Mengapa Perlu Energi Alternatif Kelas 3 SD

Hai sobat chemistricks, jumpa lagi dengan artikel pendidikan SD, khususnya bagi kalian kelas 3 SD. Pada post kali ini chemistricks akan mengulas tentang materi kelas 3 SD, tentang energi alternatif.

Pada post sebelumnya, chemistricks telah membahas tentang CARA MENGHEMAT BBM, yang mana pembahasannya masih terkait dengan materi yang kita bahas pada post kali ini.

Teman-teman, perlu diketahui bahwa sumber energi alternatif merupakan sumber energi pengganti bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak, dan gas alam. Bahan bakar fosil sifatnya terbatas, sehingga perlu dicarikan alternatif penggantinya. Jadi, bahan bakar fosil termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, sehingga penggunaan yang terus-menerus menyebabkan sumber daya tersebut berkurang bahkan lama-kelamaan akan habis.

Nah, oleh sebab itu sumber energi alternatif mutlak harus dicari supaya ketersediaannya selalu ada dan tidak akan habis demi keberlangsungan hidup manusia.

Pembahasan artikel ini bersumber dari buku tematik kelas 4 tema 2 halaman 137, berangkat dari pertanyaan “mengapa kita memerlukan energi alternatif?”.

Chemistricks akan mencoba memberikan alternatif jawabannya untuk kalian sebagai berikut.

1. Apakah Energi Alternatif Penting bagi Manusia?

Energi alternatif sangat penting bagi manusia sebab berfungsi menggantikan energi dari minyak bumi karena minyak bumi sudah mulai menipis. Sehingga energi alternatif penting untuk dikembangkan dan dimanfaatkan manusia. Kita memerlukan energi alternatif yang dapat difungsikan dengan membuat pembangkit listrik, karena minyak bumi akan terus berkurang dan habis.

Para ahli terus berupaya mencarikan solusi supaya mengurangi ketergantungan pemakaian minyak bumi oleh manusia, yaitu dengan menciptakan teknologi dengan menggunakan energi alternatif.

Mengapa perlu mengembangkan energi alternatif? Energi alternatif perlu dkembangkan lantaran lebih ramah lingkungan dan berasal dari alam. Sebagai contoh energi alternatif misalnya penggunaan sinar matahari untuk menghasilkan energi listrik melalui alat bernama panel surya.

Energi matahari pastinya tidak dapat habis, serta cara mendapatkannya pun tidak perlu merusak lingkungan.

Energi matahari merupakan sumber energi terbesar.  Energi alternatif dapat mengurangi kerusakan lingkungan yang ditimbulkan dari penggunaan minyak bumi yang berlebihan. Misalnya mengurangi efek rumah kaca dari penggunaan minyak bumi.

2. Manfaat Energi Alternatif

Beragam manfaat bisa didapatkan dengan pemakaian energi alternatif, yaitu:

– Sumber energi alternatif bersifa ramah lingkungan dan tidak merusak alam.

– sumber energi alternatif lebih hemat biaya, sebab untuk mendapatkannya, hanya berasal/bersumber energi dari alam. Contohnya seperti angin dan matahari.

– Digunakan sebagai alternatif pengganti sumber daya alam tak terbarukan dalam menyediakan energi listrik.

– Bersifat terbarukan dan tidak cepat habis karena berasal dari alam (sumber daya alam yang dapat diperbaharui).

– Energi alternatif dapat digunakan untuk berbagai keperluan manusia.

– Tidak mencemari lingkungan, sebab pemanfaatannya dari limbah hewan, contohnya biogas.

Akhir kata

Demikianlah ulasan chemistricks tentang alasan mengapa kita memerlukan energi alternatif. Kita harus bijak dalam menggunakan energi bahan bakar fosil, sebisa mungkin melakukan penghematan penggunaan sumber daya alam tak terbarukan. Kita juga berkewajiban melestarikan dan tidak mencemari lingkungan, dengan cara mengembangkan energi alternatif. Kita bisa mendapatkan energi alternatif dari energi matahari, energi angin, energi air, dan berbagai tumbuhan atau kotoran hewan. Semoga bermanfaat.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Mengapa Perlu Energi Alternatif Kelas 3 SD"