Pengertian Fotosintesis, materi kelas 3 SD tema 6

Fotosintesis adalah materi kelas 3 SD

Assalamuaiakum sobat chemistricks, jumpa kembali ulasan materi yang kali ini diperuntukkan untuk kelas 3 SD. Kali ini chemistricks akan membahas tentang fotosintesis yang terdapat pada tema 6.

Tahukah teman-teman bahwa tumbuhan memiliki ciri khas yang membedakan dengan manusia dan hewan, yaitu mereka dapat melakukan proses fotosintesis untuk bisa tumbuh dan berkembang.

Chemistricks akan menunjukkan kepada teman teman tentang pengertian dan hasil dari proses fotosintesis tersebut. meliputi Apa itu fotosintesis dan apa manfaat fotosintesis bagi tumbuhan dan manusia?

Fotosistesis yang terjadi pada tumbuhan, diketahui memiliki manfaat yang tidak hanya bermanfaat untuk tumbuhan itu sendiri, tetapi dapat pula dimanfaatkan makhluk hidup lain, yaitu manusia dan hewan.

Pengertian Fotosintesis

Fotosintesis didefinisikan sebagai proses dimana tumbuhan hijau dan organisme tertentu mengubah energi cahaya menjadi energi kimia. Proses fotosintesis berlangsung karena tumbuhan memiliki zat hijau daun, dengan zat tesebut maka memungkinkan tumbuhan untuk membentuk energi cadangan, dibantu dengan penyerapan air serta karbon dioksida yang kemudian diproses/dimasak oleh tumbuhan itu sendiri.

Bagaimana proses Fotosintesis

Pada saat proses fotosintesis diikuti dengan proses masuknya karbon dioksida yang ada di udara melalui stomata yang terdapat pada daun. Kemudian akar tumbuhan akan menyerap air dari dalam tanah untuk dikirimkan ke daun. Daun bertugas memasak kedua bahan tadi dengan menggunakan sinar matahari.

Hasil proses masakan yang dilakukan daun adalah berupa zat makanan dan oksigen. Kedua hasil tadi kemudian digunakan untuk menunjang pertumbuhan tumbuhan dan juga menyimpan cadangan makanan. Selain itu, saat proses selesai, diikuti proses pembuangan oksigen ke udara.

Untuk lebih jelas memahami tentang hasil proses fotosintesis, berikut chemistricks aakn membahas lebih rinci tenntang manfaat dari dua hasil proses fotosintesis.

Hasil Fotosintesis

1. Zat Makanan

Zat makanan merupakan hasil dari proses fotosintesis yang berupa glukosa. Zat ini nantinya menjadi bahan dasar pembentukan lemak dan protein untuk tumbuhan tumbuh. Glukosa ini selain menjadi cadangan makanan bagi tumbuhan ternyata juga bermanfaat untuk manusia dan hewan apabila dikonsumsi. Diketahui bahwa pada beberapa jenis tumbuhan yang berbeda, juga akan memiliki bentuk cadangan makanan yang berbeda pula dengan banyak kandungan berbeda-beda.

Zat yang terkandung pada umbi-umbian mestinya berbeda pada tumbuhkan lain misalnya jeruk, apel dan mangga. Umbi akan menyimpan cadangan makanan pada akar atau batang berupa kandungan karbohidrat yang dibutuhkan manusia dan hewan. Sdangkan apel, jeruk, mangga dan lain sebagainya yang menyimpan cadangan makanan pada buah. Inilah yang menyebabkan buah memiliki banyak kandungan air atau beragam vitamin yang baik apabila dikonsumsi oleh manusia.

2. Oksigen

Oksigen adalah hasil fotosintesis yang sangat bermanfaat bagi makhluk hidup, khususnya manusia dan hewan. Sebab manusia dan hewan membutuhkan oksigen untuk bernafas. sehingga tumbuhan berperan penting pada kondisi udara yang bersih dan dan menciptakan lingkungan yang sehat.

Pada prosesnya, tumbuhan melakukan penyaringan udara dengan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen. Inilah mengapa ketika kita berada di bawah pohon yang rindang pasti akan merasakan udara yang lebih sejuk dan segar karena adanya oksigen tersebut.

Akhir kata

Nah, demikianlah Chemistricks tentang pengertian dan hasil dari fotosintesis yang juga bermanfaat untuk manusia dan hewan. Dengan banyaknya tumbuhan yang kita pelihara di lingkungan sekitar, berarti kita turut berperan dalam menciptakan udara yang bersih. Manusia pun bisa memanfaatkan cadangan makanan pada tumbuhan. Semoga bermanfaat dan membantu kalian memahami materi yang diulas pada artikel ini.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Pengertian Fotosintesis, materi kelas 3 SD tema 6"