5 Tips Efektif dalam Memuji Anak yang Dapat Meningkatkan Kebahagiaan dan Percaya Diri

5 Tips Efektif dalam Memuji Anak yang Dapat Meningkatkan Kebahagiaan dan Percaya Diri

Memberikan pujian yang tepat dan efektif pada anak adalah salah satu cara penting untuk membangun kepercayaan diri dan motivasi mereka. Namun, sebagai orangtua atau pengasuh, seringkali kita bingung dalam memberikan pujian yang tepat dan terkadang justru malah memperburuk situasi. Oleh karena itu, dalam postingan kali ini, kita akan membahas 5 tips dan panduan praktis tentang cara memuji anak dengan benar dan efektif, agar dapat membantu anak berkembang dengan baik.

1. Fokus pada pencapaian positif

Ketika memuji anak, berfokuslah pada apa yang telah dicapainya secara positif dan konstruktif. Jangan hanya memuji anak karena kesuksesannya, tetapi juga cara dia berusaha dan melakukan upaya untuk mencapai tujuannya.

2. Gunakan kata-kata yang spesifik

Gunakan kata-kata yang spesifik dan jelas tentang perilaku atau pencapaian yang dihargai. Misalnya, “Saya sangat bangga dengan usaha dan dedikasi Anda untuk belajar matematika, terutama cara Anda mengatasi masalah sulit.”

3. Beri pengakuan pada upaya anak

Ketika anak telah berusaha keras, namun belum mencapai hasil yang diharapkan, tetaplah memberi pengakuan pada upayanya. Ucapkan “Saya tahu kamu sudah berusaha keras untuk mencapai tujuanmu. Teruslah berusaha dan saya yakin kamu akan berhasil.”

4. Jangan membandingkan anak dengan orang lain

Hindari membandingkan anak dengan orang lain, karena ini bisa menyebabkan perasaan tidak cukup atau inferior. Fokus pada pencapaian individu dan potensi anak sendiri.

5. Bersikap positif dan mendukung

Bersikap positif dan mendukung anak ketika memuji, dan jangan terlalu kritis atau menuntut. Berikan anak dukungan dan motivasi untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

3 Contoh Buku Cerita Anak Tentang Cara Membangun Kepercayaan Diri

1. “The Berenstain Bears and the Big Blooper”

Buku ini ditulis oleh Stan and Jan Berenstain. Buku yang bercerita tentang bagaimana karakter utama Brother Bear belajar memuji dirinya sendiri dan orang lain setelah dia melakukan kesalahan. Secara gratis e-book bisa dipinjam di sini.

 

2. “I Like Myself!”

Cerita tentang kepercayaan diri diperkenalkan melalui seorang anak kecil yang berperan sebagai tokoh utama. Ditulis oleh Karen Beaumont. Diceritakan bahwa sang ttokoh utama memiliki rasa percaya diri dan menghargai dirinya sendiri dengan cara yang positif. Versi read-aloud dari buku ini, bisa disimak melalui ini.

 

3. “Giraffes Can’t Dance”

Melalui buku ini, Giles Andreae mengajarkan anak-anak untuk tidak meremehkan diri sendiri dan mengejar impiannya meskipun orang lain meragukan kemampuan mereka. Karakter utama, Jerapah, belajar bahwa dia memiliki bakat yang unik dan dapat menari dengan gaya sendiri. E-book ini bisa dipinjam secara gratis di sini.

3 Buku Bacaan yang Membahas Tentang Cara Memuji Anak yang ditulis Penulis Indonesia

1. “Memuji Anak dengan Bijak”

Buku yang ditulis oleh Dr. Aida Fitriana. ini memberikan panduan praktis bagi orangtua dan guru untuk memuji anak secara positif dan konstruktif, sehingga membantu meningkatkan kepercayaan diri dan prestasi anak.

2. “Cara Memotivasi Anak Lewat Pujian”

Pada buku ini penulis (Fina Adiati) membahas bagaimana memberikan pujian yang tepat dan efektif untuk memotivasi anak dan mendorong mereka untuk terus berkembang.

3. “Membangun Kepribadian Anak Melalui Pujian”

Buku karya Nur Laili Fitria ini mengajarkan orangtua dan pengasuh tentang cara membangun kepribadian positif pada anak melalui pujian yang tepat, sehingga anak dapat tumbuh menjadi individu yang percaya diri dan sukses di masa depan.

Penutup

Dalam mengembangkan kepercayaan diri dan potensi anak, memberikan pujian yang positif dan efektif adalah langkah awal yang penting. Dengan mempraktikkan cara memuji anak yang tepat dan terus memberikan dukungan serta motivasi, anak-anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu yang mandiri, percaya diri, dan sukses di masa depan. Jangan ragu untuk terus berusaha dan belajar, karena setiap orangtua dapat menjadi pahlawan bagi anak-anak mereka.

Sumber Gambar :

https://openlibrary.org/books/OL20175573M/Giraffes_can%27t_dance

https://www.target.com/p/i-like-myself-by-karen-beaumont-hardcover/-/A-11481190

https://ohdbks.overdrive.com/library/kids/media/70386

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "5 Tips Efektif dalam Memuji Anak yang Dapat Meningkatkan Kebahagiaan dan Percaya Diri"