software yang digunakan untuk membuat buku digital dengan format pdf dan epub

sigil, scribus, mobipocket creator, calibre, scriba, epubee maker,
Apakah anda tertarik untuk membuat buku dalam bentuk digital berformat pdf dan epub? Jika iya, silahkan simak artikel tentang software yang digunakan untuk membuat buku digital dengan format pdf dan epub berikut ini.

Apakah anda tertarik untuk membuat buku dalam bentuk digital berformat pdf dan epub? Jika iya, silahkan simak artikel tentang software yang digunakan untuk membuat buku digital dengan format pdf dan epub berikut ini.

Buku digital saat ini menjadi satu alternatif yang banyak digunakan penulis untuk menerbitkan karya karyanya. Disamping mendukung program paperless, buku digital berformat epub ternyata memiliki peminat yang cukup banyak. Buku digital banyak digunakan untuk mempublikasikan berbagai karya ilmiah di bidang akademik atau di dunia kerja.

Tak hanya itu, buku digital diklaim juga memberikan berbagai keuntungan bagi penulis, antara lain karena mereka bisa menjualnya ke berbagai situs penjualan digital secara online. Selain itu, buku digital juga memiliki perangkat perlindungan kemananan yang memadai, dan yang terpenting kemudahannya untuk diakses.

Masalahnya, tak banyak orang mengetahui bagaimana cara membuat buku digital tersebut. Mereka belum mengetahui software yang digunakan untuk membuat buku digital dengan format pdf dan epub. Jika anda tertarik membuatnya, berikut ulasannya.

1. Sigil

Sigil menempati daftar teratas aplikasi untuk menyusun buku digital ePub. Dikatakan terbaik lantaran aplikasi ini memiliki jumlah pengguna terbanyak di seluruh dunia. Software Sigil memiliki beragam fitur yang mendukung multiplatform, hal yang memungkinkan anda dapat menggunakan aplikasi ini di Windows, Linux, dan Mac.

Fitur yang ditawarkan aplikasi software pembuat buku digital Sigil terbilang lengkap. Anda dapat membuka file, mulai mengedit, sekaligus mengatur koleksi buku digital melalui aplikasi yang satu ini tanpa kendala.

Interface  yang ditawarkan aplikasi ini pun terbilang jelas dan user friendly. Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai macam fungsi yang tertanam pada aplikasi Sigil lewat tampilannya yang elegan.

READ ALSO:  Cara menggunakan "Search Tweet" dengan tanggal tertentu dengan Advanced Search Twitter

Selain itu, tampilannya sigil termasuk simple juga menarik untuk dilihat, sangat cocok bagi book reader dan book reviewer yang menyukai nuansa sederhana.

Untuk melakukan Download aplikasi Sigil, anda bisa mengunduhnya melalui situs resminya.

2. Scribus

Rekomendasi kedua kami untuk aplikasi editor EPUB adalah scribus. Aplikasi ini berbasis open source dan sudah bisa digunakan di berbagai OS komputer.

Karena berbentuk open source, berarti anda dapat menikmati layanan tersebut secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya seperserpun. Dan ini legal dan tidak melanggar hukum.

Tak hanya menawarkan aplikasi gratis, Scribus menawarkan berbagai fitur editing yang sangat mirip dengan Microsoft Word. Jelas hal tersebut meruapakn keuntungan bagi kita yang familiar menggunakan ms word ketika melakukan proses editing.

Lebih menyenangkan lagi, tampilan antar muka scribus terbilang rapih dan nyaman untuk mata. Jadi, anda dijamin tak kan pusing untuk menemukan berbagai fungsi-fungsi tertentu di aplikasi ini.

Scribus sangat direkomendasikan dan cocok bagi Anda yang baru memulai untuk membuat buku digital dan memerlukan program simpel yang bisa mengakomodir kebutuhan menulis kamu secara umum.

Untuk melakukan Download aplikasi scribus, anda bisa mengunduhnya melalui situs resminya.

3. Mobipocket Creator

Aplikasi pengolah buku digital ketiga sebagai rekomendasi kami adalah Mobipocket Creator. Program ini juga telah banyak digunakan di seluruh dunia untuk membuat EPUB.

Melalui aplikasi ini, Anda dapat membuat buku digital milik Anda sendiri dengan memanfaatkan berbagai macam fitur menarik yang ditawarkan dalam software tersebut.

Mobipocket Creator dapat melakukan import berbagai macam dokumen seperti PDF, HTML, dan doc yang sebelumnya telah anda susun sebagai bahan untuk menulis.

READ ALSO:  Cara mengunduh video YouTube 1080p tanpa aplikasi

Anda juga bisa menambahkan cover di dalam buku digital tersebut untuk memberikan kesan elegan dan profesional.

Tak kalah penting, Mobipocket Reader memungkinkan user untuk menambahkan detail-detail lain ke dalam buku seperti tanda tangan, ISBN, review, dan lain sebagainya.

Untuk melakukan Download aplikasi Mobipocket creator, anda bisa mengunduhnya melalui situs resminya.

4. Calibre

Berikutnya software yang digunakan untuk menyusun buku digital dengan format EPUB adalah Calibre. Software tersebut tergolong lengkap untuk menyusun buku digital.

Di dalamnya anda bisa mengkreasi buku digital dalam bentuk EPUB, melakukan pengaturan koleksi buku digital, dan mendukung berbagai pilihan bahasa yang beragam.

Calibre mampu membaca berbagai format dokumen yang ada seperti PDF, DOC, TXT, HTML, dan file dokumen dalam bentuk lainnya.

Anda dapat membuat majalah dan buku digital lain yang sejenis, bahkan untuk buku digital berisi  gambar yang dominan sekalipun.

Untuk melakukan Download aplikasi Calibre, anda bisa mengunduhnya melalui situs resminya.

5. Scriba

Software/aplikasi pengolah buku digital berikunya yang menjadi rekomendasi kami adalah Scriba. Anda dapat membuat file EPUB, serta membuat buku digital lain dalam bentuk PDF atau MOBI.

Tampilan aplikasi ini sangat menarik, memungkinkan anda dapat menulis sambil melihat preview buku dalam bentuk 2 page preview. Keuntungan lainnya, aplikasi ini pun tergolong sangat ringan, dengan ukuran file installer-nya yang kurang dari 30 MB, sehingga tidak akan menyesaki ruang penyimpanan dan membuat kompter anda menjadi lemot.

Anda dapat menggunakan aplikasi Scriba tanpa biaya sepeserpun, sebab aplikasi ini dipublikasi secara gratis oleh pembuatnya.

Untuk melakukan Download aplikasi Scriba, anda bisa mengunduhnya melalui situs resminya.

6. ePUBee Maker

Apabila anda masih ingin mencari alternatif lainnya, ePUBee Maker solusinya. Anda dapat membuat buku digital dalam format EPUB, Mobi, hingga PDF.

READ ALSO:  Cara Berhenti Berlangganan Layanan Netflix

Aplikasi ini diyakini mampu menghasilkan kualitas yang sama seperti dokumen Word.  Apabila anda ingin mengubah jenis format buku digital ke Word, aplikasi ini telah dibekali fasilitas tersebut. Anda dapat melakukan import file seperti EPUB, MOBI, AZW, AZW3, HTML, hingga TXT ke format Word.

Menariknya, yang membedakan ePUBee Maker dengan aplikasi lainnya adalah, ia lebih mirip seperti add-on untuk Microsoft Word karena kamu bisa menemukan program ini pada aplikasi Ms. Word setelah menginstallnya.

Untuk melakukan Download aplikasi ePUBee Maker, anda bisa mengunduhnya melalui situs resminya.

7. Microsoft Word

Terakhir, anda bisa menggunakan micosoft word! Siapa sangka ternyata Microsoft Word juga bisa dikategorikan sebagai aplikasi penyusun buku digital yang punya banyak fitur.

Sejak versi Office 2013, MS. Word memungkinkan untuk melakukan pengeditan dan menyimpan file dalam bentuk PDF. Adapun  file .DOC atau .DOCX juga dapat dikonversi menjadi PDF.

Anda bisa mencoba menggunakan software MS Word to EPUB Converter jika ingin mengubah dokumen MS Word ke ePUB secara gratis. Untuk melakukan Download aplikasi MS Word to EPUB Converter, anda bisa mengunduhnya melalui situs resminya.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan tentang beberapa rekomendasi software yang digunakan untuk membuat buku digital dengan format pdf dan epub yang dapat anda pilih dan digunakan untuk menyusun buku digital terbaik di internet dengan format EPUB saat ini.

Dengan memanfaatkan aplikasi yangt telah disebutkan di atas, proses pembuatan buku digital Anda akan menjadi lebih mudah dan hasilnya pun akan menjadi lebih mewah. Semoga informasi ini bermanfaat ya!