Menilik Fitur Reaksi Emoji Whatsapp di Android

Fitur Reaksi Emoji Whatsapp di Android
Fitur reaksi emoji sangat memungkinkan pengguna untuk memberikan reaksi kepada pesan yang diterima dalam bentuk emoji.

Siapa tak kenal whatsapp? Rasa-rasanya di era sekarang semua pengguna ponsel khususnya android pasti menggunakan whatsapp.

Apa itu Whatsapp

Whatsapp merupakan aplikasi gratis2 yang menyediakan layanan bertukar pesan dan panggilan yang sederhana, aman, dan reliabel serta tersedia pada berbagai telepon di seluruh dunia. Whatsapp sendiri merupakan plesetan dari What’s up, yang artinya apa kabar?

Sebagai aplikasi bertukar pesan, jelas whatsapp sangat efektif dan digunakan lebih dari 2 miliar orang menurut klaim whatsapp, yang mencakup lebih dari 180 negara di seluruh dunia. Luar biasa.

Ide aplikasi WhatsApp bermula hadir sebagai aplikasi untuk menjawab tantangan komunikasi. Hadir sebagai alternatif untuk berkirim pesan yang semula menggunakan Short Messages Services (SMS) beralih menggunakan semacam chat yang user friendly.

Whatsapp mengklaim bahwa penggunanya akan dimanjakan dengan berbagai kemudahan, diantaranya memungkinkan untuk mengirim dan menerima berbagai mediaberupa teks, foto, video, dokumen, dan lokasi, serta mampu melakukan panggilan suara. Bahkan sebagian momen pribadi kini dapat dengan mudah dibagikan melalui WhatsApp.

Salah satu keunggulan whatsapp selain sifatnya yang user friendly, adalah keamanannya yang terjamin. Whatsapp memiliki fitur enkripsi secara end-to-end, yang artinya chat yang dilakukan akan terenskripsi dan dijamin kerahasiaannya, hanya dua pihak yang berkirim pesan saja yang mengetahui, bahkan pihak whatsapp-pun tak akan tahu. Whatsapp memiliki misi untuk membantu banyak orang berkomunikasi di mana pun di seluruh dunia tanpa batasan.

WhatsApp Mulai Rilis Fitur Reaksi Emoji di Android

WhatsApp baru baru ini meluncurkan/meliris fitur reaksi emoji setelah berproses dan menghabiskan beberapa bulan dalam fase pengembangan. Fitur reaksi emoji sangat memungkinkan pengguna untuk memberikan reaksi kepada pesan yang diterima dalam bentuk emoji.
Fitur ini mulai diluncurkan untuk di beberapa beta tester di Android. WABetaInfo menginformasikan bahwa fitur reaksi emoji ini sudah muncul di WhatsApp beta untuk Android versi 2.22.8.3, sebagaimana dilansir dari media ternama The Verge.

READ ALSO:  Cara mengembalikan kontak yang dihapus di Android Tanpa Aplikasi

WhatsApp diprediksi merilis fitur reaksi emoji secara bertahap, hal ini dikarenakan tidak semua beta tester di Android mendapatkan fitur ini di awal. Hal ini diperkuat dengan adanya beberapa beta tester yang walaupun sudah mengunduh WhatsApp versi 2.22.8.4, namun fitur reaksi emoji belum muncul pada ponselnya.

Cara Kerja Fitur Reaksi Emoji

Cara kerja fitur reaksi emoji di WhatsApp, sama dengan sebelumnya. Yaitu, emoji ini bekerja saat pengguna mengetuk dan menahan pesan yang diterima maka otomatis muncul pop-up yang berisi enam emoji.

Pengguna dapat mengetuk salah satu dari enam emoji yang tersedia untuk memberikan reaksi terhadap pesan yang masuk. Keenam emoji itu adalah emoji mengacungkan jempol, hati, menangis, tertawa, wajah terkejut, dan high five/terima kasih/minta maaf.

Selain di Android, WhatsApp juga akan membawa fitur reaksi emoji ke aplikasi iOS dan desktop. Pada awal Januari lalu, WhatsApp beta untuk iOS memiliki toggle pengaturan untuk mengatur ‘Reaction Notification’, dan pengaturan serupa juga muncul di WhatsApp Desktop versi beta pada bulan ini.

Reaksi emoji memang jadi salah satu fitur yang umum ditemukan di aplikasi messaging, termasuk iMessage, Google Messages, dan Twitter. Facebook Messenger dan Instagram bahkan sudah memiliki fitur ini terlebih dulu ketimbang WhatsApp.

Penutup

Munculnya reaksi emoji di whastapp diprediksi semakin meningkatka pengalaman user ketika menggunakan whatsapp.