Review Laptop: ASUS Vivobook Pro 14 OLED Series

Meningkatnya tren dan konsumsi konten digital telah membuat permintaan laptop khusus untuk pembuat konten lebih tinggi, terutama dalam beberapa tahun terakhir. Tidak hanya laptop gaming, kini ASUS menyediakan beberapa pilihan terbarunya, termasuk seri VivoBook Pro 14 OLED yang hadir dengan harga yang cukup terjangkau.

Ya, semakin lama berlangsung, seri Vivobook tampaknya terus meningkat di kelas. Seri yang terjangkau itu sendiri akan tetap hadir untuk memenuhi kebutuhan perangkat entry-class. Seri VivoBook Pro 14 OLED sendiri hadir untuk memenuhi kebutuhan berbagai jenis pengguna. Mulai dari pelajar hingga profesional muda yang membutuhkan performa ekstra dari laptop dengan budget puluhan juta.

Varian seri laptop

Seri VivoBook Pro 14 OLED sendiri hadir dalam tiga varian berbeda, di antaranya yang terbaik adalah seri Vivobook Pro 14x dengan GPU NVIDIA terbaik di kelasnya. Sementara itu, untuk pilihan yang lebih terjangkau atau dengan layar yang lebih besar, seri OLED Vivobook Pro 14/15 disiapkan yang tidak kalah kuat.

Sesuai namanya, Gizmo friends sudah bisa menebak salah satu nilai jual utama VivoBook Pro 14x OLED. Ya, pada panel layar yang digunakan, telah dibuat setara dengan seri Zenbook terbaru dan tentu saja akan merusak pembuat konten. Selain memiliki saturasi terbaik, panel OLED divalidasi oleh PANTONE, sehingga memiliki akurasi warna terbaik.

Lebih nyaman pada mata

Mendukung standar DCI-P3 100%, layar OLED ASUS juga lebih sehat untuk mata, memberikan warna yang lebih jelas dalam kecerahan rendah, ditambah kontras tinggi dengan warna hitam pekat. Tidak perlu takut burn-in, karena Samsung telah menyiapkan beberapa teknologi khusus agar panel tetap prima untuk penggunaan jangka panjang.

Resolusinya sendiri mencapai 2.8 K dengan refresh rate 90Hz, ditambah empat bezel tipis dengan rasio layar-ke-tubuh 86%. Beratnya kurang dari 1,5 kilogram, sehingga cukup portabel meskipun panel bodi luar utama menggunakan logam. Vivobook Pro 14x OLED juga merupakan salah satu VivoBook pertama yang menampilkan penutup webcam berbasis perangkat keras.

Spesifikasi mumpuni

Kemudian untuk spesifikasinya, opsi CPU diberikan hingga Core i7-11370h alias generasi ke-11, lengkap dengan opsi RAM 16GB, SSD 1TB, ditambah GPU NVIDIA RTX 3050. Dan untuk mendukung produktivitas, DialPad virtual disediakan yang hadir sebagai pintasan tambahan – sempurna saat dipasangkan dengan aplikasi seperti Lightroom Classic dan sejenisnya.

Mendukung Wi-Fi 6, konektivitas cukup memadai, termasuk slot kartu microSD hingga Thunderbolt 4. Kemudian untuk menjaga performa tetap terjaga, sematkan dua kipas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan mereka melalui aplikasi ProArt Creative Hub.

Kemudian dua varian lainnya praktis serupa, hanya berbeda dalam dimensi dan GPU. Perbedaan utama antara Vivobook Pro 14 & 15 dibandingkan dengan varian 14x adalah tidak adanya fitur ZenPad pada touchpad. Sisanya hampir sama, termasuk dua pilihan warna serta aksen menarik pada beberapa tombol dan logo ASUS yang unik di bagian luar bodi.

Semua varian Asus Vivobook Pro 14 & 15 OLED dirancang agar sesuai untuk panggilan suara, berkat teknologi peredam bising AI yang dapat mengurangi kebisingan sekitar. Ditambah dengan speaker stereo yang disempurnakan oleh Harman Kardon. Dan untuk fitur keamanan, selain penutup webcam, sensor sidik jari juga tertanam yang termasuk dalam tombol power.

Jika layar OLED Vivobook Pro 14 masih sama dengan layar 14x, ada sedikit perbedaan pada layar seri Vivobook Pro 15, yaitu resolusinya turun ke full HD, dan refresh rate 60Hz. Dan untuk GPU, varian Pro 14 OLED menggunakan NVIDIA GTX 1650, sedangkan Pro 15 OLED sama dengan seri Pro 14x OLED alias RTX 3050.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Review Laptop: ASUS Vivobook Pro 14 OLED Series"