Pengertian, Jenis, dan Fungsi Modem

modem merupakan singkatan dari modulator demodulator, apa fungsi dan jenis-jenisnya? simak artikel di bawah ini

Modulator demodulator atau modem ialah adalah satu piranti atau perangkat komunikasi yang berperan sebagai alat berkomunikasi dua arah hingga koneksi internet bisa diterima piranti computer/ mobile dengan lebih bagus.

Menurut perannya, modem dipakai untuk terima dan mengirimi data setiap waktu saat berhubungan online di jagat maya. Perubahan tehnologi yang makin maju, terutamanya pada pemakaian internet membuat keberadannya jadi satu keperluan penting.

Karena ada modem, seorang dapat memperoleh signal internet dan diterima baik oleh tiap piranti yang tersambung dengan modem itu. Dengan demikian piranti netbook atau PC bisa tangkap signal internet secara baik.

Berikut merupakan penjelasan tentang pengertian modem dan beberapa jenis modem dan fungsi modem.

Pengertian Modem

Modem ialah singkatan dari modulator dan demulator. Pada umumnya, modem ialah piranti keras yang mempunyai peranan untuk mengganti 2 signal hingga dalam terima dan mengirimi pesan dapat berjalan dengan baik.

Modulator berperan untuk mengantarkan data berbentuk signal info ke signal pembawa atau carrier agar dikirimkan pengguna lewat beberapa media tertentu. Prosesnya disebutkan dengan proses modulasi. Pada proses ini data yang berupa signal digital di computer akan diganti jadi signal analog.

Dan demulator berperan untuk memperoleh kembali data yang dikirimkan oleh pengirim. Di proses ini, data akan dipisah dari frekwensi tinggi dan data yang berbentuk signal analog akan dirubah menjadi lagi signal digital agar dibaca oleh pemakai computer.

READ ALSO:  Fungsi Dari Icon Tombol Crop pada Ms Word 2007

Langkah Kerja Modem

Cara kerja modem ialah data dari computer yang berupa digital diganti oleh modem jadi signal analog. Signal analog itu bisa dikirim ke media telekomunikasi lain seperti telephone dan radio. Saat data analog barusan sampai ke computer arah. Karena itu modem yang ada di computer arah, menggantinya jadi signal digital kembali agar dapat diolah.

Fungsi Modem Secara Umum

Pada umumnya, fungsi modem digunakan sebagai pengganti komunikasi dua arah dari signal digital jadi signal analog atau kebalikannya. Signal yang dikirim dari computer atau netbook akan dirubah jadi signal analog lebih dulu oleh modem selanjutnya akan ditransmisikan lewat kabel jaringan untuk diantar ke komputer-komputer yang lain.

Bersamaan perubahan tehnologi, modem sudah diperkembangkan dengan beragam feature seperti voice modem yang bisa berperan sebagai aliran radio, pembicaraan telephone atau audio yang lain. Modem punyai peranan khusus, untuk meminimalkan tingkat kekeliruan saat lakukan transmisi signal dan modem akan mengecek info yang diterima apa pada keadaan hancur atau mungkin tidak dengan sistem checksurn. Jika terjadi kekeliruan dan kerusakan karena itu data itu akan dibalikkan kembali ke arah tempat sebelumnya atau pengirim.

Jenis-jenis Modem

Jenis modem dibedakan menjadi 3, yaitu berdasarkan jaringan, pemasangan, dan teknologi. Berikut ini masing-masing penjelasannya:

1. Jenis-jenis Modem Berdasarkan Jaringannya

a. Modem dengan Kabel

Beberapa jenis modem ialah modem dengan kabel. Tipe modem ini bisa dijangkau dengan memakai jaringan kabel seperti kabel telephone. Modem kabel memakai sumbu kabel jaringan tv untuk menyiapkan bandwith yang kuat dibanding dengan modem computer.

b. Modem tanpa Kabel

Modem tanpa kabel atau wireless sebagai satu diantara beberapa jenis modem yang tidak memakai kabel sebagai media mediatornya. Keunggulan dari tipe modem ini ialah bisa gampang dibawa dan dipindahkan dimanapun anda ingin. Tetapi, modem ini benar-benar punya pengaruh pada cuaca sekitaran. Maknanya kecepatan jaringan modem ini bisa menurun bila cuaca disekelilingnya tidak memberikan dukungan.

READ ALSO:  Perhatikan Kebiasaanmu di 15 Menit Pertama Bangun Pagi, Maka Hidupmu Akan Lebih Berarti!

2. Jenis-jenis Modem Berdasarkan Pemasangannya

a. Modem Eksternal

Jenis berikutnya, beberapa jenis modem ialah modem ekternal. Modem external sebagai alat yang dipakai computer agar terhubung internet. Data yang dari computer berupa signal digital akan diganti jadi signal analog. Jika modem terima data berbentuk signal analog akan diganti jadi signal digital untuk diolah selanjutnya lewat computer. Modem external umumnya terpasang pada bagian luar CPU seperti seri port atau USB CP. Keunggulan modem external ialah bisa gampang dibawa ke mana saja dan gampang dipindah dimanapun.

b. Modem Internal

Selanjutnya, beberapa jenis modem ialah modem internal. Tipe modem ini dipasang secara internal di mana signal analog yang datang akan diganti jadi signal digital dan langsung dikirimkan ke computer. Umumnya modem ini terpasang di bagian dalam CPU seperti slots PCI. Modem internal bisa dipakai untuk card modem computer, slots PCI, slots ISA. Keunggulan dari modem ini ialah langkah penempatan modemnya yang paling gampang dan harga yang relatif murah. Modem ini kerap dikenali dengan On-Board Modem.

3. Jenis-jenis Modem Berdasarkan Teknologinya

a. Modem Analog (modem dial-up)

Tipe modem ini bisa terima data berbentuk signal analog yang lewat jaringan transmisi data dan dirubah jadi data digital untuk dikirim ke computer atau kebalikannya. Modem ini umumnya dipakai untuk jaringan dial-up lewat jaringan telephone atau dalam kata lain akses jaringan computer lewat lajur telephone dengan memakai modem. Dial-up umumnya dipakai secara individu di dalam rumah. Computer yang bisa memakai modem dial-up biasanya ialah computer tunggal atau PC.

b. Modem Digital Subscriber Line (DSL)

Modem DSL dipakai untuk terima dan mengirim data dengan tehnologi digital lewat satu jaringan yang terdedikasi (dedicated line). Tehnologi ini akan membuat data yang diterima atau terkirim modem DSL jadi data digital hingga koneksi internet semakin lebih cepat jika dibanding dengan modem analog. Ada dua tipe modem DSL, yakni Asymmetric Digital Subscriber Line (ASDL) dengan kecepatan unduh bisa lebih cepat dibanding unggah dan Symmetric Digital Subscriber Line (SSL) dengan kecepatan donload sama dengan kecepatan unggah.

READ ALSO:  Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja DNS

c. Modem Kabel

Modem kabel sebagai piranti keras yang menghubungkan PC dengan ikatan TV kabel. Jaringan TV kabel ini yang selanjutnya dipakai sebagai akses internet dengan kecepatan maksimal 27 Mbps downstream dan 2,5 Mbps upstream. Agar bisa dipakai sebagai modem kabel, computer anda harus diperlengkapi dengan kartu ethernet (ethernet card).

d. Modem CDMA

Modem CDMA sebagai mekanisme komunikasi internet lewat lajur Kode Divisi Multyple Acces (CDMA). Secara umum modem CDMA ini seperti USB Flashdisk yang bisa anda pakai kapan saja. Kecepatan internet CDMA bisa capai 3x lipat jaringan dial-up.

e. Modem GSM

Modem tipe ini mempunyai keserupaan dengan modem SDMA. Modem ini mempunyai lajur komunikasi internet dengan Global Sistem for Mobile Communication (GSM) seperti modem CDMA, Modem GSM seperti USB.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan tentang apa kepanjangan dari modem, jenis, dan fungsinya. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi pembaca.