Yuk ajarkan anak melakukan proyek kebaiak "belajar menabung"

Yuk, Ajak Anak Membuat Proyek Kebaikan “Belajar Menabung”!

Posted on

Ayah dan Bunda, pada postingan ini kami akan berbagi tips cara melatih kebiasaan menabung, hadis pilihan, lembar proyek kebaikan sebagai sarana praktik, serta latihan soal untuk menciptakan suasana yang menyenangkan saat proses penanaman kebiasaan baik tersebut. Orang tua atau guru dapat memberikan evaluasi dan masukan terhadap perilaku anak selama menjalankan kebiasaan baik tersebut.

Ada sebagian anak yang merasa bosan ketika harus menabung. Ini bisa terjadi karena meskipun mereka sudah menyisihkan uang, tapi terkadang butuh waktu yang cukup lama untuk mencapai jumlah yang diinginkan. Oleh karena itu, anak terkadang mereka merasa putus asa dan memutuskan untuk menggunakan uang tabungan tersebut untuk keperluan lain. Namun, agar lebih termotivasi, terdapat beberapa tips agar tetap konsisten dalam menabung.

Tips Agar Bisa Konsisten Menabung

Menabung adalah kebiasaan baik yang dapat diajarkan kepada anak-anak sejak dini. Agar anak-anak bisa konsisten dalam menabung, berikut adalah beberapa tips yang dapat dicoba:

Berikan contoh yang baik

Orang tua atau pengasuh dapat memberikan contoh positif dengan menunjukkan bagaimana mereka menabung secara teratur dan mempraktikkan pengelolaan keuangan yang bijak.

Buat jadwal menabung

Bantu anak-anak membuat jadwal menabung mingguan atau bulanan. Misalnya, mereka menabung Rp10.000 setiap minggu atau Rp50.000 setiap bulan.

READ ALSO:  Mengasah Kemampuan Bertanya Anak melalui Berbagai Aktivitas Kreatif

Pakai celengan yang menarik

Pilih celengan yang menarik bagi anak-anak, seperti celengan berbentuk karakter kartun favorit mereka atau celengan dengan desain yang lucu.

Ajarkan cara menghitung uang

Ajarkan anak-anak cara menghitung uang secara benar sehingga mereka dapat menghitung uang mereka sendiri ketika menabung.

Lakukan perhitungan uang tabungan secara berkala

Hitung uang tabungan bersama anak-anak setiap beberapa bulan sekali. Ini akan memberikan mereka dorongan positif dan merasa senang melihat jumlah uang tabungan mereka bertambah.

Jangan memaksa

Hindari memaksa anak-anak untuk menabung. Alih-alih, ajarkan mereka nilai-nilai positif mengenai menabung dan mengelola keuangan.

Buat target jangka panjang

Bantu anak-anak membuat target jangka panjang, seperti menabung untuk membeli sepeda baru atau mengumpulkan uang untuk kuliah. Ini akan memberikan motivasi yang lebih besar dan membantu mereka tetap konsisten dalam menabung.

Berikan pujian dan hadiah

Berikan pujian dan hadiah kecil seperti mainan kecil atau makanan kesukaan mereka ketika anak-anak berhasil mencapai target menabung mereka. Ini akan memberikan dorongan positif dan membantu mereka merasa senang ketika menabung.

Hadits Tentang Anjuran Berhemat dan Menabung

“Allah memberi rahmat kepada seseorang yang berusaha dengan baik, membelanjakan secara sederhana, dan dapat menyisihkan kelebihan untuk menjaga saat dia miskin dan membutuhkannya (HR. Muslim dan Ahmad)

Ayo, Kerjakan Latihan Soal tentang Menghitung Uang

Hitunglah jumlahnya,ya!

  1. Fino menyisihkan uang sakunya untuk ditabung. Uang rupiah yang ditabungnya terdiri dari 5 lembar uang dua ribuan, 3 lembar uang lima ribuan,3 keping uang lima ratusan. Berapa rupiah keseluruhan uang yang ditabung Fino?
  2. 5 lembar uang dua ribuan, 10  lembar uang lima ribuan, 5 keping uang lima ratusan, dan 1 keping uang seribuan. Jika dijumlahkan, berapa rupiah keseluruhan uang tersebut?
  3. 4 lembar uang seribuan + 3 lembar uang sepuluh ribuan + 4 lembar dua ribuan + 6 keping dua ratusan = Rp……….
READ ALSO:  Pengajaran dan Pengasuhan: Mengapa Pengasuhan Adalah Tanggung Jawab Orangtua?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *