Materi Konduktor dan Isolator Kelas 5 SD

Hai sobat chemistricks, jumpa lagi dengan artikel pendidikan yang diperuntukkan untuk siswa siswi SD. Pada post kali ini chemistricks akan mengulas tentnag apa itu Konduktor dan Isolator? serta mengupas tentang Pengertian serta Contoh Konduktor dan Isolator di Rumah

Jika teman perhatikan benda-benda di sekitar rumah, maka terdapat banyak sekali benda yang cepat panas jika terkena api, dan benda benda yang tidak cepat panas. Kedua jenis benda tersebut, bisa dibedakan menjadi dua, yaitu konduktor dan isolator.

Pengertian Konduktor dan Isolator

Konduktor adalah benda-benda yang bersifat cepat panas karena bisa menghantarkan panas dengan baik. Dengan kata lain konduktor adalah benda-benda yang bisa menghantarkan panas dengan baik atau dengan cepat.

Sebagai contoh konduktor antara lain benda yang terbuat dari besi, baja, aluminium, kuningan, tembaga, seng, dan sebagainya.

Isolator adalah benda benda yang tidak cepat panas karena tidak menghantarkan panas dengan baik. Dengan kata lain, isolator adalah benda-benda yang tidak bisa menghantarkan panas dengan baik atau dengan cepat.

Sebagai contoh benda yang terbuat dari kayu, plastik, styrofoam, dan lain sebagainya dapat disebut sebagai benda isolator.

Mari untuk lebih memahami perbedaan konduktor dan isolator, kita cari contoh-contoh benda tersebut di rumah!

Contoh Benda Konduktor

1. Panci, Wajan, dan Ceret

Benda benda yang terdapat di dapur seperti panci, wajan, dan ceret dapat dengan mudah kita jumpai sehari hari. Benda tersebut umumnya terbuat dari logam.

Sebagaimana diulas di atas, bahwa logam memiliki sifat mudah menghantarkan panas. Sehingga panci, wajan, dan ceret dapat digolongkan sebagai benda benda konduktor.

Alat-alat di atas mampu menghantarkan panas secara cepat yang berasal dari api ke minyak, makanan, atau air yang sedang dimasak di atasnya.

2. Tutup Panci atau Tutup Oven (Kaca)

Tutup panci dan tutup oven juga digolongkan sebagai konduktor meskipun terbuat dari kaca, bukan logam. Kaca memang tidak sebaik logam dalam menghantarkan panas, tetapi juga dapat digolongkan sebagai penghantar panas.

Contoh Benda Isolator

1. aneka gagang seperti Gagang Wajan, Gagang Panci, dan Gagang Setrika

Gagang ini biasanya terbuat dari kayu dan plastik/ebonit. Kayu dan plastik memiliki sifat yang lambat dalam menghantarkan panas. Hal ini berarti , gagang-gagang ini merupakan isolator. Isolator ini dimanfaatkan untuk membantu kita memegang panci agar tidak kepanasan.

2. Pegangan Sodet

Pegangan sodet umumnya terbuat dari kayu dan plastik yang tahan panas, oleh sebab itu termasuk contoh isolator.

Sama halnya dengan gagang panci, pegangan sodet dibuat dari benda isolator agar tidak panas ketika dipegang.

3. Sarung Tangan/Pelindung Tangan

Sarung tangan biasanya terbuat dari kain (isolator) sebab dapat bersifat lambat menghantarkan panas. Sarung tangan berfungsi melindungi tangan, lantaran sifatnya yang tebal bisa membantu kita mengangkan wajan atau panci agar tidak panas di tangan.

Contoh Benda yang Memanfaatkan Sifat Konduktor dan Isolator Sekaligus

Termos

Termos merupakan contoh benda yang memanfaatkan sifat konduktor dan isolator. Hal ini dapat dilihat dari bahan pembuat termos yang terbuat dari kaca berdinding dua lapis. Di antara kedua dinding kaca terdapat ruang kosong atau ruang hampa udara (vakum). Ini menyebabkan air panas yang disimpan di dalam termos akan tetap panas meski sudah cukup lama. Sebab dinding kaca bagian dalam termos ini berfungsi sebagai konduktor. Kaca tidak menyerap panas dan panas dipantulkan kembali. Manfaatnya adalah suhu air yang ada di dalamnya tidak merambat keluar. Sehingga suhu air tetap panas dan dapat dimanfaatkan dalam waktu yang cukup lama.

Adapun ruang hampa udaranya berfungsi sebagai isolator. ini berarti panas tidak dapat merambat di dalam ruang hampa udara. Setelah itu, termos dilengkapi dengan tutup gabus atau bahan pelapis luar yang bersifat isolator. Sehingga suhu panas tidak keluar dari termos dan termos tidak panas ketika kita pegang.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan chemistricks tentang Materi Konduktor dan Isolator Kelas 5 SD serta Pengertian serta Contoh Konduktor dan Isolator di Rumah. Semoga membantu.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Materi Konduktor dan Isolator Kelas 5 SD"