Perhatikan Kebiasaanmu di 15 Menit Pertama Bangun Pagi, Maka Hidupmu Akan Lebih Berarti!

StockSnap/Pixabay/Dalam ajaran Islam, pada pagi hari ada karunia Allah yang mengandung manfaat berlipat. Hingga Rasulullah SAW mengajarkan do’a memohon keberkahan untuk umat beliau di waktu pagi. “Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu pagi mereka.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

Apa saja  yang kamu lakukan di 15 menit pertama setelah bangun tidur di pagi hari? Apakah kamu tipe orang yang  bergegas ke kamar mandi, atau justru bersemangat mengecek notifikasi di smartphone? Mengutip Grid Health, IDC Research menemukan 80% pengguna smartphone mengecek ponsel mereka sekitar 15 menit setelah bangun. Untuk kalian ketahui, ini termasuk kebiasaan yang buruk lhoh!

Setidaknya ada empat efek samping dari kebiasaan buruk mengecek smartphone sesaat setelah bangun tidur.

1. Merusak mata

Layar LED di perangkat elektronik dapat mengeluarkan gelombang cahaya biru (blue light) Yang  bisa merusak retina.

2. Meningkatkan Stres

Psikiater di San Francisco, California, Dr Nikole Benders-Hadi, menganjurkan kita untuk segera beralih dari ponsel setelah bangun tidur agar terhindar dari stres dan kecemasan. Stres muncul dari perasaan terburu-buru dan kecemasan yang  dipicu oleh notifikasi media sosial, pesan email, hingga berita negatif

3. Mengalihkan waktu dan perhatian

Tanpa sadar, kebiasaan mengecek smartphone membiarkan pikiran kita teralihkan oleh pendapat, permintaan, maupun ide orang lain. Alih-alih memulai hari untuk fokus pada pengembangan diri sendiri, kamu dipaksa untuk memikirkan urusan dan kepentingan orang lain.Selain perhatian, membuka ponsel setelah bangun tidur juga akan membajak waktu kamu. Awalnya hanya mengecek e-mail lima menit, tak terasa habis waktu sejam untuk scrolling media sosial.

READ ALSO:  Melawan Miskin Pikiran (Memenangkan Pertarungan Hidup Ala Kang Hasan)
4. Kesulitan Membuat Skala Prioritas

Menurut Dr. Nikole Benders-Hadi, derasnya informasi dari ponsel dapat mengganggu kemampuan dalam membuat skala prioritas. Ini membuat harimu kurang produktif.

Namun, tahukah kamu, melakukan rutinitas menenangkan selama lima sampai lima belas menit usai bangun tidur, bisa mengubah pagi menjadi lebih menyenangkan dan produktif.

Dalam ajaran Islam, pada pagi hari ada  karunia Allah yang mengandung manfaat berlipat. Hingga Rasulullah SAW mengajarkan do’a memohon keberkahan untuk umat beliau di waktu pagi.

Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu pagi mereka.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

Tujuh Adab Bangun Tidur

Ada tujuh adab bangun tidur yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

1.Duduk dan mengusap wajah

Rasulullah SAW bersabda: Ibnu Abbas, semoga Allah ridho kepadanya berkata, “Kemudian ketika sudah masuk pertengahan malam Rasulullah SAW bangun, kemudian beliau duduk lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya” (HR Ahmad).

Ketika bangun tidur jangan langsung berdiri dan berjalan, karena berbahaya untuk kesehatan. Jika kamu langsung berdiri ketika bangun tidur, kamu bisa merasa pusing atau bahkan pingsang. Hal itu karena darah secara normal tidak akan bisa sampai ke otak jika gak ada sistem pengaturan tekanan darah dinamis pada tubuh. Pembuluh darah terbentuk dari otot-otot kecil.

2. Berdo’a

Ini adalah do’a yang diajarkan Rasulullah SAW

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

“Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami, dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan. (HR. Bukhari).

Dengan membaca doa ini, kita mengucapkan terima kasih dan bersyukur pada Allah masih dihidupkan dalam kesehatan sehat

READ ALSO:  Remaja Pewaris Syurga dan Sains Modern

3. Membaca 10 ayat terakhir surat Ali Imran

Ibnu Abbas pernah berkata, “Beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuknya yang ada di wajahnya dengan tangannya. Kemudian beliau membaca 10 ayat terakhir surat Ali Imran.” (HR. Bukhari).

4. Mencuci tangan

Mencuci tangan sebanyak tiga kali dapat menjaga kesehatan. Saat tidur kita tidak tahu tangan ini memegang apa saja. Hal itu dijelaskan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah pernah bersabda, “Apabila kalian bangun tidur maka janganlah dia mencelupkan tangannya ke dalam wadah sebelum dia mencucinya 3 kali, karena dia tidak mengetahui dimana tangannya semalam berada.” (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Membersihkan hidung

Adab bangun tidur selanjutnya yaitu membersihkan hidung. Ini dilakukan sebanyak tiga kali.

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, “Apabila kalian bangun tidur maka bersihkan bagian dalam hidung tiga kali karena setan bermalam di rongga hidungnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

6. Menggosok gigi atau bersiwak

“Nabi Muhammad SAW apabila bangun maka beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak.” (HR. Bukhari dan Muslim).

7. Berwudhu

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, “Setan mengikat tengkuk kepala seseorang di antara kalian ketika sedang tidur dengan tiga ikatan. Pada setiap ikatannya ia mengatakan: “Malammu masih panjang, teruslah tidur”. Maka jika orang tersebut bangun, kemudian ia berdzikir kepada Allah, terbukalah satu ikatan. Kemudian jika ia berwujud terbukalah satu ikatan lagi. Kemudian jika ia sholat maka terbukalah seluruh ikatan. Sehingga ia pun bangun dalam keadaan bersemangat dan baik jiwanya. Namun jika tidak melakukan demikian, maka ia biasanya akan bangun dalam keadaan buruk jiwanya dan malas.” (HR. Bukhari dan Muslim).

READ ALSO:  Tingkatan Cinta

Setelah menjalankan adab-adab tersebut, selanjutnya kamu bisa melakukan hal-hal kecil berikut ini.

  • Minum air putih, merapikan tempat tidur
  • Streching/peregangan
  • Menulis 5 hal yang kamu syukuri di buku jurnal
  • Latihan pernafasan
  • Memutar musik upbeat
  • Menulis To-do List

Untuk melakukan tahapan-tahapan di atas, setidaknya butuh waktu 15 menit. Meski tampak sepele, tapi ini berhasil membuatmu fokus dan produktif.