah pengertian beserta contoh dari kewajiban, hak, dan tanggung jawab. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk teman-teman, ya.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Pengertian Hak Kewajiban dan Tanggung Jawab"