Review Garmin Fenix 7x Sapphire Solar

Ulasan Garmin Fenix 7x Sapphire Solar

Garmin telah membawa seri premium terbarunya, Fenix 7, ke Indonesia. Seri ini terdiri dari Fenix 7, Fenix 7s, dan Fenix 7x yang dilengkapi dengan Sapphire Solar display untuk daya tahan tampilan yang kuat dan kemampuan pengisian solar.

Spesifikasi dan fitur yang disematkan pada seri ini sangat lengkap untuk mendukung aktivitas di luar ruangan dari yang ringan hingga yang berat.

Desain

Di antara 3 peringkat dalam seri, Garmin Fenix 7x Sapphire Solar adalah salah satu yang mendarat di Tek.id meja editorial. Smartwatch ini merupakan yang terbesar di antara model lainnya dalam hal ukuran dial, yaitu 51 mm. sementara itu, layarnya sangat luas berukuran 1,3 inci sehingga informasi pesan atau notifikasi yang masuk bisa tampil lebih lengkap di layar.

Dibandingkan dengan pendahulunya, Fenix 7x Sapphire Solar menerima peningkatan untuk kemampuan layar sentuh. Pengguna sekarang dapat dengan mudah mengelola dan mengakses Menu Di Jam tangan pintar mereka, tanpa harus menekan tombol. Namun, perusahaan masih menyediakan opsi tombol jika pengguna melakukan aktivitas intens untuk menghindari menyentuh layar secara tidak sengaja.

Bezel pada smartwatch membawa titanium yang tentunya memberikan kekuatan lebih tinggi terhadap benturan. Desain titanium ini juga memberikan sentuhan premium pada jam tangan pintar, memberikan variasi warna hitam yang halus.

Selain bezel, daya tahan Fenix 7x Sapphire Solar juga diberikan pada layar yang menggunakan layar Power Sapphire, sesuai dengan namanya. Layarnya terbuat dari kristal safir kelas atas yang memberikan tingkat ketahanan gores dan kinerja anti-silau yang tinggi. Digunakan di luar ruangan, layar jam tangan pintar ini masih bisa dilihat dengan jelas, ditambah lagi layar yang selalu menyala. Jadi, Jam tangan pintar selalu siap ketika pengguna ingin melihat informasi apa pun.

Secara keseluruhan, Garmin Fenix 7x Sapphire memiliki desain yang sangat macho! Untuk alasan ini, kami pikir Jam tangan pintar ini lebih cocok untuk pengguna pria dengan pergelangan tangan besar. Ukuran dial sangat besar, tidak akan nyaman jika dipaksa dipakai oleh orang-orang dengan pergelangan tangan kecil. Sebagai gantinya, mungkin Anda bisa memilih Fenix 7S dengan ukuran yang lebih kecil, yaitu 42 mm.

Kinerja dan operasi

Mirip dengan Jam Tangan Pintar Garmin lainnya, Fenix 7x Sapphire Solar juga dapat dihubungkan ke aplikasi Garmin Connect, yang dapat diunduh dari Google Play Store atau App Store. Integrasi antara jam tangan pintar dan aplikasi memungkinkan sinkronisasi data yang lebih rinci seperti kebugaran dan olahraga, serta menampilkan pemberitahuan masuk ke telepon.

Tidak hanya pemberitahuan pesan, tetapi ini juga termasuk panggilan audio, serta pemberitahuan untuk aplikasi lain di ponsel Anda. Sayangnya, jam tangan pintar belum memiliki kemampuan untuk menerima atau menolak panggilan audio dan membalas pesan dengan penyesuaiannya sendiri. Pesan hanya dapat dibalas dengan template yang tersedia di layar smartwatch.

Cara mengoperasikan Fenix 7x Sapphire Solar menggunakan layar sentuh cukup mudah. Dengan menggesek ke atas dan ke bawah, Anda akan melihat daftar menu, seperti aktivitas terbaru Anda, penghitung langkah, Kalender, Pemberitahuan, ABC, intensitas matahari, dan banyak lagi. Menu juga dapat ditambahkan dengan menekan opsi Edit, setelah itu Anda dapat memilih fitur yang ingin Anda sertakan pada layar menu. Sementara itu, untuk beralih ke mode olahraga, cukup tekan tombol di pojok kanan atas, maka daftar mode olahraga akan muncul.

Fitur yang disematkan pada Fenix 7x Sapphire Solar sangat lengkap. Jam tangan pintar dilengkapi dengan sensor tekanan udara (barometer), yang juga dapat mengukur ketinggian atau disebut altimeter. Fitur ini biasanya dilengkapi dengan kompas elektronik tiga sumbu dan disebut sensor ABC. Fitur ini akan sangat berguna bagi pecinta olahraga luar ruangan, seperti trekking dan hiking.

Masih seputar fitur olahraga luar ruangan, Fenix 7x Sapphire Solar adalah jam tangan pintar pertama dengan senter built-in. Tidak main-main, cahaya tidak datang dari layar, tetapi sebenarnya senter disematkan di sisi atas dekat tali. Intensitas cahaya yang dihasilkan dapat menembus kegelapan malam, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Untuk kegiatan olahraga outdoor di malam hari, senter ini akan sangat berguna. Jam tangan pintar juga menyediakan senter ini secara otomatis ketika pengguna beralih ke mode olahraga lari.

Fitur canggih lainnya dari Fenix 7x Sapphire Solar adalah pemosisian Multi-GNSS yang terdiri dari GPS, GLONASS, dan Galileo. Ini memberikan akurasi lokasi yang lebih tinggi untuk navigasi peta dalam berbagai kondisi. Uniknya, fitur navigasi di smartwatch dapat membantu pengguna menemukan SPBU, Restoran, Rumah Sakit, Pusat perbelanjaan, hingga tempat rekreasi di sekitarnya.

Baterai

Hal lain yang membuat jam tangan pintar ini layak disebut premium adalah masa pakai baterainya. Perusahaan mengklaim bahwa jam tangan pintar dapat bertahan hingga 28 hari dan 90 hari dengan mode hemat. Berdasarkan pengujian, selama 6 hari penggunaan daya terkuras adalah 22%.

Plus, Fenix 7x Sapphire Solar Dapat Diisi baik oleh tenaga surya atau sinar matahari. Sensor pengisian tenaga surya ini ditempatkan pada lapisan layar sehingga mudah menyerap cahaya. Selama digunakan di luar ruangan dan terkena sinar matahari, Jam tangan pintar akan mengisi daya secara otomatis.

Kesimpulan

Garmin Fenix 7x Sapphire Solar layak disebut sebagai jam tangan pintar premium. Mulai dari fitur, daya tahan, hingga baterai yang benar-benar lengkap dan kelas atas. Sebagai jam tangan pintar pertama yang dilengkapi dengan senter built-in, Fenix 7x sangat mendukung kebutuhan orang-orang yang menyukai olahraga luar ruangan yang ekstrem, ditambah mode olahraga yang lengkap. Daya tahan baterai juga merupakan nilai tambah pada jam tangan pintar ini.

Sayangnya, ukuran dial terlalu besar dan jam tangan pintar belum mendukung kemampuan untuk menerima dan menolak panggilan audio. Terakhir, Garmin Fenix 7x Sapphire Solar dengan harga $999,99.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Review Garmin Fenix 7x Sapphire Solar"