Contoh Perubahan Wujud Benda Membeku

Sobat chemistricks, pada post kali ini chemistricks akan menunjukkan kepada kalian tentang Contoh perubahan wujud benda membeku kelas 3 SD Tema 3. Sebelumnya chemistricks telah mengulas tentang contoh perubahan wujud benda mengkristal.

Pada materi kelas 3 SD tema 3, teman-teman akan mempelajari tentang beberapa proses perubahan wujud benda.

Seringkali di ulas bahwa terdapat ada tiga jenis benda yang bisa ditemukan di sekita kita antara lain, yaitu benda padat, cair, dan gas.

Ketiga jenis benda itu bisa mengalami perubahan wujud. Adapun perubahan wujud benda cair menjadi padat disebut membeku.

Selain itu, dua jenis perubahan lain misalnya benda padat menjadi gas atau cair. Dan perubahan wujud benda cair menjadi padat atau gas, dan benda gas menjadi cair atau padat.

Di post ini chemistricks mengkhususkan untuk memelajari perubahan wujud membeku yang merupakan perubahan dari cair menjadi padat.

Proses Membeku

Benda cair dapat mengalami perubahan bentuk menjadi dua macam yaitu padat dan gas.

Perubahan benda cair menjadi padat disebut dengan membeku, ini terjadi karena bantuan suhu dingin.

Proses pembekuan terjadi karena adanya pelepasan panas pada benda yang membeku.

Pelepasan suhu panas terjadi dengann bantuan suhu dingin di lingkungan sekitar.

Namun ketika tidak ada bantuan suhu di sekitar kita, maka kita bisa menggunakan alat berupa mesin pendingin seperti kulkas untuk membekukan benda cair.

Perubahan bentuk membeku dengan bantuan suatu zat yang bisa memadatkan benda cair. Benda cair yang bisa dibekukan pun bukan hanya air. Supaya jelasnya berikut akan dibahas contoh perubahan wujud membeku yang sering terjadi di sekitar teman-teman.

Contoh Perubahan Wujud Membeku

Berikut akan ada beberapa contoh perubahan wujud benda cair menjadi padat.

1. Es Batu

Es batu merupakan salah satu benda yang popoler, sering dibutuhkan untuk campuran minuman supaya lebh segar dan nikmat. es batu umumnya dibuat  dari bahan air mineral.

Es batu dibuat dengan memasukkan air ke dalam cetakan atau wadah plastik lalu dimasukan ke dalam lemari pendingin atau freezer. Dalam beberapa saat, dengan bantuan alat tadi menjadikan suhu panas pada air akan keluar dan digantikan dengan suhu dingin hingga membuat tekstur air menjadi padat.

2. Agar-agar

Selain es batu, agar agar juga tergolong perubahan benda cair menjadi padat. Agar-agar adalah jenis makanan yang dibuat menggunakan rumput laut, memiliki kandugan yang bisa mengubah air menjadi padat.

Proses pembuatan agar-agar, cukup menggunakan suhu ruangan (atau didiamkan/diangin-anginkan). Air yang dicampur dengan bubuk agar-agar, dengan sendirinya akan mengeras saat suhu panas sudah banyak berkurang.

3. Lilin

Contoh lain yang ada di sekitar kehidupan kita adalah lilin. Lilin memiliki proses perubahan yang unik, sebab lilin yang tergolong benda padat, akan menjadi cair ketika lilin mulai dipanaskan dengan membakar sumbu pada ujung lilin. Panas yang dibuat menyebabkan batang lilin akan berubah menjadi cair.

Contoh Perubahan Wujud Benda Membeku
Contoh Perubahan Wujud Benda Membeku kelas 3 sd

Namun setelah kita mematikan api pada lilin, maka suhu panas akan berkurang secara perlahan. Saat proses itu terjadi, lilin yang cair akan kembali menjadi padat seperti semula.

Akhir kata

Nah, demikianlah ulasan chemistricks tentangContoh Perubahan Wujud Benda Membeku untuk kelas 3 sd, semoga penjelasan tentang proses perubahan wujud benda dari cair menjadi padat tadi membantu teman-teman memahami materi yang dibahas.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Contoh Perubahan Wujud Benda Membeku"