Apa Saja Unsur yang Membedakan Antar Suku Bangsa?

Hai teman-teman, apa  kabar semuanya. Jumpa lagi dengan chemistricks mengulas materi dan soal pelajaran SD. Pada post kali ini chemistricks akan menunjukkan kepada kalian jawaban Soal Kelas 5 Tema 7 Subtema 1: Apa Saja Unsur-Unsur Pembeda Suku Bangsa?

Sobat chemistricks, materi yang akan dibahas ini terdapat pada materi kelas 5 tema 7, yaitu tentang kesatuan bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, ras, golongan dan agama. Khususnya mempelajari tentang unsur-unsur pembeda suku bangsa. Lalu, apa saja unsur-unsur pembeda suku bangsa itu, ya?

Persatuan Bangsa Indonesia

Bangsa Indonesia dikenal dengan semboyannya “Bhinneka Tunggal Ika” berarti “berbeda-beda tetap tetap satu juga”.

Semboyan ini menunjukkan bahwa Indonesia kaya akan keberagaman suku, budaya, bahasa, dan banyak hal lainnya. Semboyan itu bermakna meski berbeda-beda, kita tetap bersatu sebagai satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia.

Keragaman akan membuat kita mengetahui unsur-unsur yang menjadi pembeda suku di Indonesia, namun tetap harmonis dan menjunjung tinggi toleransi dan hormat menghormati satu sama lain.

Adapun unsur yang membedakan antara satu suku dengan suku lainnya tidak membuat kita terpecah belah sebagai satu bangsa.

Unsur-Unsur Pembeda Suku

Terdapat beberapa perbedaan antara satu suku dengan suku lainnya, yaitu:

1. Adat Istiadat

Setiap suku bangsa memiliki adat istiadat tertentu, misalnya berupa upacara adat dan hal yang berhubungan dengan kebiasaan sehari-hari. Adat istiadat merupakan kebiasaan yang sudah dilakukan turun-temurun dari leluhurnya.

Sebagai contoh upacara kematian atau upacara pernikahan di setiap suku bisa berbeda-beda, tergantung adat istiadatnya masing-masing. Kebiasaan yang dilakukan setiap suku akan memengaruhi pola perilaku atau gaya hidup, sehingga menyebabkan perbedaan gaya berbicara yang berbeda-beda.

2. Bahasa Daerah

Unsur lain yang membedakan satu suku dengan suku lainnya adalah bahasa daerah. Terdapat banyak bahasa daerah yang digunakan untuk percakapan sehari-hari di setiap suku yang berbeda. Suku yang sama namun berbeda daerah tempat tinggal bisa saja memiliki bahasa atau logat yang berbeda juga. misalnya Suku Jawa. Antara Jawa di bagian utara dan bagian selatan memiliki perbedaan logat dan bahasa daerahnya.

3. Sistem Kekerabatan

Sistem kekerabatan adalah sistem keturunan yang dianut oleh suku bangsa tertentu. Sebagai contoh sistem kekerabatan berdasar garis keturunan ayah (patrilineal), garis keturunan ibu (matrilineal), atau garis keturunan ibu dan ayah (bilateral / parental). Beberapa suku yang menggunakan sistem kekerabatan patrilineal misalnya Suku Batak,sedangkan suku dengan sistem kekerabatan matrilineal adalah Suku Minangkabau. Sementara itu, Jawa menggunakan sistem kekerabatan bilateral.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan chemistricks tentang Apa Saja Unsur yang Membedakan Antar Suku Bangsa, yang menjadi jawaban Soal Kelas 5 Tema 7 Subtema 1, semoga bermanfaat bagi kalian.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Apa Saja Unsur yang Membedakan Antar Suku Bangsa?"