Review ASUS ROG Fusion II 500

Ulasan ASUS ROG Fusion II 500

Untuk memenangkan permainan, banyak faktor yang akan mempengaruhi seorang gamer selama bermain. Oleh karena itu, memilih perlengkapan yang tepat untuk bermain game secara kompetitif bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan sembarangan.

Selain mouse, keyboard, dan monitor, headset juga menjadi salah satu perlengkapan terpenting bagi para gamer. Soalnya, menggunakan headset dengan kualitas Yang Baik Kadang-kadang dapat menentukan seseorang’s menang atau kalah.

OIeh karena itu, ASUS memiliki headset gaming baru yang ditujukan untuk para gamer bernama Rog Fusion II 500. Mereka mengklaim, headset ini memiliki kualitas suara yang bagus sehingga cocok untuk para gamer. Dan kali ini, kita akan membahas pengalaman kita dalam menggunakan headset gaming yang satu ini. Menurut pendapat kami, posisi headset ini jatuh dalam kategori antara tingkat menengah ke gamer pro.

Desain dan kualitas produk

Secara desain sendiri, headset ini sekilas tidak tampak seperti headset gaming. Soalnya, ASUS memberikan aksen hitam matte tanpa aksen RGB dalam kondisi tidak terpakai.

Namun, headset gaming ini akan terlihat sangat cerah saat Anda mencolokkan kabel USB ke perangkat Anda. Baru kemudian headset ini terlihat seperti kebanyakan headset gaming ASUS.

Bodi headset ini juga terasa kokoh. Perumahan plastik dari ROG Fusion II 500 terasa premium, dan doesn’t tampaknya mudah pecah. Mereka juga menggunakan bahan logam yang cukup kokoh untuk ikat kepala perangkat ini.

Apa yang membuat kami sedikit memuji ASUS tentang perangkat ini adalah mereka sangat memperhatikan detail kecil di perangkat ini. Soalnya, saat Anda menarik headset ke bawah, ikat kepala perangkat ini memiliki logo ROG yang terukir di atasnya.

Busa pada ikat kepala perangkat ini juga sangat nyaman. Busa terasa tebal dan premium. Hal ini membuat kita merasa tidak suka memakai headset meski bobot Rog Fusion II 500 tidak ringan.

Sedangkan busa earcup pada perangkat ini juga terasa sangat lembut. Bahan bantalannya juga terasa premium. Meskipun dipakai untuk waktu yang lama, itu tidak menyebabkan bagian luar telinga kita sakit atau berkeringat.

Spesifikasi dan fitur

Dalam paket penjualan, ASUS juga menyediakan earcup cadangan. Selain itu, ada juga beberapa kabel, seperti kabel USB Type-C ke Type-C sepanjang 1,5 meter, kabel 3,5 mm sepanjang 1,5 meter, dan adaptor Type-C ke Type-A.

ASUS mengklaim, Rog Fusion II 500 dapat dengan mudah terhubung dengan berbagai perangkat, termasuk PC, Smartphone, PlayStation, Xbox, dan Switch dengan sangat mudah.

Namun, dalam pengalaman pengujian kami, meskipun kompatibel dengan berbagai konsol dan smartphone, headset ini paling optimal untuk digunakan pada PC atau laptop. Soalnya, pengguna akan mendapatkan akses penuh ke pengaturan yang ada.

Di sisi lain, berbicara tentang kualitas suara, kita harus mengakui bahwa headset gaming ini memiliki suara yang bagus. Suaranya jernih dan memiliki presisi tinggi, karena menggunakan driver 50mm.

Mereka juga menggunakan magnet Neodymium untuk memberikan kualitas suara terbaik. Hasilnya, headset ini memiliki impedansi 32 Ohm dengan respons frekuensi 20 hingga 40000 Hz.

Untuk gamer, mungkin mereka akan puas hanya menggunakan kabel USB C ke C langsung ke laptop atau PC gaming mereka. Apa & rsquor; s lebih,di hari ini dan usia, produsen perangkat keras telah memasukkan komponen audio high-end di motherboard mereka.

Selain itu, headset ini juga diklaim memiliki DAC yang disematkan. Memang, kita harus mengakui bahwa pementasan suara headset ini ketika menggunakan kabel USB C ke C cukup baik. Bass terdengar cukup keras dan tidak berlebihan.

Kualitas menengah ke bawah juga cukup seimbang. Namun, kami merasa di atas terasa sedikit kurang. Namun, Anda dapat menyesuaikan EQ headset ini menggunakan aplikasi Armory Crate. Dalam aplikasi ini Anda juga dapat menyesuaikan RGB dan beberapa fitur lainnya.

Rog Fusion II 500 juga dilengkapi dengan fitur surround virtual 7.1. Fitur ini cukup menarik terutama untuk beberapa game FPS, karena kita dapat dengan jelas menebak dari mana musuh berasal dari mana suara itu berasal.

Begitu juga saat kami menguji headset ini untuk menonton film. Perangkat lunak headset & rsquor dapat menentukan dari mana suara itu berasal, memberikan pengalaman menonton yang lebih mendalam.

Dan karena Rog Fusion II 500 adalah headset gaming, Perusahaan Taiwan ini juga menyematkan mikrofon yang cukup bagus. Mic yang ada di perangkat ini menggunakan tipe omnidirectional dengan fitur noise canceling AI yang sangat baik.

Mic ini juga dapat bekerja dengan baik di beberapa aplikasi voice chat maupun aplikasi video conferencing. Fitur pembatalan derau AI pada perangkat ini sangat baik saat digunakan untuk melakukan panggilan rapat Zoom.

Suara konstruksi di sekitar lokasi pengujian dapat diredam dengan baik. Ini cukup penting karena saat bermain game, kita perlu berkomunikasi dengan sangat baik antara satu pemain dengan pemain lainnya.

Sekarang untuk kemudahan penggunaan, ASUS juga telah menyematkan beberapa tombol pintas pada ROG Fusion II 500. Di sebelah kiri ada pintasan untuk menambah dan mengurangi volume, mematikan atau menghidupkan suara surround, serta tombol bisu untuk membunyikan mikrofon.

Sementara di sebelah kanan, ada opsi untuk mengubah mode audio dari mode game ke mode obrolan. Sementara itu, untuk mengubah penyesuaian perangkat yang digunakan, Anda dapat melakukan pengaturan dengan mengklik tombol di sisi kanan perangkat.

Kesimpulan

Ini sebenarnya agak sulit bagi kita untuk memutuskan bahwa ASUS ROG Fusion II 500 lebih cocok untuk jatuh ke dalam tingkat menengah atau kategori pro gamer.

Namun, harus diakui bahwa headset gaming ini lebih cocok untuk digunakan pada PC. Salah satunya adalah karena kita hanya akan mendapatkan kontrol penuh dari perangkat ini melalui perangkat lunak pada PC.

Untuk kualitas suara dan mic itu sendiri, kita harus memberikan dua jempol. Suara yang dihasilkan sangat bagus, terutama saat mensimulasikan 7.1 surround. Pembatalan kebisingan untuk mikrofon itu sendiri juga berfungsi dengan baik.

Kelemahan yang kami rasakan adalah bahwa dengan kisaran harga ini, ASUS harus menjadikan ROG Fusion II 500 sebagai headset nirkabel. Soalnya, semakin banyak gamer yang memilih untuk menggunakan headset nirkabel saat bermain game.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Review ASUS ROG Fusion II 500"