Rekomendasi Tepat Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 10 yang Tidak Bisa dihapus

bagaimana cara uninstall aplikasi di Laptop Windows 10 yang tidak bisa dihapus agar hilang? Berikut ini cara selengkapnya!

Sangat menjengkelkan bukan ketika ingin menghapus atau uninstall aplikasi di laptop windows 10, tetapi aplikasi tersebut tidak bisa di hapus? Bagaimana caranya? Well, disini akan diberikan beberapa rekomendasi tepat cara uninstall aplikasi di laptop windows 10 yang tidak bisa dihapus di perangkat.

Ada banyak faktor penyebab dari tidak bisa nya aplikasi tersebut tidak bisa di hapus. Faktor umum biasanya itu terjadi karena bisa aplikasi itu merupakan program bawaan windows 10. Faktor lainnya juga bisa terjadi karena adanya indikasi virus atau terjadi malware, dan faktor lainnya. Untuk itu mari simak cara uninstallnya yang tepat:

1. Lakukan Restart pada Komputer

Melakukan uninstall aplikasi tetapi malah terjadi error atau tidak bisa terhapus aplikasi tersebut. Maka dari itu sebelum melakukan penghapusan aplikasi, hal yang terlebih dahulu dilakukan adalah dengan mematikan laptop. Atau hal ini biasa dikenal sebagai rme-restart laptop.

Solusi pertama dan terutama ialah dengan mematikan laptop, tidak perlu lama, cukup sebentar saja, lalu hidupkan kembali laptop nya. Setiap program pada windows ada masanya akan mengalami error. Lalu jangan buka program apapun, langsung saja masuk ke Add or Remove programs untuk lakukan lanjutan proses hapusnya. Jika sudah hilang program nya berarti aplikasi telah berhasil di hapus.

2. Menggunakan Aplikasi CCleaner

Cara uninstall aplikasi di laptop windows 10 yang tidak bisa dihapus selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi CCleaner. CCleaner merupakan software yang paling banyak digunakan untuk menghapus aplikasi atau file secara bersih. Cara menggunakan aplikasi adalah sebagai berikut:

  • Jika sudah ada aplikasinya, langsung masuk ke aplikasinya. Dan jika belum, download terlebih dahulu aplikasinya.
  • Langkah selanjutnya adalah pilih opsi Tools, lalu pilih opsi Uninstall.
  • Lalu pilih aplikasi yang ingin dihapus tersebut. Jika sudah ketemu, tinggal klik menu Uninstall. Selesai. Aplikasi telah terhapus.
READ ALSO:  Fungsi Dari Icon Tombol Crop pada Ms Word 2007

3. Uninstall Melalui Task Manager

Cara selanjutnya ialah dengan cara menggunakan Task Manager. Tujuan menggunakan Task Manager ialah untuk mengecek apakah program yang ingin di hapus tersebut sedang berjalan atau aktif di background / latar belakang.

Karena jika masih ada program yang masih aktif atau sedang berjalan maka program tidak bisa dihapus. Tutup terlebih dahulu programnya agar proses penghapusan aplikasinya bisa berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan. Berikut ini adalah langkah untuk menghapusnya:

  • Klik mouse kanan atau klik kanan pada Taskbar nya, lalu pilih Task Manager.
  • Mudahnya bisa langsung ketikkan Task Manager di Menu Start pada Windows.
  • Lalu pilih aplikasi yang ingin dihapus tersebut, klik dan pilih End Task untuk hentikan programnya.
  • Selanjutnya ialah masuk ke fitur Add or Remove Programs.
  • Untuk proses selanjutnya sama seperti cara di atas yang penjelasan nomor satu.
  • Jika sudah, maka aplikasi tersebut akan hilang sudah terhapus.

4. Memanfaatkan Program Install and Uninstall Troubleshooter dari Microsoft Windows

Selanjutnya untuk cara uninstall aplikasi di Laptop Windows 10 yang tidak bisa dihapus adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, yaitu program Install and Uninstall TroubleShooter. Aplikasi ini adalah software milik Microsoft khusus untuk menghapus aplikasi yang sulit dihapus dari windows. Langkah untuk proses hapusnya adalah sebagai berikut:

  • Yang dilakukan terlebih dahulu ialah dengan download program Install and Uninstall TroubleShooter yang sudah ada disediakan Microsoft.
  • Jika sudah download, selanjutnya ialah buka program nya. Dan pilih menu Uninstall, dan klik next.
  • Selanjutnya adalah pilih aplikasi yang ingin dihapus tersebut. Jika sudah, klik aplikasinya dan pilih Next.
  • Untuk langkah terakhir ialah pilih opsi Yes Try Uninstall dan tunggu proses penghapusannya selesai.
READ ALSO:  Lakukan Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows 10 Ini Saat USB Tidak Terbaca

5. Uninstall Aplikasi Menggunakan Control Panel

Cara terakhir adalah mencoba dengan menggunakan Control Panel. Caranya cukup simpel. Cukup buka Control Panel, lalu pilih Start, lalu ketikkan Control Panel setelah itu Enter. Nah, nanti akan tampil halamannya dan pilih Program and Features. Lalu cari saja aplikasi yang ingin di hapus, dan langkah terakhir adalah klik Uninstall pada menu bagian atas nya. Selesai.

Akhir Kata

Nah, tadi itu merupakan beberapa rekomendasi pilihan yang tepat dalam hal cara uninstall aplikasi di Laptop Windows 10 yang tidak bisa dihapus. Dan ini tidak hanya berlaku untuk windows 10, tetapi cara ini bisa juga digunakan untuk windows 7, dan juga windows 8.