Review Laptop: Dell Concept Luna, Laptop Tahan Lama Ramah Lingkungan

Laptop ini dirancang agar lebih tahan lama, mudah dibongkar, dan mudah diperbaiki, mengurangi penggunaan sumber daya

Konsep Desain

Dell mengumumkan konsep desain laptop ramah lingkungan yang disebut Dell Concept Luna. Laptop ini dirancang agar lebih tahan lama, mudah dibongkar, dan mudah diperbaiki, mengurangi penggunaan sumber daya.

Laptop ini dibuat menggunakan bahan yang lebih melingkar yang dapat digunakan. Konsep ini dibuat untuk menguji bahan apa yang mungkin dan tidak mungkin diproduksi dan dijual.

Dell mengatakan bahwa jika semua ide dari Laptop Concept Luna dapat direalisasikan, perusahaan dapat mengurangi jejak karbon produk Dell hingga 50%.

“Dengan meningkatnya kekhawatiran tentang krisis iklim, limbah elektronik, dan kendala sumber daya, pertanyaan kami adalah bagaimana kami dapat mendorong penggunaan kembali dan secara signifikan mengurangi jejak karbon produk Dell,” Kata Glen Robson, Chief Technology Officer, Client. Grup Solusi.

Mudah diperbaiki oleh Pengguna

Concept Luna, adalah laptop yang dirancang oleh tim desain Dell yang memiliki sejumlah fitur “tidak biasa”. Bagaimana Tidak, komputer portable ini dibuat untuk memudahkan pengguna dalam memperbaiki dan merawatnya, sehingga menjadi laptop yang tahan lama.

Misalnya, ketika pengguna dipaksa untuk mengganti keyboard yang rusak atau layar yang retak. Kedua komponen dapat dilepas tanpa bantuan obeng atau pemanas lem, karena pengguna cukup melepas batu kunci yang menahannya di tempatnya.

Dell mengklaim, mereka berhasil mengurangi jumlah baut pada laptop hingga 10 kali pada konsep Luna. Jika dihitung, total hanya ada empat baut untuk mengakses komponen internal secara keseluruhan.

Artinya, Waktu perbaikan (pembongkaran, perbaikan, dan pemasangan ulang komponen utama) hanya mencapai sekitar 1,5 jam atau 16 kali lebih cepat dari waktu servis produk sejenis saat ini.

Laptop yang tahan lama

Tidak hanya itu, laptop Tahan lama ini juga memiliki motherboard dengan ukuran yang kecil dan kompak. Dell berhasil mengurangi ukuran total motherboard menjadi 75% dan mengurangi jumlah komponen di dalamnya sekitar 20%.

Keberhasilan ini tidak lepas dari desain ulang tata letak semua komponen oleh perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini. Dell memindahkan motherboard yang dikurangi ke penutup atas membawanya lebih dekat ke area permukaan yang lebih besar dan terkena udara dingin dari luar laptop.

Kemudian, pisahkan motherboard dengan unit pengisian baterai di bagian bawah untuk memberikan distribusi panas pasif yang lebih baik, yang dapat sepenuhnya menghilangkan kebutuhan untuk penggunaan tanpa kipas.

Semua efisiensi ini dapat secara signifikan mengurangi kebutuhan daya total, membuka jalan bagi baterai yang lebih kecil dengan sel siklus dalam yang tetap cukup kuat untuk penggunaan sehari-hari.

“Diperkirakan jejak karbon motherboard dapat dikurangi hingga 50%,” jelas Dell.

Untuk memaksimalkan impian emisi karbon yang lebih rendah di lini produknya, laptop Concept Luna dibuat oleh Dell menggunakan sasis aluminium yang diproses menggunakan tenaga air. Sasis dibangun dengan konstruksi aluminium dicap yang membutuhkan lebih sedikit energi dan lebih sedikit limbah.

“Ide Concept Luna dan perkembangan masa depan serta upaya lain yang kami lakukan dimaksudkan untuk terus membangun kepemimpinan ekonomi sirkular yang sudah ada di seluruh portofolio produk Dell saat ini,” tutup Robson.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Review Laptop: Dell Concept Luna, Laptop Tahan Lama Ramah Lingkungan"