Lima Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Kebahagiaan Hidup

Tidak ada cara instan untuk meraih kebahagiaan. Salah satu yang dapat kita lakukan untuk menciptakan hari-hari yang lebih bahagia adalah memiliki kebiasaan positif.

Setiap orang sangat ingin memiliki kehidupan yang bahagia. Sumber kebahagiaan bisa datang dari dalam diri maupun dari luar diri. Tidak ada cara instan untuk meraih kebahagiaan. Salah satu yang dapat kita lakukan untuk menciptakan hari-hari yang lebih bahagia adalah memiliki kebiasaan positif. Berikut ini beberapa kebiasaan positif yang bisa kita bangun:

1. Menetapkan Target Secara Terukur

Jangan terlalu sibuk mengejar sesuatu yang di depan mata sampai melupakan hal apa yang sebenarnya paling penting dalam hidupmu, kawan. Selanjutnya, coba tentukan apa yang menjadi prinsipmu dalam menjalani hidup. Prinsip ini jadi pegangan saat menghadapi berbagai dinamika kehidupan, serta merencanakan tujuan hidup. Salah satunya sebagai pegangan saat mengalami dilema dalam hidup. Jadi, tentuka target hidupmu secara terukur, sesuai kemampuanmu.

2. Jangan Terobsesi untuk Memikirkan Semua Hal

Jika kamu mengaku mampu untuk memikirkan semua hal, maka kamu termasuk berpikir berlebihan (overthinking). Kamu memikirkan secara berlebihan pada ketidakpastian mengenai suatu hal, misalnya masa depan. Ini membuatmu cemas. Kamu harus waspada. Rasa cemas ini bisa menghambatmu dalam merencanakan tujuan hidup. Sadarilah bahwa ada banyak hal di dunia ini yang di luar kendali kita. Sesuatu yang buruk bisa saja terjadi pada kita dan orang-orang terdekat kita.

Sumber : Twitter

3. Cintai Dirimu Sendiri

Terdengar klise ya? Tapi, itulah faktanya. Kamu hanya bisa mencintai diri sendiri jika kamu paham dua hal:  menerima apa pun yang ada dalam dirimu dan kenali dirimu sendiri.

READ ALSO:  Ulasan Kumcer "Bu Guru Cantik" Karya Hasta Indrayana

Terima apa pun yang ada dalam dirimu, entah itu berupa sesuatu yang bagus atau buruk. Misalnya cara bicara, potensi, kelemahan, bentuk fisik, pola pikir, dan sebagainya. Ketahui apa yang menjadi kelebihanmu. Cari tau kekuranganmu, tapi bukan untuk dikeluhkan! Melainkan untuk kamu siasati hingga kamu menjadi nyaman dan bahagia. Kamu akan lebih mudah menetapkan pilihan tentang apa yang ingin dan apa yang tidak ingin kamu lakukan.

4. Mengasah Kepercayaan Diri dan Rasa Keberhargaan

Agak sulit untuk tidak membandingkan diri kita dengan orang lain. Apalagi, di era televisi dan media sosial dengan mudah kita lihat kehidupan sempurna selebriti dan orang-orang lainnya yang tampak lebih baik dari kita. Seringkali kita terjebak perasaan minder atau mungkin iri terhadap orang lain.

Kita merasa orang lain lebih baik dan kita tak lagi menghargai dirimu sendiri. Pupuk rasa kepercayaan dirimu dengan melakukan hal kecil bagi orang sekitar. Misalnya menjalani momen-momen indah bersama teman-teman atau keluarga terdekat. Rasa keberhargaan juga wajib kamu asah. Bahwa kamu bisa melakukan suatu hal berharga bagi diri dan orang-orang di sekitar. Jangan lupa mengapresiasi pencapaian-pencapaian kecil dalam hidupmu!

5. Membentuk Pola Pikir Efektif dan Lincah

Steve Maraboli, seorang pengarang dan motivator, mengatakan bahwa saat Anda mulai mengubah pola pikir Anda, semua hal di luar itu akan ikut berubah. Carol Dweck, seorang psikolog dari Stanford juga menyatakan hal yang sama, serta menambahkan bahwa pola pikir berperan penting dalam menentukan pencapaian Anda.

Pola pikir mempengaruhi cara Anda memandang dunia dan merespons hal-hal yang terjadi pada diri Anda.

READ ALSO:  Tulisan Perempuan

Untuk membentuk pola pikir efektif dan lincah yang pertama adalah pola pikir yang tidak takut gagal. Anda perlu mempunyai mindset bahwa kegagalan adalah kesempatan untuk belajar lebih baik. Kedua, pola pikir belajar menerima kenyataan. Pola pikir ini tak membuat Anda mudah menyalahkan keadaan, tapi fokus pada memikirkan solusi mengatasi ketidaknyamanan yang sedang Anda alami.

Orang yang memiliki pola pikir efektif dan lincah lebih mudah menerima kenyataan dan punya kesehatan mental yang lebih baik.