CARA MEMBUAT LEMPUNG TERIGU KELAS 1 SD

Hai Sobat Chemistricks, pada post kali ini chemistricks akan mengulas tentang bagaimana cara membuat lempung terigu, sebagai pengganti tanah liat/plastisin.

Sebelum mengulas lebih lanjut, mari kita ulas Pengertian Lempung Terigu. Lempung terigu merupakan bahan mainan yang dapat dibuat degan menggunakan bahan utama berupa adonan dari terigu.

Lempung terigu diistilahkan dengan Edible air dry clay, yaitu adonan menyerupai tanah liat atau play doh. Dikarenakan dibuat dari bahan yang biasanya digunakan sebagai bahan makanan, menyebabkan mainan yang kita buat dari lempung terigu ini dijamin aman jika termakan oleh anak-anak.

Lempung terigu dewasa ini banyak digunakan sebagai alternatif pengganti tanah liat. Sebab, bahan bahan yang diperlukan mudah didapatkan dan tentu harganya murah. Lempung terigu dipastikan tidak akan meninggalkan bekas noda pada pakaian anak-anak, sebab mudah dicuci.

Sebagai bahan mainan, lempung terigu dapat dimanfaatkan menjadi berbagai bentuk mainan anak anak. Anak-anak keas 1 sd dapat membentuknya menjadi berbagai bentuk sesuai dengan imajinasi yang mana idenya dituangkan dalam berbagai bentuk yang mereka inginkan.

manfaat Lempung terigu

Lempung terigu sangat bermanfaat bagi anak anak kelas 1 SD. salah satu manfaat lempung terigu adalah dapat dimanfaatkan untuk bahan pembuatan mainan dimana lempun gterigu daoat dibentuk menjadi beraneka macam benda.

Oleh sebab itu, manfaat lanjutan adalah dengan menggunakannya sebagai bahan mainan, maka harapannya siswa mampu mengidentifikasi bahan dan alat yang lunak dengan benar.

Dengan menggunakan lempung terigu sebagai bahan mainan, artinya siswa secara langsung dapat berkreasi membentuk benda berbentuk 3 dimensi. mereka dapat berkreasi membuat karya 3 dimensi sesuai dengan keinginan dan imajinasi mereka.

Kita sebagai orang tua dapat memastikan lempung terigu benar-benar aman ketika digunakan oleh anak-anak, syaratnya kita sebagai guru/orang tua harus mengajari mereka membuat / menyiapkan lempung terigu dengan baik.

Bahan-bahan membuat lempung terigu

Untuk membuat lempung terigu sebagai bahan pembuatan mainan, bahan-bahan yang dibutuhkan  antara lain;

  1. tepung terigu 200 gram ,
  2. garam 100 gram ,
  3. pewarna makanan,
  4. minyak goreng 1 sendok; dan
  5. sedikit air hangat

cara membuat lempung terigu kelas 1 sd

  1. larutkan 100 gram garam tambahkan sedikit air hangat, aduk secara perlahan
  2. tambahkan zat pewarna makanan untuk memberikan warna pada lempung terigu
  3. tambahkan 1 sdm minyak goreng
  4. Aduk secara merata seluruh bahan-bahan tersebut
  5. Ttambahkan 200 gram tepung terigu
  6. setelah kalis, maka adonan siap untuk digunakan

Setelah selesai dibuat, kemudian siswa dapat mulai berkreasi membentuk berbagai karya tiga dimensi.

Sedikit tips penyimpanan

  • Simpanlah lempung terigu yang telah dibuat di tempat yang bersih dan tertutup rapat, hal yang sama kita lakukan saat kita menyimpan mainan playdoh atau plastisin.
  • Biarkan adonan tetap kering caranya dengan diangin-anginkan saja
  • Adonan memiliki sifat tidak bisa disimpan terlalu lama, namun apabila ingin menyimpannya lebih lama anda dapat menambahkan garam atau sedikit pengawet makanan.
  • jika telah keras dan terlalu kering, berarti adonan yang telah dibuat sebelumnya tidak bisa digunakan kembali, namun jangan khawatir karena anda dapat mudah membuatnya kembali dengan mudah.

Akhir kata

Demikianlah cara membuat lempung terigu kelas 1 SD yang dapat diuraikan chemistricks. semoga bermanfaat untuk kalian ya.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "CARA MEMBUAT LEMPUNG TERIGU KELAS 1 SD"