Pengguna iPhone Wajib Tahu! Cara Mengeringkan iPhone yang Basah

Pengguna iPhone Wajib Tahu! Cara Mengeringkan iPhone yang Basah
Bagi kalian pengguna iPhone, ketika perangkat kamu terkena air, tersiram, atau bahkan jatuh ke dalam air, pasti menyebabkan ponselmu menjadi basah. Jelas, kondisi tersebut membuat kamu khawatir dan panik. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk menangani iPhone kamu yang basah.

Smartphone kini telah menjadi perangkat yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya sebagai sarana komunikasi, smartphone dengan berbagai merek dan tipe kini semakin canggih dengan berbagai fitur. Diantara sekian banyak smartphone, iPhone adalah ponsel yang bisa dikatakan paling populer dan bergengsi lantaran harganya yang memang diperuntukkan untuk kalangan menengah ke atas.

Smartphone buatan Apple ini tidak hanya populer karena mudah digunakan, tetapi nilai ponsel ini juga tinggi. Karena telah menjadi bagian dari kehidupan dan digunakan untuk aktivitas, smartphone, termasuk iPhone, tidak luput dari risiko kerusakan.

Penyebabnya bisa karena berbagai hal, salah satunya karena basah dengan air. Pengguna dapat secara tidak sengaja menumpahkan cairan seperti kopi atau air dan mengenai iPhone yang sedang digunakan, atau bahkan iPhone terkena hujan saat berada di saku pakaian.

Bagi kalian pengguna iPhone, ketika perangkat kamu terkena air, tersiram, atau bahkan jatuh ke dalam air, pasti menyebabkan ponselmu menjadi basah. Jelas, kondisi tersebut membuat kamu khawatir dan panik. Takutnya kalau terjadi kerusakan pada iPhone kesayanganmu. Nah, chemistricks akan membagikan beberapa beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menangani iPhone kamu yang basah.

Bersihkan bagian yang basah

Hal pertama yang Harus Diperhatikan Saat iPhone Anda basah adalah mematikan ponsel dan menghindari pengisian daya. Jika iPhone Anda saat ini dicolokkan ke kabel pengisi daya,segera cabut. Saat iPhone Anda memercikkan cairan dari minuman seperti teh, kopi, atau soda, coba cuci ringan dengan air hanya di area yang terkena basah.

READ ALSO:  Cara membuat pesan rahasia dengan secreto

Jangan mencucinya sepenuhnya. Beberapa iPhone 7 dan terbaru saat ini sebenarnya dirancang khusus untuk tahan air. Jadi Anda akan lebih aman menggunakannya. Keringkan setelah itu keringkan iPhone Anda menggunakan kain lembut dan tidak berbulu. Coba gunakan kain khusus seperti untuk membersihkan lensa, agar bagian iPhone yang basah mengering dengan baik.

Keluarkan kartu SIM

Untuk memastikan semua bagian iPhone Anda benar-benar kering, buka juga slot kartu SIM dan keluarkan kartu SIM Anda. Hal ini dilakukan agar cairan yang masuk dan mengenai bagian dalam perangkat ponsel benar-benar mengering.

Ketuk perlahan

Ketuk iPhone dengan lembut di telapak tangan Anda untuk memastikan tidak ada tetesan air yang masih terkumpul di dalam perangkat. Selain itu, ini juga membantu iPhone lebih cepat kering.

Tinggalkan iPhone di tempat yang kering

Biarkan iPhone di tempat yang kering bersamaan dengan mengeringkannya lagi menggunakan aliran udara dari kipas untuk memungkinkan sisa air atau perangkat yang masih lembab mengering dengan benar.

Jangan langsung mengisi daya

Ingat setelah mengeringkan iPhone yang basah, diamkan setidaknya selama beberapa jam sebelum anda mengisi daya.

Selain itu, hindari menyeka iPhone dengan kain apa pun seperti handuk, serbet, atau lainnya. Seperti pada poin sebelumnya, keringkan dengan kain lembut seperti kain pembersih lensa khusus.

Penutup

Nah, itulah tadi beberapa tips yang dapat dilakukan ketika iPhone kamu basah. Ada satu cara lain yang cukup untuk untuk mengeringkan iPhone kamu yang basah, yaitu dengan memasukkannya ke dalam nasi atau menggunakan silika gel. Beras atau silica gel ini memiliki fungsi untuk menyerap kelembapan dan partikel cair yang masih tertinggal di perangkat iPhone. Langkah ini juga terbukti membantu mengeringkan ponsel kamu yang basah dengan cepat. Semoga tulisan ini bermanfaat ya sob!

READ ALSO:  Cara Berhenti Berlangganan Layanan Netflix