Latihan Soal dan Pembahasan Penggunaan Ejaan

Halo adik-adik, pada postingan ini Chemistricks akan menemani kalian belajar tentang kesalahan penggunaan ejaan pada soal asesmen akhir sekolah. Yuk, kita pelajari contohnya melalui 2 soal dan pembahasannya berikut ini.

Sebelum mencermati soal, kalian wajib tahu arti ejaan dan apa saja letak contoh kesalahan ejaan.

Ejaan adalah kaidah-kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi meliputi kata kalimat dan sebagainya dalam bentuk tulisan huruf-huruf dan penggunaan tanda baca.

Kesalahan ejaan dapat terjadi pada penggunaan huruf kapital, huruf miring, singkatan dan akronim, kata depan, gabungan kata, penulisan angka dan bilangan, penggunaan tanda titik, tanda koma, tanda pisah, tanda titik dua, dan tanda titik koma.

Belajar tentang ejaan sangat penting dilakukan sejak kalian masih duduk di bangku SD. Mengapa? Hal ini dikarenakan penggunaan ejaan yang benar dapat menciptakan keteraturan pada bahasa tulis. Jika tidak mengikuti ejaan yang berlaku, kejelasan makna dapat terganggu karena tidak menyepakati aturan yang ada.

Kalian dapat menggunakaan alat bantu digital yang praktis untuk mempraktikkan penggunaan kata baku dan tidak baku secara benar. Kalian kunjungi https://kbbi.kemdikbud.go.id/. Kemudian ketikkan kata yang ingin kalian cari tahu kebakuan serta maknanya. Asyik, kan?

Soal 1

Perhatikan paragraf berikut!

1) Pasar moderen memiliki beberapa keunggulan.2) Pasar ini memiliki tempat yang bersih dan nyaman.3) Pasar ini juga menyediakan barang dagangan yang cukup lengkap.4) Selain itu, barang yang dijual di pasar ini memiliki kualitas yang baik.

Kesalahan pengunaan ejaan dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat angka ….

A. 1)

B. 2)

C. 3)

D. 4)

Pembahasan:

Kesalahan yang terdapat dalam paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor 1 . Penggunaan kata moderen tidak baku. Kata yang tepat adalah modern. Menurut KBBI edisi kelima kata modern memiliki arti terbaru, mutakhir.

Sumber : https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Soal 2

Cermati kalimat berikut!

badan meteorologi, klimatologi, dan geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca berpotensi hujan lebat di sejumlah daerah pada Selasa 24 januari 2023 sore.

Perbaikan penggunaan ejaan dalam kalimat tersebut adalah ….

A. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca berpotensi hujan lebat di sejumlah daerah pada Selasa 24 januari 2023 sore.

B. Badan meteorologi, klimatologi, dan geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca berpotensi hujan lebat di sejumlah daerah pada Selasa 24 januari 2023 sore.

C. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca berpotensi hujan lebat di sejumlah daerah pada Selasa 24 Januari 2023 sore.

D. Badan Meteorologi, Klimatologi, Dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca berpotensi hujan lebat di sejumlah daerah pada Selasa 24 Januari 2023 sore.

Pembahasan:

Perbaikan yang tepat pada kalimat tersebut pada pilihan jawaban ( C ). Perbaikan ini sesuai dengan kaidah yang ada pada EYD edisi kelima. Kaidah yang dijelaskan dalam EYD V yaitu huruf pertama kata pada awal kalimat menggunakan huruf kapital. Penggunaan huruf kapital pada huruf pertama nama tahun, bulan, dan hari. Penggunaan huruf kapital juga digunakan pada huruf pertama semua unsur baik negara maupun lembaga pemerintah.

 

Gimana, adik-adik? Mudah, kan belajar tentang ejaan?

Referensi : Detik-detik AAS (Asesmen Akhir Sekolah), Intan Pariwara, Tahun 2023.

#asesmenakhirsekolah2023 #bahasaindonesiaSD #kesalahanpenggunaanejaan #EYDV #KBBIdigital #KBBIedisikelima #asesmenkurmer #kurikulummerdeka #kurikulummerdekasd #ikm #ANBK2023

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Latihan Soal dan Pembahasan Penggunaan Ejaan"