Apple rilis Aplikasi Air Tag Tracker untuk pengguna Android

Air Tag Tracker

Apple merilis aplikasi bernama “Tracker Detect” yang ditujukan untuk pengguna Android. Aplikasi ini dirancang untuk membantu pengguna yang tidak memiliki perangkat Apple untuk dapat melacak keberadaan AirTag atau perangkat lain yang didukung oleh sensor Find My yang tidak dikenal di sekitar mereka.

Salah satu tujuan dari Aplikasi ini adalah untuk menjaga privasi. Seperti diketahui, AirTag dapat disematkan pada semua jenis barang, seperti tas, dompet, atau lainnya untuk menandai dan memudahkan pemiliknya jika barang tersebut hilang. Pelacakan AirTag dilakukan menggunakan teknologi Find My Network Apple.

Namun, kemampuan AirTag dinilai berpotensi disalahgunakan untuk melacak atau menguntit orang lain. Itu karena Find My Network sekarang dilaporkan memiliki lebih dari 1 miliar iPhone dan perangkat aktif lainnya. Perangkat diam-diam berbagi lokasi AirTags atau perangkat Find My-enabled lainnya di sekitarnya.

Jadi, jika pengguna merasa sedang diikuti oleh orang lain yang menggunakan AirTag atau perangkat serupa, mereka dapat menggunakan Tracker Detect di smartphone Android mereka untuk memindai Airtag atau perangkat serupa di sekitar mereka.

Jika perangkat Android mendeteksi itu berhasil, peringatan akan muncul mengatakan”Unknown AirTag”. Jika AirTag yang terdeteksi diketahui telah mengikuti pengguna selama 10 menit, pengguna dapat menyalakan suara pada perangkat untuk melacaknya.

Dari sana, pengguna akan diarahkan apa yang harus dilakukan dan bagaimana menonaktifkannya dengan melepas baterai pada AirTag yang melacaknya. Selain itu, Apple juga menyarankan pengguna untuk segera menghubungi penegak hukum jika keselamatan mereka terancam dengan melacak dari AirTag yang tidak dikenal.

Tangkapan layar Apple / Tech Crunch seperti apa tampilan aplikasi Tracker Detect ketika mendeteksi AirTag yang mungkin melacak pengguna. Seorang juru bicara Apple mengatakan, Tracker Detect diperkenalkan untuk meningkatkan keamanan privasi Menggunakan AirTag pada perangkat Android.

“Tracker Detect memberi pengguna Android Kemampuan untuk memindai AirTags atau perangkat lain yang mendukung Find My, yang telah melacaknya tanpa diketahui,”kata perwakilan Apple. “Kami meningkatkan standar privasi bagi pengguna dan industri kami, dan berharap orang lain akan mengikutinya.”

Tidak hanya untuk membantu menjaga privasi, aplikasi Tracker Detect juga berfungsi untuk membantu melacak keberadaan barang atau perangkat yang disematkan AirTag yang memiliki sensor serupa.

“Pelacak item ini termasuk AirTags dan perangkat lain yang kompatibel dari perusahaan lain. Jika Anda berpikir seseorang menggunakan AirTag atau perangkat lain untuk melacak lokasi Anda, Anda dapat memindai untuk mencoba menemukannya,” membaca deskripsi aplikasi Tracker Detect yang diposting di Google Play Store.

Aplikasi ini dapat diunduh oleh pengguna Android melalui Play Store di tautan berikut. Apple sebenarnya telah menambahkan peringatan di aplikasi Find My jika mendeteksi AirTag milik orang yang tidak dikenal saat melacak lokasi pengguna.

Aplikasi Find My sendiri digunakan untuk membantu melacak lokasi perangkat Apple, seperti iPhone, iPad, dan Mac dari jarak jauh. Namun, Apple dikritik karena layanan tersebut tidak tersedia untuk pengguna non-iOS. Bahkan, pelacakan lokasi menggunakan AirTag juga bisa dilakukan di perangkat Android.

Aplikasi Tracker Detect mengharuskan pengguna untuk secara aktif memindai perangkat untuk mengidentifikasi pemiliknya. Tracker Detect tidak mengharuskan pengguna memiliki akun Apple untuk mendeteksi AirTags dan perangkat lain.

Setiap pengguna dengan ponsel berkemampuan NFC dapat melacak dan menerima instruksi tentang cara mengembalikan AirTag atau perangkat lain kepada pemiliknya. Sementara itu, Apple mengatakan bahwa semua interaksi dalam aplikasi ini akan dienkripsi.

Anda harus mereset AirTag jika ingin memberikannya kepada orang lain untuk digunakan.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Apple rilis Aplikasi Air Tag Tracker untuk pengguna Android"