Fungsi Dari Icon Tombol Crop pada Ms Word 2007

Cara memotong gambar secara mudah pada ms word

Fungsi tombol Crop ternyata tidak hanya terdapat pada berbagai aplikasi editing gambar, tetapi juga tersedia di ms office word. Icon tersebut tersedia, dikarenakan seringkali gambar yang disisipkan (insert) pada dokumen berukuran terlalu besar, atau memiliki bagian gambar yang akan dibuang. Nah, Icon tombol Crop pada dasarnya berfungsi untuk memotong ukuran gambar sesuai dengan ukuran yang diinginkan oleh editor.

Memanfaatkan fitur Crop ini dapat menghemat waktu dalam bekerja, sebab banyak orang belum mengetahui bahwa ternyata kita dapat melakukan pemotongan gambar menggunakan fitur Icon Crop yang disediakan pada ms word.

Menyisipkan gambar pada dokumen

Sebelum melakukan langkah-langkah pemotongan gambar (crop), berikut langkah langkah untuk membuka gambar pada dokumen.

  1. Pada dokumen ms word, klik ribbon Insert > Picture
  2. Telusuri dokumen gambar yang tersedia di komputer anda, hingga Anda menemukan gambar yang ingin dipotong, kemudian klik gambar satu kali untuk memilihnya, lalu klik open.
  3. Setelah terbuka, maka akan muncul format (picture tools).

Cara melakukan Crop Gambar pada MS Word

Berikut merupakan langkah-langkah melalukan Crop gambar pada ms Word 2007:

Anda dapat men-trim tepi gambar atau menghapus bagian yang tidak diinginkan.

  1. Di komputer, buka dokumen atau presentasi.
  2. Klik gambar yang ingin Anda crop. Opsi Crop terdapat pada segmen “Size” di sisi kanan bilah peralatan “Format”. Menu drop-down akan ditampilkan setelahnya
  3. Klik Crop Pangkas Pangkas. Pilihan ini terdapat pada menu drop-down. Setelah Anda melakukan klik, muncul bilah-bilah hitam akan ditampilkan di setiap sudut dan sisi gambar terpilih.
  4. Di sekitar bingkai, klik dan tarik persegi biru atau anda bisa menyeretbilah-bilah hitam di sudut atau sisi gambar ke arah dalam untuk menyesuaikan pemotongan. Lakukan langkah ini hingga sesuai dengan bentuk yang Anda inginkan.
  5. Klik Ikon Crop, yaitu ikon kotak dengan garis yang melewatinya ini berada di bagian atas ikon drop-down “Crop”. Bertuuan untuk menghilangkan gambar yang berada di luar batas/bingkai bilah-bilah hitam agar hilang. Setelah selesai, tekan Enter di keyboard Anda atau klik di mana saja dalam file Anda.
  6. Jangan lupa untuk melakukan simpan perubahan dengan mengeklik tombol Save, atau click Ctrl+s.
READ ALSO:  Cara memblokir seseorang di WhatsApp dan apa yang terjadi ketika Anda melakukannya

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan tentang fungsi tombol crop pada ms word, yang dapat anda gunakan sebagai referensi. Kita tahu , bahwa gambar yang disisipkan pada lembar kerja ms word kadang tidak sesuai dengan yang kita inginkan karena ketika pengambilan gambar tidak sempurna. Untuk itu semoga tutorial memotong gambar diatas agar gambar yang disisipkan pada lembar kerja menjadi lebih kelihatan lebih bagus dan ideal dapat bermanfaat untuk anda. Selain langkah tersebut, sebenarnya masih terdapat langkah-langkah yang dapat dicoba untuk melakukan pemotongan gambar menggunakan icon crop pada ms word.