Contoh Perubahan Wujud Benda Mengkristal

Sobat chemistricks, pada post kali ini chemistricks akan mengulas tentang contoh perubahan wujud benda mengkristal yang merupakan mteri kelas 3 SD tema 3. Perlu kita ketahui bahwa terdapt berbagai jenis benda yang ada di sekitar kita ternyata bisa mengalami perubahan wujud benda.

Pada materi kelas 3 SD tema 3 ini chemistricks akan menunjukkan berbagai jenis perubahan wujud benda, salah satunya yaitu menghablur atau mengkristal.

Sobat chemistricks sudah mengetahui bahwa terdapat tiga jenis benda, yaitu benda padat, benda cair, dan benda gas di sekitar kita. Nah,  ketiga jenis benda tersebut bisa mengalami perubahan wujud karena berbagai faktor, salah satunya karena perubahan suhu. Saat suhu terlalu tinggi atau rendah, sebuah benda dapat mengalami perubahan seperti mencair, berubah berubah menjadi benda padat atau berubah menjadi wujud gas.

Benda padat pun ternyata juga bisa berubah menjadi cari serta gas, dan sebaliknya benda gas pun dapat berubah menjadi padat hingga cair karena adanya perubahan suhu.

Chemistricks mengulas perubahan wujud benda yang sering disebut dengan menghablur atau mengkristal.

Perubahan Wujud Benda Menghablur atau Mengkristal

Menghablur atau mengkristal merupakan bentuk perubahan wujud benda dari gas menjadi padat. Perubahan mengkristal/menghablur bisa terjadi karena adanya pelepasan kalor dari benda gas tersebut.

Proses perubahan wujud mengkristal ternyata terjadi di kehidupansehari-hari sehingga mudah kita temui.

Berikut beberapa contoh peristiwa sehari-hari berbentuk perubahan wujud benda gas menjadi benda padat (mengkristal), sebagai berikut:

1. Pembentukan Salju

Peristiwa mengkristal atau menghablur pada salju terjadi ketika proses pembentukan salju yang dinamakan proses deposisi.

Deposisi adalah proses pembentukan kristal es yang langsung terjadi melalui uap air dimana proses ini terjadi di awan yang jenuh. Akibatnya uap air akan diubah langsung menjadi butiran salju tanpa menjadi air terlebih dahulu. Sehingga salju yang padat akan terbentuk secara langsung dari uap air yang merupakan gas.

Beberapa hal yang memungkinkan terjadinya perubahan tersebut, yaitu uap air harus berada di suhu rendah, sekitar minus 12 hingga 15 derajat celcius.

2. Embun Beku

Contoh peristiwa mengkristal yang lain adalah terjadinya embun yang membeku saat musim dingin. Teman teman juga pasti pernah melihat kabut beterbangan, dan akan menjadi air yang menempel pada benda. Ketika cuaca sangat dingin atau dalam kondisi musim dingin, maka embun tidak akan berubah menjadi air, namun akan menempel pada benda lalu menjadi beku dan padat. Uap air ini tidak akan menjadi cair, namun langsung membeku karena pengaruh dinginnya cuaca.

3. Jelaga Hitam

Peristiwa menghablur lainya dapat dijumpai dari jelaga hitam yang muncul akibat asap kendaraan atau sisa pembakaran, misalnya pada wajan, panci, atau ceret yang dipanaskan di atas kayu bakar.

Hal ini terjadi dikarenakan proses pembakaran dengan bahan bakar fosil sepert minyak bumi, batu bara, atau gas alam akan menimbulkan asap. Kemudian asap yang merupakan benda gas tesebut menempel pada permukaan benda, dan lama kelamaan akan berubah menjadi jelaga hitam yang terus menebal.

4. Pembuatan Es Kering

Contoh lain tentang peristiwa mengkristal adalah proses pembuatan es kering yang sering digunakan sebagai zat pendingin atau memberikan efek kabut. Es kering diproses dan dibentuk dengan cara yang mirip seperti peristiwa deposisi pada salju di penjelasan nomor satu di atas. Udara dingin diubah menjadi benda padat menggunakan suhu minus 57 derajat celcius.

Akhir kata

Nah, demikianlah ulasan chemistricks tentang contoh tentang proses perubahan wujud benda dari gas menjadi padat yang disebut menghablur atau mengkristal. Semoga membantu kalian memahami materi tentang perubahan wujud benda ya. Selamat belajar.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Contoh Perubahan Wujud Benda Mengkristal"