Materi Skala SD Kelas 5

Hai sobat chemistricks, jumpa lagi dengan artikel pembahasan materi kelas 5 SD. Kali ini kita akn belajar tentang bagaimana cara Menghitung Skala Peta dan Jenis-Jenis Skala pada Peta. Kali pasti pernah melihat atau membaca peta, nah di peta tersebut kita pasti akan menemukan skala peta. Apakah teman-teman tahu apa itu skala, jenis jenis skala, dan cara menghitung skala peta?

Nah, chemistricks akan membantu kalian memahami tentang materi tersebut. Mudahnya begini, apabila  kita akan menemukan angka yang dituliskan di peta, misalnya 1:25.000, 1: 1.000.000, atau perbandingan lainnya, maka angka perbandingan inilah yang disebut sebagai skala pada peta.

Tahukah kalian apa fungsi dari skala yang tertulis di peta di atas, dan bagaimana cara menghitung skala peta?

Mari kita ulas permasalahan di atas secara tuntas dengan membaca keseluruhan artikel ini, ya.

Pengertian Skala

Skala diartikan sebaai perbandingan antara ukuran pada pada gambar/peta dengan ukuran sebenarnya, Satuan dipakai pada skala yaitu cm.

Jenis-Jenis Skala Peta

Skala yang paling sering kita lihat di peta adalah skala berupa skala angka, misalnya 1:500.000, 1:250.000, 1:1.000.000, dan sebagainya.

Namun sebenarnya ada tiga jenis skala peta yang bisa digunakan dan dituliskan dalam pembuatan peta, nih, yaitu:

1. Skala angka

Skala jenis ini adalah skala yang paling sering dijumpai, biasanya dituliskan dengan menggunakan perbandingan angka, misalnya 1:50.000, 1:100.000, dan sebagainya.

2. Skala garis

Skala jenis ini berbentuk garis lurus yang terbagi menjadi beberapa titik dengan jarak yang sama, kemudian dijelaskan lebih lanjut bahwa skala garis merupakan perbandingan antara jarak di peta dengan jarak sesungguhnya.

3. Skala verbal

Skala jenis ini merupakan skala yang digunakan untuk menunjukkan perbandingn jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya menggunakan kalimat langsung.

Cara Menghitung Skala Peta

Skala peta biasanya ditulis angka yang berbeda-beda pada setiap peta. Skala peta biasanya tertulis dalam satuan sentimeter atau cm. Setiap 1 cm mewakili jarak 1 km di jarak yang sesungguhnya. Contohnya dituliskan 1:150.000, artinya 1 cm di peta sama dengan 150.000 cm pada jarak yang sesungguhnya. Untuk menghitung skala peta dibandingkan dengan jarak sesungguhnyam, teman-teman membutuhkan rumus yang dipakai untuk menghitung skala peta, yaitu jarak pada peta : jarak sesungguhnya.

Untuk memudahkan kalian memahami dan menghitung langsung skala peta dengan jarak sesungguhnya, perhatikan contoh soal di bawah ini!

Jarak kota Y dengan kota B pada peta adalah 8 cm, skala pada peta tertulis 1:200.000.

Pertanyaannya: Berapakah jarak kedua kota sebenarnya?

Penyelesaian

Rumus yang digunakan untuk menyelesaikan soal di atas adalah jarak sebenarnya = ukuran pada peta : skala peta.

Maka, jarak sebenarnya = 8 : (1:200.000) = 6 x 200.000 = 1.200.000 cm.

Sehingga, jarak kota Y ke kota B adalah 1.200.000 cm atau 12 km.

Cara menentukan Skala Peta

Jika teman-teman ingin membuat skala peta, maka teman teman perlu menghitug terlebih dahulu skalanya. Sebagai contoh ilustrasi menentukan skala dicontohkan melalui teks berikut ini.

Jarak antara laut ke gunung di peta adalah 10 cm, sedangkan jarak sebenarnya antara laut dan gunung adalah 50 km. Berapakah skala pada peta?

Rumus yang dapat digunakan untuk menghitung skala peta adalah skala = jarak pada peta : jarak sesungguhnya.

Maka penghitungannya sebagai berikut:

Skala = 10 cm : 50 km = 10 : 5.000.000 = 1:500.000.

Sehingga dapat diperoleh perhitungan skala yang dituliskan pada peta adalah 1:500.000.

Akhir kata

Nah, demikianlah ulasan chemistricks tentang Materi Skala SD Kelas 5, serta bagaimana cara menghitung skala peta yang bisa digunakan. Semoga membantu teman-teman.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Materi Skala SD Kelas 5"