Kunci jawaban soal kelas 3 SD Tema 5 tentang Kegiatan yang cocok untuk dilakukan di setiap cuaca

Kunci jawaban soal kelas 3 SD Tema 5 tentang Kegiatan yang cocok untuk dilakukan di setiap cuaca
Perbedaan itu bisa terjadi karena adanya perbedaan kelembaban udara yang berubah-ubah. Sementara itu di Indonesia sendiri terdapat empat jenis cuaca yang biasa terjadi yaitu cerah, panas, Berawan, dan hujan.

Kunci jawaban soal kelas 3 SD Tema 5 tentang Kegiatan yang cocok untuk dilakukan di setiap cuaca

Pada materi kelas 3 yang telah Lalu dijelaskan bahwa terdapat berbagai aktivitas yang dilakukan pada setiap jenis cuaca.

Kita juga telah mengetahui tentang pengertian cuaca melalui KBBI yaitu cuaca merupakan keadaan udara di suatu tempat tertentu dalam jangka waktu yang terbatas.

Oleh sebab itu cuaca dapat diartikan sebagai Keadaan udara di wilayah tertentu Yang bisa saja berbeda-beda pada pagi hari, siang hari dan malam hari.

Perbedaan itu bisa terjadi karena adanya perbedaan kelembaban udara yang berubah-ubah. Sementara itu di Indonesia sendiri terdapat empat jenis cuaca yang biasa terjadi yaitu cerah, panas, Berawan, dan hujan.

Teman-teman pasti tetap ingin beraktivitas ketika berada di berbagai keadaan cuaca tersebut di atas bukan?

chemistricks Merangkum berbagai kegiatan yang dapat teman-teman lakukan untuk setiap kondisi cuaca tersebut.

1. Cuaca Cerah

Cuaca cerah dapat diartikan sebagai kondisi dimana langit tampak terlihat bersih tanpa ada banyak awan.. Ketika cuaca sedang cerah maka udara tentu akan terasa hangat dan sangat nyaman untuk digunakan beraktivitas.

Dalam kondisi tersebut meskipun nyaman-nyaman saja ketika melakukan kegiatan di dalam ruangan tetapi alangkah baiknya apabila kita dapat memanfaatkan kegiatan di luar ruangan.

Teman-teman dapat melakukan aneka kegiatan seperti berjalan-jalan di taman bermain atau melakukan aktivitas-aktivitas di halaman rumah.  selain itu cuaca tersebut juga nyaman sekali digunakan untuk melakukan kegiatan olahraga atau berwisata di alam terbuka.

READ ALSO:  Apa Manfaat Dari Kegiatan Tersebut Bagi Para Pembatik Dan Masyarakat Banyuwangi?

2. Cuaca Panas

cuaca panas diartikan sebagai kondisi matahari yang bersinar sangat terang dan udara terasa sangat panas sekali.

Ketika cuaca sedang panas-panasnya biasanya akan diikuti dengan keadaan angin yang bertiup sangat kencang.

Hal ini tentu Membuat kita menjadi tidak nyaman ketika terlalu lama bermain-main di luar ruangan.  Oleh sebab itu aktivitas yang dapat digunakan mungkin berada di tempat yang agak Teduh sehingga tetap nyaman bermain di luar ruangan misalnya bermain petak umpet di bawah pohon yang rindang.  cuaca yang panas juga membantu kita untuk melakukan kegiatan menjemur pakaian,  atau membantu para petani garam untuk melakukan kegiatan pembuatan garam.

3. cuaca berawan

cuaca berawan biasanya terjadi ketika musim hujan.  kondisinya adalah awan menutupi sinar matahari sehingga suhu udara tidak akan terlalu panas karena sinar matahari terhalang oleh awan.  ketika kondisi cuaca tersebut teman-teman mungkin bisa beraktivitas di luar ruangan seperti berjalan-jalan dengan santai tetapi harus memperhatikan perubahan warna awan.  apabila awan tiba-tiba mendung dan gelap maka pertanda akan terjadi hujan jadi teman-teman jangan terlalu lama berada di luar ruangan.  apalagi jika teman-teman tidak membawa mantel atau payung karena dikhawatirkan akan terjadi hujan.

4. cuaca hujan

Cuaca hujan merupakan kondisi keadaan alam yang ditandai dengan cuaca berawan gelap dan mendung. Cuaca hujan biasanya diikuti dengan datangnya titik-titik air dari langit sesaat setelah mendung gelap terjadi.  apabila kondisi tersebut terjadi maka sebaiknya teman-teman beraktivitas di dalam ruangan atau di dalam rumah.

meskipun kita tidak bisa melakukan kegiatan di luar ruangan Tetapi kondisi hujan biasanya menyenangkan para petani Sebab mereka bisa mengairi sawah mereka dengan mudah.  namun perlu diwaspadai apabila hujan terjadi secara terus-menerus karena dikhawatirkan akan terjadi banjir bandang yang justru akan merugikan petani apabila banjir tersebut menerjang sawah mereka sehingga mengakibatkan gagal panen.

READ ALSO:  Daur Hidup Katak Kelas 4 SD

aktivitas yang dapat dilakukan antara lain misalnya bermain ular tangga di lingkungan rumah,  Monopoli atau bermain game.

penutup

itulah pembahasan chemistricks  tentang kegiatan yang dapat dilakukan beberapa cuaca sekaligus menjadi jawaban  soal kelas 3 SD Tema 5 tentang perubahan cuaca semoga bermanfaat.