Software Design Grafis yang Mirip dengan Corel Draw

Corel Draw merupakan software andalan para desainer. Namun ada bebrapa software yang mirip dan dapat digunakan para pemula. Apa saja?

Corel Draw merupakan software design grafis yang cukup populer dan banyak digunakan para designer. Software tersebut menawarkan berbagai fitur yang membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan. Sayangnya, para pengguna seringkali abai terhadap permasalahan hak cipta yang mana para pengguna seringkali menggunakan software corel draw versi bajakan. Apalagi software ilegal saat ini sangat mudah didapatkan bahkan dilengkapi dengan cracknya (untuk menggenerate serial number).

Barangkali, penyebab utama fenomena di atas adalah kurangnya edukasi tentang hak cipta, atau kurangnya kesadaran akan “kejahatan” digital, atau mungkin karena harga software resmi dan original masih kurang terjangkau masyarakat.

Kabar baiknya, terdapat beberapa software versi opensource yang dapat digunakan secara gratis dan memiliki fitur hampir mirip dengan corel draw. software desain grafis yang mirip dengan corel draw adalah sebagai berikut:

1. InkScape

Inkscape merupakan software pengolah vector yang dapat digunakan secara gratis. Inkscape memiliki lisensi di bawah GNU GPL GNU General Public License) , merupakan sofware pengolah grafis dengan standar XML, SVG, dan CSS.

SVG adalah kependekan dari Scalable Vector Graphics dan merupakan file untuk menampilkan grafik dalam dalam membuat website yang berbasiskan XML(Extensible Markup Language).

InkScape dikenal sebagai alternatif bagi desingner yang biasa menggunakan Corel Draw dan adobe illustrator. InkScape ialah program open source yang berperan untuk pengolah grafis yang berbasiskan vector. Inkscape mempunyai feature yang terdekat dengan Corel Draw. Program ini dapat bekerja di mekanisme operasi windows Mac OS dan Linux Mac Os, Linux. Berikut penampilan dari program itu.

Silakan kunjungi link websitenya di bawah untuk panduan tutorial menggunakan inkspace.
http://www.inkscape.org/en/learn/videos/ benar-benar komplet dan up-date.

2. Affinity Desainer (Berbayar)

Affinity desainer merupakan sofware editor grafis yang juga dapat digunakan secara open source alias gratis. Alat ini diciptakan terkhusus sebagai alternatif penganti software adobe illustrator dan corel draw yang lebih sering populer digunakan para desainer. software ini diperkembangkan oleh serif labs, berkantor pusat di inggris dan didevelopt tahun 1990. Ide awal pembuatan software Affinity Desainer ini bermula untuk meningkatkan piranti lunak kelas tinggi untuk dekstop/ pc dengan biaya yang lebih hemat bagi para pemula, dan akan terus ditingkatkan fiturnya pada bagian editor program grafis.

READ ALSO:  Cara Menggambar di Layar Komputer

Affinity Desainer dikemas dengan menu standar seperti pen tool untuk mengkreasi grafis dengan komplikasi dan artwork berbasiskan piksel dengan toolbar membagikan vektor, piksel dan export tools jadi tiga sisi, seorang desainer yang menggunakannya dapat berpindah antara serangkaian tool dan sets tanpa permasalahan di luar kerja untuk seorang pendesain yang kerap memakai photoshop dan illustrator secara bersamaan. Memakai Affinity Desainer dapat memberikan efisiensi waktu.

3. Xara Xtreme

Xara Xtreme merupakan salah satu alternative Corel Draw yang cukup powerfull. Namun, saat ini program Xara Xtreme yang opensource /gratis hanya dapat dioperasikan pada Linux, FreeBSD, dan OS-X.

Xara terbagi dalam banyak feature tools design grafis. Dan xara juga terhitung program vektor yang cukup teringan dan cepat di dunia. Dan meskipun di linux tetapi GUI nya juga sangat user friendly.
Xara Xtreme dapat di unduh di sini http://www.xaraxtreme.org/unduh.html

4. Gravit Designer

Gravit designer merupakan salah satu sofware pengolah grafis yang memiliki feature komplet.  Sangat cocok untuk digunakan seorang desainer grafis yang membutuhkan ketelitian, karena dilengkapi dengan Knife Tools, Path Graphs, multiple fills and blending dan teks tool file.

Melalui Gravit Designer, file yang dihasilkan dapat disimpan dalam bentuk PDF, SVG dan Bitmap. Terdapat pula fitur tambahan Grafit Clound yang memungkinkannya pemakai dapat melakukan perubahan pada pekerjaannya kapanpun dan dimanapun ia berada.

5. Apache OpenOffice Draw

OpenOffice adalah tools yang dibundling ke dalam aplikasi pengolah dokumen dari open office. Fitur yang disertakan dalam aplikasi ini sangat memudahkan seorang desainer grafis dalam membuat image berbasis vector. Meski tidak terlalu komplit dari segi fitur, tetapi dengan kreatifitas yang dimilikii seorang desainer grafis, maka hasil yang dibuat bisa sebagus ketika menggunakan coreldraw.

READ ALSO:  Cara mengubah jenis dan warna font di WhatsApp

Mengapa? karena terdapat beberapa fitur CorelDraw yang dimasukkan ke dalam Open Office draw seperti 3D controller, membuat shape image (gambar bentuk) yang mengasilkan image seperti seolah-olah tampilan 3D. Di openoffice draw juga disediakan fasilitas import beragam jenis format gambar seperti GIF, PNG, WMF, BMP, JPEG and TIFF.

Untuk menggunakannya, Anda dapat mengunduh file versi fullnya dari OpenOfficenya secara gratis di https://www.openoffice.org/product/draw.html

6. Vectr

Vectr sebagai aplikasi editor grafis berbasis 2D tentu merupakan salah satu sofware yang direkomendasikan karena sifatnya yang open source. Tersedia dalam aplikasi online di situs browser dan aplikasi berbasis dekstop. Dengan beberapa macam feature yang ada, aplikasi ini dapat diandalkan untuk mengolah dan memproses file vektor dengan tambahan efek, menjadikan aplikasi ini sangat fleksibel sebagai software grafis untuk menuntaskan pekerjaan anda.

7. Skencil

Skencil adalah salah satu alternative dari CorelDraw, memiliki kelebihan yaitu murah bahkan juga gratis. Aplikasi ini memungkinkannya anda untuk mengkreasi sebuah grafis atau mengilustrasikan sebuah gambar, melalui berbagai feature yang ada.

Tentu saja untuk menggunakannya, kita harus memiliki sedikit basic tentang karya kreasi berbasis vektor. Sejumlah fitur yang oke salah satunya bezier curve, gradient fill, transformed teks dan gambar, blend grup, ellipse, dan kemampuannya untuk menulis ke pola EPS.

Software ini dapat dijalankan di beberapa basis seperti FreeBSD, Solaris 8, 9, Mac OS X and GNU/Linux. Dengan skencil, Anda dapat berkreasi tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun, tentu sangat ekonomis jika dibandingkan harus membeli lisensi Corel Draw.
Jika Anda tertarik mencobanya, silakan unduh di http://www.skencil.org/unduh.html

8. Krita

Sofware ini lebih dikususkan untuk melakukan pekerjaan digital painting, concept artist, illustratormatte and tekxture artist.

Krita sendiri merupakan software open source yang gratis digunakan, telah dikembangkan sejak tahun 1999 yang mempunyai feature antara lain full set brush tool yang cocok untuk semuanya style digital painting dan banyak pihak ketiga yang dapat meningkatkan dan memudahkan pembuatan kreasi yang lebih prespektif.

READ ALSO:  Komponen Utama Komputer

Sofware ini cocok digunakan bagi mereka yang ingin memperdalam ilmu tentang digital painting, seniman komik, atau siapapun yang tidak dapat beli lisensi photoshop dan coreldraw.

Terdapat feature penting yang disediakan, misalnya stabilistor untuk meluruskan garis apa saja, wrap-around model yang berperan membuat struktur dan pattern yang mulus, dan pop-up paletter yang berperan untuk penyeleksian warna yang cepat.

Silakan coba aplikasi ini dan rasakan pengalaman yang lebih dan berikan penilaian Anda tentang software ini.

9. Gimp

Gimp merupakan Salah satu software design grafis open-source terbaik. GIMP merupakan singkatan dari GNU Image Manipulation Program, diklaim sebagai alternatif software corel draw dan Adobe Photoshop.

Gimp sekarang ini telah ada dalam versus Linux, Windows dan Mac. Interface GIMP sedikit berbeda dengan photoshop, tapi keseluruhannya dari interface GIMP hampir mirip tampilannya dengan Adobe, membuat Gimp sangat mudah digunakan terutama bagi mereka yang terbiasa bekerja menggunakan photoshop.

Tools yang disiapkan komplet tidak kalah dari photoshop dan gampang untuk dipakai, misalnya Painting Tools, Colour Correction, Cloning, Selection and Enhancement.

Beberapa developer aplikasi ini berusaha keras untuk memastikan kompabilitas dari aplikasi ini, hingga Anda bisa mengubah semua pola file terkenal tanpa ada permasalahan sama sekali.

10. Karbon

Karbon merupakan salah satu editor yang dikususkan untuk mengkreasi sebuah gambar berbasis vektor, Karbon sebetulnya adalah elemen aplikasi yang dibundel dengan calligra suite, sebuah aplikasi yang avaiable untuk KDE.

Karbon benar-benar cocok digunakan oleh beberapa pemula, karena gampang dipakai. Karbon memungkinkan para pemula untuk mengkreasi gambar vektor, finger painting, atau manipulasi gambar, atau membuat ikon dan banyak pekerjaan lain.

Karbon juga tersedia untuk windows dan linux. Karbon mempunyai interface tata muka yang memudahkan para pemakai pemula.

Jika anda tertarik untuk mencobanya atau ingin mengetahui lebih lanjut tentang karbon, anda dapat mencoba mengunduhnya melalui link yang disediakan.

Untuk download Karbon silakan datangi http://www.calligra.org/karbon/

Akhir Kata

Demikianlah ulasan chemistricks tentang Software Design Grafis yang Mirip dengan Corel Draw. semoga bermanfaat bagi Anda.