Makna Kata Desa, Pujaan, Handai, Taulan Dan Permai | Tema 5 Kelas 2 SD

Hai Sobat chemistricks, ketemu lagi dengan artikel artikel yang mengulas materi dan pembahasan soal untuk Sekolah dasar ya. Pada post kali ini chemistricks akan mengulas beberapa istilah yang perlu untuk diketahui dan dipahami lebih lanjut, yaitu tentang Makna Kata Desa, Pujaan, Handai, Taulan Dan Permai. Kata-kata atau istilah tersebut tertuang pada buku Tema 5 Kelas 2 SD.

Diskusikan dengan temanmu, Apa makna kata-kata berikut ini? Makna kata desa, pujaan, handai, taulan dan permai!

Pembahasan chemistricks akan memberikan alternatif kunci jawaban tema 5 kelas 2 halaman 190. Teman teman bisa membuka buku bacaan teks tersbut tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 4 tentang Pengalamanku di Tempat Wisata. Temukan pembahasannya di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Ayo Membaca!

Nyanyikanlah lagu berikut yang berjudul “Desaku.” ciptaaan L.Manik berdasarkan lirik di bawah ini. Mintalah beberapa temanmu untuk menyimak dan membaca liriknya. Lirik lagu “ Desaku ” dibaca seperti puisi.

Desaku
(Pencipta: L. Manik)

Desaku yang kucinta
Pujaan hatiku
Tempat ayah dan bunda
Dan handai taulanku
Tak mudah kulupakan
Tak mudah bercerai
Selalu kurindukan
Desaku yang permai

Ayo Mengamati!

Lakukan secara bergantian dengan menyimak temanmu membacakan puisi di depan kelas lalu ebrikan pendapatmu tentang puisi tadi! Tepatkah lafal, intonasi, dan ekspresinya?

Ayo Berdiskusi!

Diskusikan dengan temanmu! Apa makna kata-kata Desa, Pujaan, Handai, Taulan Dan Permai berikut ini?

NoKataMaknanya
1Desamerupakan Kesatuan wilayah yang dihuni oleh sejumlah keluarga yang mempunyai sistem pemerintahan sendiri (dikepalai oleh seorang kepala desa)
2PujaanSesuatu yang dimana digunakan oleh orang yang telah dipuja puja. “Pujaan” dalam bahasa Indonesia berarti “idola” atau “yang disembah” atau “yang dihormati” atau “yang diagung-agungkan”. Bisa juga digunakan untuk menyebut seseorang yang dianggap sangat disukai atau digemari.
3HandaiKawan
4TaulanTeman
5PermaiIndah

Penutup

Demikian pembahasan chemistricks tentang kunci jawaban tema 5 kelas 2 SD/MI pada buku tematik siswa halaman 190 yang berkaitann degna Makna Kata Desa, Pujaan, Handai, Taulan dan Permai.

Semoga pembahaswan chemistricks bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 3 subtema 4 Pengalamanku di Tempat Wisata. Semoga membantu belajarmu ya! selamat belajar teman!

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Makna Kata Desa, Pujaan, Handai, Taulan Dan Permai | Tema 5 Kelas 2 SD"