Lakukan Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows 10 Ini Saat USB Tidak Terbaca

Permasalahan USB device not recognized memang mengganggu. Berikut cara mengatasi USB device not recognized windows 10!

Ketika bekerja menggunakan Windows 10, kemunculan tab yang menyatakan bahwa USB Device Not Recognized sangatlah mengganggu. Penggunaan USB biasanya dibutuhkan saat ingin mentransfer file, dan jika USB tidak bisa digunakan itu akan sangat menyusahkan. Langsung saja, inilah cara mengatasi USB device not recognized Windows 10 agar kembali bisa digunakan:

1. Restart PC Windows

Semua masalah yang dialami oleh barang elektronik seperti ponsel dan komputer biasanya terjadi karena adanya bug sistem. Salah satu contohnya adalah masalah ini. Oleh karenanya cobalah untuk me-restart Windows 10 selama beberapa saat. Apabila tidak ingin hanya me-restart, matikan dahulu komputer dan diamkan untuk beberapa menit.

Namun jangan lupa, sebelum mematikan komputer, simpan terlebih dahulu semua file yang sedang dikerjakan. Cabut juga USB sebelum dimatikan. Setelah menunggu selama beberapa saat, hidupkan kembali komputer dan pasang kembali USB. Cara itu akan membuat komputer segar kembali dan mengenali USB sebagai perangkat baru.

2. Uninstall USB Sebentar

Menguninstall USB adalah langkah kedua yang bisa dilakukan dalam cara mengatasi USB device not recognized Windows 10. Langkah ini dilakukan karena biasanya komputer tidak mengenali perangkat USB yang masuk. Bisa juga alasannya adalah port USB yang digunakan sedang dalam tegangan yang rendah sehingga USB tidak terbaca.

Buka menu device dan keluarkan USB dari perangkat. Kemudian, cabut USB barang sebentar. Setelah menunggu beberapa saat, pasangkan kembali USB. Disarankan untuk memasang USB pada port belakang CPU. Di sana tegangan arus listrik lebih kuat dan potensi USB terbaca juga akan lebih tinggi.

READ ALSO:  5 Cara Mempercepat Jaringan WiFi Di Laptop Windows 10 dengan Mudah

3. Update Driver USB

Selanjutnya, hal ini juga bisa dilakukan apabila kedua cara sebelumnya tidak bekerja. Salah satu penyebab USB tidak dikenali oleh perangkat komputer adalah sistem USB yang belum update mengikuti perangkat komputer. Apabila seperti ini, cara mengatasinya adalah melakukan update pada driver USB.

Langkah yang dilakukan saat update driver USB adalah buka menu device manager. Kemudian, klik dua kali pilihan universal bus controller. Apabila ada USB terdaftar dengan label unknown, tekan klik kanan dan pilih menu perbarui driver. Tunggu sampai pembaruan selesai.

4. Update Windows 10

Ada kemungkinan lain penyebab mengapa USB tidak terbaca di perangkat Windows 10, yaitu tidak updatenya Windows 10 itu sendiri. Jelas saja, perangkat yang tidak update mengakibatkan perangkat luar lain tidak terbaca. Hal ini bisa diatasi dengan mengupdate Windows 10 itu sendiri.

Update Windows 10 dengan buka search bar dan ketikkan update. Setelahnya klik menu check for updates, tunggu selama beberapa saat. Klik kotak di sebelah kanan untuk program yang belum di -update kemudian klik install update. Pada akhir proses, restart ulang komputer agar perangkat kembali segar.

5. Ganti USB Dengan yang Baru

Ini adalah langkah terakhir apabila keempat cara di atas masih belum bekerja untuk mengatasi masalah ini. USB yang digunakan untuk mentransfer file mungkin saja sudah usang atau kuningannya tidak terbaca lagi. Apabila USB dalam kondisi seperti ini, tak ayal alat transfer file tersebut tidak bisa terbaca di perangkat Windows 10.

Jalan terakhir adalah mengganti USB dengan yang baru. Apabila pemakaian sebelumnya menggunakan card reader, gantilah ke kabel USB, begitupun sebaliknya. Intinya, gantilah USB lama dengan yang baru, biasanya hal ini berhasil dan USB dapat kembali terbaca. Pekerjaan mentransfer file akan segera selesai dengan cepat.

READ ALSO:  Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop Windows 10, Mudah

Akhir Kata

Kelima cara mengatasi USB device not recognized Windows 10 ini dapat dicoba. Setiap kali menggunakan USB, usahakan selalu mengikuti instruksi perangkat. Hindari pemakaian yang sembarangan dan kasar karena itu dapat merusak USB. Lakukan juga update USB maupun Windows 10 secara rutin agar perangkat tetap bisa bekerja tanpa hambatan.