Makna Kata Berhenti Kelas 2 SD

Hai teman-teman, apa kabar semuanya? Pada post kali ini chemistricks akan mengajak kalian memelajari makna kata basah, lebat, berhenti, kepalang dan tergenang kelas 2 SD, sebagaimana terdapat pada Pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 2 halaman 60. Teman teman bisa menemukan materi tersebut pada pembelajaran 6 subtema 1 Pengalamanku di Rumah buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Sebelum kita mengulas lebih lanjut tentang makna kata di atas, mari kita cermati terlebih dahulu teks berikut ini.

Ayo Membaca!

Kita harus selalu hidup rukun. Rukun dengan siapa saja, rukun dengan teman, rukun dengan anggota keluarga, rukun dengan tetangga. Kita harus selalu hidup rukun selalu, sebab hidup rukun merupakan contoh perilaku yang baik. Hidup rukun merupakan pengamalan pancasila khususnya sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia.

Bacalah percakapan berikut! Perhatikan percakapan Beni dan sepupunya!

Ayo Membaca!

Sepupu Beni membacakan  puisi tentang “ Hujan.” Dengarkanlah bacaan puisi temanmu dengan seksama!

Hujan

Hujan, Hujan di mana-mana,

di jalan di halaman semua basah,

hujan, hujan tak henti henti,

hujan hujan lebat sekali.

Hujan, Hujan bukan kepalang

di sana dan di sini air tergenang,

hujan hujan belum berhenti,

hujan hujan sepanjang hari

Ayo Berdiskusi!

Dalam bacaan puisi tersebut di atas, terdapat beberapa istilah yang dapat diurai. Diantaranya basah, lebat, berhenti, kepalang dan tergenang. Setelah membaca literasi, mari kita mulai mendiskusikan dengan temanmu. Apa maknanya? Jawaban:

NoKataMaknanya
1Basahmakna kata basah menurut chemistricks bermakna mengandung air. Basah dapat diartikan pula keadaan yang mengandung air dikarenakan terkena air. Sebagai contoh tanah yang basah karena tersiram air hujan, kain yang basah karena terkena air minum yang tumpah, atau  dalam makna yang luas berarti benda-benda yang sifatnya cair.
2LebatMakna kata Lebat menurut chemistricks bermakna sangat banyak, Dalam beberapa konteks kalimat, misalnya Pohon yang berbuah lebat, berarti memiliki buah berbuah sangat banyak. atau kalimat, hutan itu sangat lebat, berarti hutan tersebut terdapat pohon yang sangat banyak. Sedangkan contoh lainnya adalah rambut yang lebat, berarti rambut yang dimiliki sangat banyak.
3BerhentiMakna kata berhenti menurut chemistricks memiliki makna tidak bergerak, tidak bekerja, mandek, tidak diteruskan lagi, selesai, tamat, berakhir.
4KepalangKepalang menurut chemistricks memiliki makna kurang, tidak cukup, tanggung, sudah terlanjur (kondisi tanggung).
5TergenangTergenang menurut chemistricks memiliki makna, bergenang, yakni air yang kondisinya tidak dalam keadaan mengalir, terutupi atau terendam air berupa genangan.

Akhir kata

Akhir kata
Demikianlah ulasan chemistricks tentang tentang makna kata basah, lebat, berhenti, kepalang, dan tergenang sekaligus merupakan kunci jawaban tema 5 kelas 2 SD/MI di buku tematik siswa halaman 60 . Lebih lanjut mari kita memperbanyak diskusi dengan Temanmu untuk memahami materi dengna baik. Semoga bermanfaat dan membantu akhirnya Sampai jumpa di artikel chemistricks lainnya.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Makna Kata Berhenti Kelas 2 SD"