Hal-Hal Sederhana Untuk Menunjukkan Rasa Sayang Kepada Kedua Orang Tua

Orang tua punya peran penting dalam kehidupan kita. Merekalah yang telah merawat dan mendidik kita hingga menjadi pribadi yang baik. Orang tua tidak pernah meminta balasan jasa kepada anaknya atas semua pengorbanan itu. Adalah sebuah keberuntungan jika kedua orang tua kita masih hidup.

Orang tua selalu memberikan rasa sayang dan rasa cinta kepada anaknya sepanjang hayat mereka. Saat masih kecil, mudah bagi kita untuk menunjukkan rasa sayang kita kepada orang tua. Namun, setelah beranjak dewasa, kadangkala kita canggung atau terkendala untuk menunjukkan rasa sayang itu.

Ajaran Islam Tentang Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Semua agama pasti memerintahkan pengikutnya untuk menyanyangi dan menghormati orang tua. Dalam ajaran Islam memuliakan kedua orang tua dan berbakti kepada keduanya, bersifat wajib. Allah SWT menyandingkan perintah berbakti kepada kedua orangtua dengan perintah bertauhid hanya kepada-Nya (Q.S Al-Isra: 23). Sekalipun terhadap kedua orangtua yang musyrik dan memerintahkan untuk berbuat maksiat kepada Allah, Islam tidak membolehkan seorang anak untuk bersikap buruk terhadap mereka.

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

READ ALSO:  Kesehatan Mental Remaja, Sains, dan Islam
Pixabay

Pada ayat lain, yaitu Q.S An-Nisa: 36 Allah SWT menyebutkan perintah mengabdi kepada Allah diiringi perintah berbuat baik kepada ibu bapak. Hal ini merupakan suatu peringatan bahwa jasa ibu bapak sungguh besar dan tidak dapat dinilai harganya dengan apa pun.

وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّبِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْجَارِ ذِى الْقُرْبٰى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْۢبِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُوْرًاۙ

 “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang sombong lagi membanggakan diri.”

 Kita dianjurkan untuk tidak mentaati ajakan maksiat dari kedua orang tua, namun seorang anak tetap wajib  bersikap yang baik kepada mereka selama hidup di dunia. (Q.S Luqman: 15).

وَاِنْ جَاهَدٰكَ عَلٰٓى اَنْ تُشْرِكَ بِيْ مَا لَيْسَ لَكَ بِهٖ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِى الدُّنْيَا مَعْرُوْفًا ۖوَّاتَّبِعْ سَبِيْلَ مَنْ اَنَابَ اِلَيَّۚ ثُمَّ اِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَاُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ

“Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai pengetahuan tentang itu, maka janganlah engkau patuhi keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik. Dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku. Kemudian hanya kepada-Ku tempat kembalimu, maka akan Aku beritahukan kepadamu tentang apa yang telah kamu kerjakan.”

Rasulullah SAW juga mewasiatkan bahwa cara kita bersikap terhadap kedua orang tua dapat menjadi sebab ridha dan murkanya Allah (HR. At-Tirmidzi).

Berbakti kepada kedua orang tua atau yang dalam istilah agama Islam disebut birrul walidain, tidak terbatas waktu.

Seorang anak tetap bisa menunjukkan bakti kepada bapak dan ibunya bahkan setelah keduanya tiada. Seorang lelaki dari Bani Salamah pernah mendatangi Rasulullah dan menanyakan perihal apakah ia masih bisa berbakti kepada kedua orangtuanya yang telah tiada. Rasulullah SAW kemudian menjelaskan bahwa berbakti kepada kedua orangtua yang telah tiada bisa berupa mendoakan keduanya, memohonkan ampunan, menyambung silaturahmi dengan kerabat-kerabatnya, serta memuliakan teman-temannya (HR. Ibnu Majah).

READ ALSO:  Amor Fati, Cintai takdirmu

Hal-Hal Sederhana Untuk Menunjukkan Rasa Sayang

Berikut ini hal-hal sederhana untuk menunjukkan rasa sayang kepada orang tua yang masih hidup.

1.Tidak Berbicara dengan Nada Tinggi

Meskipun Anda stres dan tersinggung karena masalah, jangan pernah meninggikan nada bicara Anda kepada orang tua.

2. Menghormati Sudut Pandang dan Hindari Berdebat

Apabila Anda memiliki ide dan persepsi yang bertentangan, tetap wajib menghormati orang tua Anda. Hindari mengkritik sudut pandang mereka.Jika Anda tidak setuju dengan mereka, cobalah jelaskan jalan pikiran Anda dengan tenang. Jika seandainya saat itu Anda belum dapat menahan emosi, pilihlah untuk diam atau permisi untuk pergi sejenak.

3. Mendengarkan dengan Penuh Perhatian dan Beri Respon yang Menyenangkan

Sesibuk apapun, dengarkan apa yang disampaikan orang tua dengan sepenuh hati. Jika misalnya saat itu Anda sedang menonton televisi, matikan terlebih dulu..

Tunjukkan kepada orang tua Anda bahwa Anda tertarik untuk berbicara atau mendengarkan mereka. Hindari menunjukkan tanda-tanda kebosanan atau ketaksabaran, seperti memeriksa arloji atau ponsel Anda sesekali saat mereka berbicara.

4. Merawat ketika Sakit dan Beranjak Tua

Anda harus memahami hal-hal apa yang dibutuhkan orang tua dan penuhilah kebutuhannya.

Jika mereka sakit, temanilah mereka dan yakinkan mereka bahwa Anda tidak akan pernah meninggalkan mereka.

5. Jangan Menyimpan Dendam Masa Kecil

Lupakan kesalahan yang pernah diperbuat orang tua Anda, lalu maafkanlah. Ingatlah bahwa ibu dan ayah Anda makin tua, dan Anda tidak akan memiliki mereka selamanya. Karena itu, manfaatkan kesempatan yang ada dengan membuat kenangan indah bersama mereka.

6. Ajak Mereka Bertamasya

Orang tua Anda senang menghabiskan waktu bersama Anda. Bahkan berjalan-jalan ke taman, makan camilan di restoran cepat saji terdekat, atau kunjungan yang tidak direncanakan ke bioskop akan membuat mereka senang.

7. Mengadakan Reuni Keluarga

Orang tua rindu Anda dan adik-adik Anda lengkap di rumah. Bahkan jika Anda semua memiliki kehidupan sendiri untuk dijalani sekarang, jangan lupa kumpul-kumpul, terutama pada acara-acara khusus, seperti Natal. Orang tua Anda akan menantikan reuni keluarga ini.

8. Mengunjungi Secara Rutin

Jika Anda tinggal terpisah dari orang tua, biasakan untuk menjadwalkan kunjungan ke rumah lama Anda. Jika jarak dan waktu memungkinkan, kunjungi orang tua Anda setiap minggu. Anda tidak harus tinggal lama. Yang paling penting Anda lakukan adalah memastikan bahwa keadaan mereka baik.

READ ALSO:  Inilah Keuntungan Menyekolahkan Anak di Pondok Pesantren

9. Menghubungi secara Teratur

Jika tidak memungkinkan untuk mengunjungi orang tua Anda secara teratur, Anda dapat menelepon mereka sebagai gantinya. Dengan teknologi canggih, Anda dapat melakukan obrolan harian dan panggilan video dengan mereka. Dengan demikian, ibu dan ayah Anda akan merasa gembira.

Pixabay

10. Mengirim Hadiah

Pada acara-acara khusus seperti Hari Ibu, Hari Ayah, dan ulang tahun, berikan hadiah yang sekiranya akan membuat orang tua Anda senang.

11. Membantu Menyelesaikan pekerjaan Rumah

Cara lain untuk menunjukkan rasa sayang Anda kepada orang tua adalah dengan membantu mereka melakukan pekerjaan rumah tangga. Cara ini berlaku jika Anda masih tinggal bersama mereka. Membantu mereka membersihkan rumah akan memberi orang tua Anda waktu ekstra untuk beristirahat.Misalnya membersihkan rumah, meMasak Makanan Favorit, menCucikan Pakaian atau kendaraan.

12. Peluk Sesering Mungkin

Anda tidak akan selalu memiliki kesempatan untuk memeluk orang tua Anda. Karena itu, lakukanlah setiap kali Anda memiliki kesempatan. Peluk mereka setiap kali Anda tiba di rumah atau ketika Anda akan pergi. Anda juga bisa memeluknya saat Anda senang atau sedih.

13. Biarkan Anak Anda Bermain dengan Mereka

Jika Anda sudah memiliki anak, ibu dan bapak Anda pasti akan senang bermain dengan anak-anak Anda. Berikan keleluasaan kepada mereka sesekali untuk memanjakan anak Anda. Biarkan mereka merasakan kegembiraan itu.

Pixabay

14. Ucapkan Terima Kasih atas Kerja Keras Mereka

Pernahkah Anda memberi tahu orang tua Anda betapa bersyukurnya Anda atas semua yang telah mereka lakukan untuk Anda? Jika belum, lakukan sekarang. Tidak perlu menunggu hari istimewa untuk mengucapkan terima kasih kepada orang tua.

Demikianlah,  masih ada banyak hal lain yang dapat dilakukan untuk menunjukkan rasa sayang kita kepada ibu dan bapak. Lakukan sepenuh hati dan penuh kesadaran ketika kita berbicara atau memperlakukan orang tua dengan baik. Jika kita telah berhasil menyenangkan hati kedua orang tua, Insya Allah kita akan mendapatkan ridho-Nya.

Wallahu A’lam Bish Shawab.