Komponen Utama Komputer

komponen utama komputer

Komputer merupakan perangkat yang kerap kali kita gunakan dan andalkan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan. Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang digunakan untuk membantu kita menyelesaikan pekerjaan.  Komputer pertama kali dirancang oleh seseorang bernama Charles Babbage pada tahun 1897.

Hingga saat ini, hasil rancangannya terus mengalami perkembangan yang semakin disempurnakan, ukurannya pun semakin kecil dan ringan. Pada post kali ini akan dibahas tiga komponen utama komputer, meliputi hardware, software, dan brainware.

Masing-masing komponen memiliki fungsi yang berbeda namun membentuk satu kesatuan sistem yang utuh, hingga salah satunya tidak dapat dihilangkan. Apabila itu terjadi, pasti komputer tidak akan berfungsi dengan baik. Berikut ulasan komponen utama komputer

1. Hardware

Hardware merupakan perangkat keras yang mempunyai bentuk fisik. Hardware bisa dioperasikan secara langsung dan berfungsi sebagai penghubung antara user computer dengan sistem komputer.

Terdapat beberapa contoh hardware, misalnya mouse, keyboard, monitor, RAM, dan lain-lain.
Hardware dapat dibagi menjadi empat bagian, diantaranya input device, output device, processing device, dan storage device.

Keempat komponen yang termasuk dalam kelompok hardware tersebut memiliki fungsinya yang berbeda-neda. Berikut fungsi masing-masing komponen berupa hardware.

a. Input Device

Input device atau perangkat masukkan merupakan jenis perangkat keras. Fungsinya adalah sebagai masukan perintah dan data ke dalam sistem komputer. Sederhananya, input device merupakan pintu masuk bagi data yang diinput untuk kemudian diolah oleh sistem komputer. Data yang diinput akan diubah dan diproses menjadi kode yang dibaca oleh memori utama komputer. Beberapa contoh dari input device adalah keyboard, mouse, webcam, serta scanner.

b. Processing Device

Processing device merupakan data yang dimasukkan melalui input device. Selanjutnya data tersebut diproses dan diolah pada komponen processing device (pengolah data).

Proses ini secara khusus dilakukan oleh Central Processing Unit (CPU), sebagai sebagai otak dari sistem komputer.
CPU berfungsi menerima dan menjalankan data perintah ke bagian perangkat lunak (software). Contoh komponen dari CPU antara lain prosesor, RAM, kartu grafis (VGA), harddisk, motherboard, dan cooling fan.

c. Output Device

Output Device merpakan hasil pengolahan data yang diproses dalam processing device untuk kemudian ditampilkan kepada user computer. Data yang diolah tersebut berupa gambar, video, serta suara.
Proses pada output device akan ditampilkan dalam monitor, printer, headphone, speaker, webcam dan mikrofon.

d. Storage Device

Storage device merupakan komponen penyimpan data user. Ketika proses pengolahan data berlangsung, dibutuhkan sebuah wadah untuk menyimpan data. Ada kalanya, data yang telah disimpan hendak dibuka kembali untuk direvisi, dilakukan editing, atau dilanjutkan kembali proses sebelumnya di kemudian hari. Perangkat yang digunakan untuk ruang penyimpanan tersebut adalah berupa storage device atau perangkat penyimpanan.

Storage device terdiri dari dua jenis, yaitu internal storage dan eksternal storage. Internal storage merupakan ruang penyimpanan yang terdapat pada CPU dan terdiri dari hard disk dan RAM.
Sedangkan eksternal storage merupakan ruang penyimpanan yang terpisah atau terlepas dan tidak menyatu dengan sistem hardware komputer. Penyimpanan model eksternal cukup praktis dan cukup banyak digunakan pengguna karena sifatnya yang praktis dan mudah dibawa kemana saja dan dapat digunakan pada sembarang komputer. Contoh eksternal storage diantaranya hard disk eksternal, CD, DVD dan flashdisk.

2. Software

Komponen utama komputer berikutnya adalah software, yaitu perangkat lunak yang tidak memiliki wujud fisik. Sebab software adalah program yang berfungsi mengolah data yang sudah dimasukkan ke dalam hardware.
Software memiliki tiga jenis yang berbeda, yaitu software sistem, software aplikasi, software tambahan.

  • Software sistem merupakan perangkat lunak yang berfungsi mengatur komponen pada komputer secara menyeluruh. Komponen ini diantaranya terdi dari sistem operasi (OS) seperti Windows XP, Windows 2000, Windows 7, Linux, macOS dan sebagainya.
  • Software aplikasi merupakan rangkaian program aplikasi yang dipakai user untuk menyelesaikan tugas tertentu.  Software aplikasi merupakan program pelengkap pada komputer yang dapat dipakai user untuk alat pengolahan data. Contoh dari software aplikasi, misalnya browser (Chrome, Mozilla Firefox), Microsoft Office, game dan lain sebagainya .
  • software tambahan merupakan deretan program yang berfungis untuk menjalankan tugas-tugas khusus atau tambahan sekaligus melindungi perangkat hardware. Contoh software tambahan diataranya data recovery, disk defragmenter, screensever, dan backup.

3. Brainware

Brainware merupakan komponen yang jarang disebutkan dalam sistem komputer tetapi justru memiliki fungsi yang tak kalah penting dibandingkan software dan hardware. Komponen brainware tidak dapat dilepaskan dalam satu kesatuan sistem komputer. Berbeda dari hardware dan software, brainware dapat dikatakan sebagai faktor yang berasal dari perangkat komputer. istilah Brainware merujuk pada pengguna komputer. Sebab, penggunalah yang dapat menggunakan dan menjalankan serta mengoperasikan komputer. Tanpa adanya pengguna, maka komputer tidak bergungsi apa apa. Contoh dari brainware diantaranya adalah programmer, sistem analis, operator, dan administrator.

Penutup

Demikianlah ulasan chemistricks tentang komponen utama komputer. Meliputi Hadware, Software, dan Brainware. Semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca.

Joe Fajrin
Joe Fajrin Salam persahabatan. Semoga blog ini bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Komponen Utama Komputer"