Materi Gaya Kelas 4 SD

Hai Sobat Chemistricks, jumpa lagi dengan artikel tentang pelajaran SD. Pada post kali ini chemistricks akan menunjukkan kepada sobat tentang materi gaya kelas 4 SD, khususnya Pengertian dan Sifat-Sifat Gaya, Kelas 4 SD.

Pada post sebelumnya, pernah kita pelajari tentang pengertian gaya. Untuk diingat, bahwa gaya adalah tarikan dan dorongan. Sebagai contoh, ketika seseorang menarik dan mendorong ayunan, maka ia membutuhkan gaya untuk melakukannya. Gaya yang diberikan terhadap ayunan berupa tarikan dan dorongan mampu menggerakkan ayunan tersebut. Ketika diberikan gaya tarik, ayunan akan bergerak ke belakang. Sedangkan ketika diberi gaya dorong, ayunan akan bergerak akan ke arah depan.

Pengertian Gaya

Nah, mari kita ulas kembali pengertian gaya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gaya adalah kesanggupan untuk berbuat dan sebagainya.

Gaya adlah kekuatan yang mampu mengakibatkan suatu benda dapat mengalami gerak, perubahan kedudukan, atau perubahan bentuk.

Gaya juga dpat didevinisikan sebagai tarikan atau dorongan yang dapat memengaruhi keadaan suatu benda.

Maka ketika kita menarik atau mendorong benda hingga bergerak, sama artinya kita memberikan gaya terhadap benda tersebut.

Besar kecilnya gaya juga dapat diukur menggunakan alat berypa neraca pegas atau dinamometer.

“Gaya adalah kekuatan yang mengakibatkan benda bergerak.”

Sifat-Sifat Gaya

1. Gaya mengubah bentuk benda

Gaya dapat mengubah bentuk benda maupun objek tertentu. Swebagai contoh, tanah liat yang dapat berubah bentuk ketika diberi gaya. Tanah liat dapat dibentuk menjadi patung, cangkir, atau bentuk kerajinan lainnya.

2. Gaya mengubah arah benda

Gaya juga dapat mengubah arah benda sehingga dapat bergerak ke arah lain jika diberi gaya. Sebagai contoh saat seseorang menendang bola dalam permainan sepak bola, maka bola akan mengarah ke target.

“Gaya memiliki sifat dapat mengubah bentuk dan arah benda.”

3. Gaya mengubah benda yang diam menjadi bergerak

Gaya juga bersifat mengubah benda yang diam menjadi bergerak. misalnya meja yang diam akan bergerak jika diberi gaya tarik atau dorong.

4. Gaya mengubah benda bergerak menjadi benda yang diam

Sebaliknya, benda yang bergerak dapat menjadi diam jika diberi gaya. Contoh seorang kiper yang menangkap bola yang ditendang ke arahnya. Apabila kiper berhasil menangkap bola, maka ia telah mengubah benda yang bergerak menjadi diam.”

5. Gaya mengubah kecepatan gerak benda

Gaya juga memiliki sifat mengubah kecepatan gerak benda. Dengan gaya, benda yang bergerak dapat diatur batas kecepatannya menjadi lebih lambat atau lebih cepat. Sebagai contoh, saat sedang mengendarai mobil, terjadi gaya dorongan pada gas mobil, mobil dapat berjalan dengan cepat, sebaliknya dengan rem maka mobil akan bergerak melambat.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan chemistricks tentang Materi Gaya Kelas 4 SD, meliputi pengertian dan sifat gaya, semoga bermanfaat dan membantu.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Materi Gaya Kelas 4 SD"