Buluh Maknanya Kelas 2 SD

Halo sobat chemistricks, jumpa lagi dengan artikel artikel chemistricks yang membahas materi dan pembahasan soal untuk SD ya. Pada post kali ini chemistricks akan menunjukkan kepadamu tentang MAKNA KATA BULUH, POTONG, TIMBANG, RAUT DAN RIANG, yang terdapat pada buku TEMA 5 KELAS 2 HALAMAN 105.

Teman-teman bisa menyimak hingga akhir artikel untuk mendapatkan jawaban dari kelima makna kata di atas. Baiklah tanpa berlama-lama mari kita buka buku tema 5 tersebut untuk memulai pembahasannya.

Pada halaman 105 tersebut, kita diminta untuk mencermati teks dan sebuah potongan lagu.

Sebagaimana tertulis sebagai berikut:

Perhatikan kata-kata berikut! Diskusikan maknanya dengan temanmu! Pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 2 halaman 105, tepatnya pada materi pembelajaran 5 subtema 2 Pengalamanku di Sekolah, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Ayo Membaca!

Perhatikan lagu “Layang-Layang?” berikut ini dengan membaca teks lagu, sebagai berikut. Bacalah seperti puisi!

Layang-Layang
(Ciptaan: Mandong Lubis)

Kuambil buluh sebatang
Kupotong sama panjang
Kuraut dan kutimbang
dengan benang
Kujadikan layang layang
Bermain…berlari
Bermain layang layang
Bermain kubawa ke tanah lapang
Hatiku riang dan senang

Setelah mencermati dan menyanyikan lagu di atas, langkah berikutnya adalah silahkan simak temanmu secara bergantia saat membaca, mempuisikan dan menyanyikan lagu di atas! Berikan tanggapanmu. Gunakan bahasa yang sopan.

Ayo Berdiskusi!

Perhatikan kata-kata yang terdapat pada tabel berikut ini kemudian diskusikan maknanya dengan temanmu!

Jawaban

NoKataMaknanya
1BuluhBuluh adalah tanaman yang berumpun dan memiliki akar serabut dengan batang yang beruas-ruas, keras, berongga dan sebagainya. KBBI menjabarkan lebih lanjut tentang buluh ini, sebagai contoh contoh buluh adalah misalnya berupa bambu.
2PotongPotong berarti memenggal, mengerat, kerat dan lain sebagainya. Potong dalam makna lagu di atas artinya memisahkan/membagi buluh yang telah disiapkan tadi menjadi dua bagian sama panjang.
3TimbangTimbang berarti kegiatan untuk menjadikan kedua buah bagian menjadi tidak berat sebelah, dan memiliki berat yang sama./seimbang.
4RautRaut memiliki makna menghaluskan, melicinkan, meruncingkan. Alat yang digunakan untuk meraut misalnya menggunakan pisau, cutter, arit  dan sebagainya.
5RiangRiang memiliki makna perasaan hati yang girang sekali, gembira, bersuka ria, suka hati dan lain sebagainya. dalam konteks lagu di atas, dengan bermain layang-layang maka membawa kegembiraan bagi anak-anak ketika bermain layang layang

Akhir Kata

Demikianlah ulasan chemistricks tentang kunci jawaban Makna Kata Buluh, Potong, Timbang, Raut dan Riang yang terdapat pada tema 5 kelas 2 SD/MI di buku paket tematik siswa halaman 105. Semoga ulasan chemistricks berguna bagi kalian. Sampai jumpa di artikel berikutnya. jangan lupa belajar dan membaca artikel lain di chemistricks.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Buluh Maknanya Kelas 2 SD"