Mengenal Algoritma dalam Pembuatan Program

algoritma adalah sederet aturan, tata cara, dan panduan yang dapat digunakan untuk memecahkan sebuah masalah dalam sistem atau aplikasi.

Kata kunci Algoritma adalah adalah sebuah perangkat penting di dunia pemrograman. Banyak orang mungkin penasaran, bagaimana bisa sebuah website seperti Youtube, misalnya, memberikan sugesti saran Video apa yang mungkin kita sukai setelah selesai menonton sebuah video. Proses pemberian saran itulah yang membutuhkan algoritma.

Pengertian Algoritma

Sebelum memulai pembahasan komponen dan ciri-cirinya, terlebih dahulu kita perlu mengulas tentang pengertian algoritma.

Menurut BBC Bitesize, algoritma merupakan sederet aturan, tata cara, dan panduan yang berfungsi memecahkan sebuah masalah dalam sistem aplikasi.

Uniknya, semua ketentuan didalamnya harus dilaksanakan secara urut. Bila tidak, permasalahan dalam sistem tidak terlewati.

Sebagai contoh, kamu harus ke luar rumah. Nach, kamu pasti memakai kaus dahulu, baru menggunakan jaket.

Jika kamu mengacak-acak posisi ini, hasilnya akan berlainan. Tujuan akhir tidak akan terwujud.

Deskripsi lain dari algoritma ialah resep makanan. Di situ, ada langkah membuat yang harus ditaati posisinya. Bila tidak ditaati urutannya secara baik, hasil akhir makanan bisa saja tidak memuaskan.

Dengan bahasa Inggris, istilah ini disebutkan dengan algorithm. Dengan bahasa Indonesia, dia sering disebutkan dengan algoritma.

Lalu, dalam kerangka tehnologi, apa sebetulnya algoritma itu?

Kata Think Automation, algoritma merupakan sebuah panduan urutan. The National memberikan algoritma mesin pencarian sebagai contoh. Misalkan, kamu menulis “langkah menjadi programmer” di situ.

Nach, mesin pencarian itu akan bekerja sesuai algoritmenya. Apa satu artikel punyai keyword yang pas? Berapakah umur artikel itu?

Beberapa pertanyaan barusan akan dihimpun jawabnya.

Kemudian, mesin pencarian pilih, artikel yang mana pantas berada di posisi pertama. Bagaimana dengan posisi ke-2  dan sebagainya?

READ ALSO:  Fungsi Dari Icon Tombol Crop pada Ms Word 2007

Cara pertanyaan dan ambil keputusan mesin pencarian ini disebutkan dengan algoritma. Apa yang perlu dia kerjakan saat sebelum mendapati “jalan keluar” dari “permasalahan”-mu?

Perkembangan Algoritma

Rupanya, algoritma bukanlah barang baru, dimana algoritma telah muncul semenjak zaman Babilonia.

Saat itu, algoritma digunakan bukan untuk kepentingan computer. Melainkan saat itu, algoritma dipakai sebagai alat bantu pertanian.

Posisi algoritma digunakan di computer baru dimulai pada tengah era ke-20. Implementasi digunakan di dunia militer.

Waktu itu, mereka pikirkan langkah tembak pesawat yang bergerak. Rupanya, algoritma ialah jawabnya. Algoritma baru masuk ke computer kekinian melalui Google. Waktu itu, Larry Page dan Sergey Brin tuliskan Google PageRank Algorithm.

Di situ, tercatat bagaimana Google tentukan posisi hasil penelusuran. Mereka tidak sekedar cari info dasar dari artikel, lho. Google dilatih untuk membaca sinyal-sinyal penting yang lain. Rupanya, trick pendayagunaan algoritma ini tingkatkan hasil kualitas penelusuran. Itulah yang membuat pemakaian algoritma makin masif.

Bagaimana Instagram pilih content yang pas untukmu? Bagaimana Facebook tentukan apa yang perlu berada di News Feed-mu? Algoritma ialah jawabnya.

Alat electronic simpel punyai algoritma. Ini misalkan kelihatan pada bagaimana tanda bensin mobil memperlihatkan jumlah didalamnya.

Disamping itu, sistem autopilot pesawat dan mobil tanpa sopir memakai tehnologi ini.

Agar bagaimana juga, algoritma bukan ciptaan tanpa cela. perlu diingat bahwa manusia sebagai pencipta algoritma, punyai deretan kekurangan.

Merilis Vox, sistem setir automatis sebuah mobil dapat disuruh belok di lokasi yang tidak semestinya. Ini pasti  mencelakakan keselamatan kita di jalanan.

Meski begitu, algoritma terus-terusan ditingkatkan. Maka dari itu, walau punyai banyak kekurangan, dia diprediksikan terus akan dipakai.

Ciri-Ciri Algoritma

Sesudah kita mengetahui apakah itu yang dimaksud dengan algoritma, kamu perlu pahami karekteristik algoritma.

READ ALSO:  Inilah Keuntungan Menyekolahkan Anak di Pondok Pesantren

Diringkas dari Tutorialink dan CodeSansar, inilah info tentang beberapa ciri algoritma.

  • tidak problematis, setiap tahapan cuman punyai satu arti
  • ada input, minimum 0, bisa lebih
  • ada output, minimum 1, bisa lebih
  • ada batasan jumlah langkah/cara
  • layak, sesuai sumber daya yang ada
  • mandiri/independen, tidak tergantung bahasa pemrograman tertentu
  • efisien dan efektif, satu tahapan memiliki sifat simpel dan punyai batasan waktu

Elemen Algoritma

Apa kamu ingin membuat desain algoritma? Tidak boleh cepat-cepat, ketahui ciri-cirinya saja tidak cukup. Karena, ada banyak elemen didalamnya yang perlu kamu lihat.

Diringkas dari Geeks for Geeks, berikut beberapa elemen dalam algoritma:

  • permasalahan atau pekerjaan yang perlu dia tuntaskan
  • input untuk menuntaskan pekerjaan
  • output yang diharap
  • masalah yang kemungkinan ada saat ingin lakukan pekerjaan atau menuntaskan permasalahan
  • jalan keluar permasalahan atau pekerjaan bila ada masalah

Perbedaan Algoritma dan Program

Merilis Geeks for Geeks, program ialah perintah yang perlu dituruti computer. Lalu, seperti apakah perbedaan program dan algoritma.

Algoritma sebenarnya ialah petunjuk tutorial yang dicatat dengan bahasa manusia. Istilah untuk tipe bahasa ini ialah natural language.

Hal itu berlainan dengan program. Dia dicatat langsung memakai beragam tipe bahasa pemrograman dengan seorang programmer.

Akhir Kata

Demikianlah artikel sederhana tentang algoritma. Semoga membantu dan bermanfaat. Perlu dipahami bahwa algoritma hanya satu diantara banyak terminologi dalam pemrograman. Sehingga masih banyak hal yang harus kita pelajari lebih lanjut.