Bagian Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Kelas 4 Sd

Hai sobat chemistricks, jumpa lagi dengan artikel pelajaran SD. Pada post kali ini chemistricks akan mencoba menjelaskan kepada kalian tentang  Bagian Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Kelas 4 Sd.

Nah sebelumnya chemistricks ingin mengajukan pertanyaan awal terlebih dahulu, tahukah kamu bahwa tumbuhan mempunyai bagian tubuh yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangbiakannya? Lalu, apa saja bagian tumbuhan?

Yup, benar sekali. Bagian tumbuhan terdiri dari beberapa macam, yaitu akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Bagian tersebut dibedakan menjadi dua jenis organ, sob. Yaitu, organ generatif dan vegetatif. Bisakah kalian membedakannya? Apa arti dari keduanya?

Organ Vegetatif

Organ vegetatif diartikan sebagai organ yang memiliki fungsi mendukung pertumbuhan dan perkembangan, khususnya untuk penyerapan, pengolahan, pengangkutan, dan penimbunan zat makanan pada tumbuhan.

Organ Genaratif

Sementara itu, organ generatif diartikan sebagai organ yang berfungsi bagi perkembangbiakan tumbuhan.

sehingga, bagian-bagian tumbuhan diatas dapat dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan fungsinya.

Chemistricks mengajak kalian untuk menyimak buku tematik kelas 4 SD tema 3, dimana teman teman diajak untuk mempelajari bagian tumbuhan beserta fungsinya.

Terdapat sebuah pertanyaan yang dikemukakan, yaitu, identifikasi dan tuliskan setiap bagian tumbuhan berikut fungsinya.

Kunci jawaban

Chemistricks mengajak teman teman untuk mengulas lebih lanjut, mari kita temukan kunci jawaban pertanyaan tersebut dari penjelasan berikut ini!

1. Akar

Akar pada tumbuhan memiliki fungsi yang vital yaitu menyokong tumbuhan dalam hal ini membantu proses menyerap air dan garam mineral. Selain itu akar juga berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan tertentu.

Akar berfungsi menyokong tumbuhan, memiliki maksud berarti akar dapat menahan tumbuhan tetap berdiri walaupun diterpa angin atau hanyut terbawa air hujan.

Pada beberapa jenis umbi-umbian akar berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan.

Akar dibedakan menjadi dua macam yautu akar tunggang dan akar serabut. Akar tunggang biasanya terdaat pada tumbuhan dikotil (biji berkeping dua), sedangkan akar serabut terdapat pada tumbuhan monokotil (biji berkeping satu).

2. Batang

Batang merupakan bagian tumbuhan yang fungsi untuk menegakkan tumbuhan, menghubungkan akar dan daun, serta sebagai cadangan makanan pada tumbuhan.

Batang juga memiliki fungsi lainnya yaitu sebagai jalur jalannya sari-sari makanan hasil fotosintesis untuk disebarkan ke seluruh bagian tumbuhan.

Ciri-ciri batang diantaranya terdapat buku-buku yang berfungsi sebagai tempat melekatnya daun.

3. Daun

Daun merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi untuk tempat terjadinya fotosintesis pada tumbuhan.

Pada daun terdapat klorofil atau zat hijau daun, zat ii digunakan untuk membantu fotosintesis utuk memproduksi oksigen dan makanan bagi tumbuhnan.

4. Bunga

Bunga dikatakan lengkap apabila memiliki kelopak, mahkota, benang sari, dan putik. Sedangkan bunga tidak lengkap, berarti salah satu dari empat bagian tersebut tidak dijumpai pada bungan.

Berdasarkan alat kelaminnya, bunga terdiri dari 3 jenis, diantarnya bunga sempurna, memiliki benang sari dan putik.

Bunga jantan, hanya mempunyai benang sari saja sedangkan betina, hanya memiliki putik. Adapun sebagai alat perkembangbiakannya ini berfungsi untuk tumbuhan berkembang biak.

5. Buah

Buah merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, membungkus dan melindungi biji.

Pada bagian putik yang berada di struktur bunga, ada tiga bagian putik, yaitu kepala putik (stigma), tangkai putik (stilus), dan bakal buah (ovarium).

Bakal buah akan berkembang menjadi buah, bakal biji akan berkembang menjadi biji.

6. Biji

Biji merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi menyimpan cadangan makanan, alat perkembangbiakan, dan pembentuk tumbuhan baru. Biji berasal dari bakal biji, sedangkan biji sendiri dapat dibedakan menjadi dua, yaitu biji terbuka dan biji tertutup.

Biji terbuka (gymnospermae) adalah tumbuhan yang bijinya tidak tertutup bakal buah sedangkan biji tertutup (angiospermae) adalah tumbuhan yang bijinya tertutup dan memiliki bunga.

Penutup

Demikianlah ulasan chemistricks tentang Bagian Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Kelas 4 Sd. semoga bermanfaat.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Bagian Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Kelas 4 Sd"