Kunci Kamar Hotel dengan iPhone dan Apple Watch

kunci kamar hotel
Smartphone dan jam tangan pintar nantinya akan berfungsi sebagai kunci hotel

iPhone dan Apple Watch dikabarkan memiliki fitur baru yang bisa digunakan untuk membuka kunci pintu kamar hotel. Ini dapat dilakukan dengan persetujuan hotel.

Fitur ini tersedia di iPhone yang menjalankan iOS 15.2 dan watchOS 8. Smartphone dan jam tangan pintar nantinya akan berfungsi sebagai kunci hotel, bukan kartu yang dilakukan setiap tamu hotel saat membuka pintu kamar.

Dilansir dari Tech Radar, fitur ini hanya tersedia di sejumlah lokasi, termasuk enam lokasi jaringan hotel.

Hotel ini menawarkan fasilitas fantastis, termasuk hot tub, pusat kebugaran, sauna, kolam renang (luar ruangan), spa, pijat, untuk membantu Anda bersantai setelah sepanjang hari beraktivitas di kota.

Untuk dapat melakukan itu, tamu dengan pengguna iPhone iOS 15.2 dan Apple Watch harus menambahkan aplikasi kartu digital ke Apple Wallet mereka setelah melakukan reservasi hotel.

Setelah check-in, Pengguna dapat menggunakan kartu digital mereka dalam mode Ekspres di Apple Wallet. Pengguna hanya perlu membawa iPhone ke pemindai kunci tanpa harus membuka perangkat terlebih dahulu.

Kemudian jika pengguna mengubah kamar atau memperpanjang masa inap, kartu digital yang tersimpan di perangkat akan diperbarui secara otomatis tanpa harus kembali ke resepsionis.

Selain itu, jika perangkat pengguna dalam mode Cadangan Daya karena baterai lemah, pengguna masih dapat menggunakan iPhone untuk membuka kunci selama lima jam.

Fitur yang sangat berguna ini belum tersebar luas, tetapi jaringan hotel Hyatt dilaporkan akan membawa fitur ini ke semua fasilitasnya di seluruh dunia. Dan kemungkinan jaringan hotel lain akan mengikuti jejaknya.

Selain Kunci hotel, iPhone juga dilaporkan dapat membuka kunci sejumlah kunci seperti rumah dan mobil melalui aplikasi Apple Wallet.

READ ALSO:  Cara Mencetak dari iPhone atau iPad Anda: panduan sederhana

Menurut Situs Resmi Apple, iPhone XR, iPhone Xs, dan semua generasi iPhone yang lebih muda dapat menyimpan kunci digital di perangkat mereka.

Kunci yang disimpan di perangkat akan membuka kunci rumah, mobil, dan Kunci hotel melalui fitur Near Field Communication (NFC) di iPhone. Pengguna hanya perlu mendekatkan iPhone ke pemindai kunci yang ingin mereka buka kuncinya.